Contact Information

Central Kalimantan,Indonesia

SImflitycom – Tahukah kalian,bahwa WhatsApp Marketing merupakan salah satu strategi yang cukup ampuh untuk meningkatkan sebuah bisnis.

Memang tak dapat dipungkiri lagi jika sekarang ini bisnis online merupakan hal yang sangat mendominasi dan banyak diminati oleh orang-orang,baik dari kalangan yang muda maupun yang tua.Tak sedikit dari mereka yang bersaing untuk dapat memasarkan dan membuat produk mereka agar terlihat berkualitas dan dapat tersebar luas.

Oleh sebab itu,walaupun kita orang kampun atau orang yang gaptek dengan dunia digital,tak ada salahnya jika kita mempelajari bagaimana strategi marketing khususnya di media sosial WhatsApp.Penasaran bagaimana caranya?Artikel ini akan mengupas tuntas tentang marketing di WhatsApp.

Berikut panduan WhatsApp Marketing terlengkap untuk pemula:

Apa Itu WhatsApp Marketing

Panduan WhatsApp Marketing Terlengkap Untuk Pemula (Edisi 2021) Simflitycom

Seperti yang kita ketahui,WhatsApp merupakan salah satu media sosial yang sangat populer sekarang ini,apalagi sejak bisnis online mulai banyak digandrungi oleh orang-orang,WhatsApp menjadi salah satu media promosi andalan yang paling banyak digunakan.

Nah,buat kalian yang belum tahu,berikut adalah pengertian singkat tentang marketing di WhatsApp:

Whatsapp Marketing adalah sebuah strategi pemasaran(marketing),untuk melakukan sebuah promosi produk maupun jasa,melalui media sosial WhatsApp.Biasanya,yang sering menggunakan WhatsApp sebagai media promosi adalah para pebisnis online maupun olshop,yang ingin memasarkan produk-produk mereka.

WhatsApp sendiri didirikan pada 24 Februari 2009 yang lalu,dan nama CEO nya adalah Jan Koum.Awalnya ia hanyalah seorang pemuda miskin yang mana untuk makan saja harus mengantri setiap hari.Namun,pada suatu hari ia melamar bekerja di Yahoo dan diterima disana.Akhirnya,selama 9 tahun bekerja,ia memutuskan berhenti bekerja di Yahoo bersama temanya Brian Acton,dan mereka mencoba melamar ke Facebook namun gagal.Pada akhirnya,mereka berdiskusi untuk merancang aplikasi,yang akhirnya dinamakan WhatsApp.

Akan tetapi pada Februari 2014,Whatsapp sendiri sudah dibeli oleh Facebook dengan nilai $19 Miliar dan sekarang aplikasi ini sudah dimiliki oleh Facebook.

WhatsApp sendiri merupakan aplikasi yang sangat banyak dan bisa dikatakan paling populer digunakan oleh hampir semua orang yang memiliki smartphone.Hal ini dikarenakan WhatsApp dapat membantu banyak sekali hal-hal yang ingin orang lakukan,seperti untuk Telfon Suara,Video Call,Mengirim File,Berkas,dan masih banyak lagi.

Hingga pada beberapa tahun terakhir ini,banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat media promosi atau marketing mereka.Banyak dari orang yang tak mempunyai website untuk berjualan,namun mereka menjadikan WhatsApp sebagai toko online mereka.

Fungsi WhatsApp Marketing Untuk Sebuah Bisnis

Panduan WhatsApp Marketing Terlengkap Untuk Pemula (Edisi 2021) Simflitycom

Mungkin,bagi mereka yang menganggap tidak terlalu penting untuk belajar tentang kegunaan media sosial,maka mereka akan beranggapan bahwa media sosial itu ya hanya jejaring sosial saja tempat komunikasi dan berbagi gambar maupun video.

Sebenarnya,apa yang mereka katakan itu benar sih,tapi tidak sampai disitu saja.Karena,media sosial itu memiliki jangkauan yang luas ke seluruh penjuru dunia.Jadi,ada banyak sekali hal yang dapat kita lakukan di media sosial.

Namun,pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas tentang strategi marketing di WhatsApp saja,bagaimana teknik yang bagus menggunakan WhatsApp sebagai media promosi yang jitu,dan bisa menjadi solusi bagi kalian yang minim budget untuk menjadikannya sebagai toko online.

Berikut adalah fungsi WhatsApp Marketing dalam sebuah bisnis:

1.Memudahkan Komunikasi

Dalam berjualan,pasti ada saja hal yang membuat pelanggan masih penasaran ataupun mereka tertarik untuk membeli ketika mereka melihat produk yang kita jual.

Pada zaman dulu,orang-orang ketika ingin berkomukasi harus menggunakan media pesan sms atau telfon dari telfon genggam mereka,yang mana hal ini biasanya kurang disukai oleh orang-orang karena memakan cukup banyak pulsa jika mereka tidak ada mendapat paket gratisan.

Nah,sekarang ini zaman sudah berubah dan banyak teknologi-teknologi baru yang dapat memudahkan orang untuk melakukan sesuatu,seperti salah satunya yaitu media komunikasi WhatsApp.Dengan aplikasi ini,kita dengan mudah dapat berkomunikasi dengan para customer yang ingin membeli atau jika mereka ada pertanyaan dapat kita jawab melalui pesan di WhatsApp ini.

2.Mengontrol Chat Customer

Sebagai seorang owner dari sebuah bisnis atau usaha,kita tidak pernah tahu apakah usaha yang kita jalankan tersebut akan ramai atau tidak.Namun,tidak ada salahnya jika kita mempersiapkan semuanya agar tidak terlalu kesulitan nantinya.Salah satunya adalah media komunikasi yang mudah untuk kita gunakan,yaitu WhatsApp.

Dengan aplikasi ini,kita dapat mengontrol pertanyaan-pertanyaan para customer yang ingin menanyakan stok barang,harga,dan lain-lain.Entah berapa banyak customer yang bertanya,dapat kita jawab dengan mudah menggunakan aplikasi WhatsApp ini.

3.Sebagai Media Promosi

Kebanyakan orang menganggap bahwa WhatsApp ini hanya sebagai media pesan atau tempat berbagi foto dan video saja.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya,bahwa sebenarnya fungsi semua media sosial itu bukan hanya sekedar tempat jejaring berbagi foto dan video saja,namun bagi mereka-mereka yang memiliki pemikiran yang bagus,mereka akan membuat media sosial tersebut sebagai ladang usaha mereka.Tidak sedikit orang-orang yang dapat menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya dengan hanya bermodalkan media sosial saja.

Sama halnya dengan WhatsApp ini,selain dapat kita gunakan untuk chat atau mengirim file,dapat kita gunakan dengan promosi produk atau jasa,entah melalui story atau pesan langsung.

4.Sebagai Grup Diskusi & Pemasaran

Karena pengguna WhatsApp semakin meningkat,maka semakin banyak pula grup-grup yang bertebaran sekarang ini.Ada banyak sekali jenis grup yang dapat kita temukan,dari masalah keagamaan,tentang otomotif,tentang bisnis,dan masih banyak lagi.

Selain itu,bagi kalian seorang owner bisnis,kalian dapat membuat grup sebagai media edukasi dan sebagai media promosi.Jadi,kalian disitu bisa sambil memberikan materi yang berkualitas kepada member-member yang tertarik kepada ilmu yang kalian miliki.Pada hal ini,kita jangan terlalu promosi Hard Selling,maksudnya adalah terlalu sering dan terlalu to the point.Jadi,sebisa mungkin dalam satu minggu ya 2 atau 3 kali lah promosi.

Baca juga: Strategi Jitu Memulai Twitter Marketing Terlengkap Untuk Pemula

Strategi Jitu WhatsApp Marketing

Panduan WhatsApp Marketing Terlengkap Untuk Pemula (Edisi 2021) Simflitycom

Baiklah,sekarang kita sudah berada di inti dari isi materi WhatsApp Marketing ini,pasti kalian udah gak sabar kan,gimana sih strategi yang bagus untuk memulai marketing di WhatsApp ini.

Baiklah,tak usah banyak basa-basi lagi,berikut adalah strategi jitu WhatsApp Marketing.

1.Menyiapkan Nomor Telepon

Sebelum kita ingin menginstal WhatsApp,hal pertama yang harus kita siapkan adalah sebuah nomor telepon untuk digunakan dalam WhatsApp kita nantinya,hal ini optinal dan terserah kita ingin memilih kartu apa.

Nah,agar lebih memudahkan kalian dalam melakukan WhatsApp marketing nantinya dan juga supaya hemat biaya,cari kartu yang khusus untuk bisnis usaha kalian dan carilah yang paling banyak promo paket hemat nya,agar kalian hemat biaya juga.Biasanya sih kaya kartu Axis atau sejenisnya itu yang banyak digunakan orang.

2.Menginstal WhatsApp Business

Mengapa sih harus WhatsApp Business?Kenapa enggak WhatsApp Mesengger saja yang umum digunakan oleh banyak orang?

Sebenarnya,hal ini tidak wajib sih,akan tetapi jika kita mengikutinya akan lebih bagus dan lebih memudahkan bisnis kita nantinya.Pada dasarnya,ada banyak sekali perbedaan antara WhatsApp versi bisnis dan Mesengger yang umum digunakan oleh orang-orang.

Jika kita berniat hanya untuk chatingan atau mengirim file-file saja,ya lebih cocok kita gunakan WhatsApp Mesengger saja.Namun,ketika kita ingin menggunakan untuk menjalankan sebuah bisnis,maka lebih cocok kita menggunakan WhatsApp Business saja,ya karena memang versi bisnis ini dikhususkan untuk orang-orang yang ingin berbisnis menggunakan WhatsApp

Untuk lebih lengkapnya,berikut adalah perbedaan WhatsApp Mesengger dan WhatsApp Business:

  • Fitur chat otomatis
  • Terdapat label pelanggan
  • Profil yang lengkap,seperti email,alamat,Katalog,dan lain-lain.

3.Melengkapi Profil

Setelah kalian sudah selesai menginstall WhatsApp Business,maka langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah mengisi secara detail dan lengkap profile bisnis kalian.

Membuat profil yang lengkap ternyata sangat penting dalam strategi WhatsApp marketing dan juga dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan customer terhadap produk yang kita jual.Karena,dengan adanya profil yang lengkap,customer dapat mengetahui apa yang kita jual,dimana alamat kita,logo,email,atau jika ada website sekalipun akan sangat bagus sekali.

Adapun profil WhatsApp yang harus kita lengkapi adalah sebagai berikut:

  • Foto Profile,sebuah foto profile sangat berperan penting sebagai branding utama ketika orang melihat profile kita,biasanya orang-orang lebih cenderung menaruh Logo brand mereka agar lebih terpercaya.
  • Profil Bio,hal ini sangat penting untuk memberikan sekilas singkat apa yang ingin kita perkenalkan,misalkan distributor resmi,atau reseler brand ternama.
  • Profil Bisnis,ini dapat memberitahu pelanggan lebih lengkap tentang bisnis kita,misalkan saja seperti alamat bisnis,jam kerja,alamat email,website,dan lain-lain.
  • Katalog,ini khusus buat kalian yang berjualan produk fisik maupun digital,kalian bisa menggunakan WhatsApp Business sebagai alternatif toko online,agar customer dapat mudah memilih produk juga.
  • Chat Otomatis,ini berfungsi untuk membalas secara otomatis ketika ada pesan baru yang masuk dan dapat membantu ketika kita sedang sibuk,buatlah pesan otomatis dengan kalimat yang sopan.

Nah itu tadi adalah beberapa profil bisnis yang dapat kita lengkapi,tinggal kalian sesuaikan saja dengan usaha yang kalian miliki.

Berikut adalah contoh Profil WhatsApp Bisnis

Contoh-Profil-Lengkap-WhatsApp Marketing

4.Mencari & Mengumpulkan Kontak Pelanggan

Dalam WhatsApp marketing,salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah melakukan promosi kepada pelanggan yang terdaftar dikontak kita.Akan tetapi,masalahnya adalah ketika kita belum punya kontak pelanggan sama sekali,bagaimana mungkin kita bisa melakukan promosi.

Nah,ini yang sering menjadi pertanyaan banyak orang,ketika baru memulai mereka kebingungan bagaimana cara mengumpulkan kontak pelanggan yang banyak agar produk yang dijual dapat dipasarkan dan dikenalkan kepada publik dan orang banyak.

Sebenarnya,ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk mengumpulkan kontak pelanggan.Salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan media sosial,seperti Facebook,Instagram,Twitter,dan lain-lain.

Jika kalian masih kebingungan,kalian dapat mengikuti cara berikut untuk memanfaatkan media sosial dan mendapatkan kontak pelanggan.

  • Produk Gratis,biasanya orang-orang lebih tertarik ketika melihat produk gratis.Nah,buatlah syarat & ketentuan jika mereka ingin mendapatkan produk tersebut,mereka wajib chat nomor WhatsApp kalian dan menyimpannya.Setelah itu berikan produk gratisnya,seperti e-book,tutorial,dan lain-lain.
  • Konten Microblog,hal ini lebih berpotensial di Instagram,cobalah kalian buat konten menarik dan promosi secara perlahan,maka lama-kelamaan pasti banyak orang-orang tertarik melihat promosi kita dan kita bisa melakukan follow up terhadap calon pelanggan tersebut.

Itulah cara yang dapat kalian lakukan untuk mengumpulkan kontak pelanggan,yang penting kita konsisten melakukannya,dan jangan mudah menyerah begitu saja,karena biasanya diawal memang perlu extra kesabaran dalam membangun sebuah nama.

5.Membuat Grup

Langkah ini mungkin memerlukan sedikit extra usaha,karena tidak mudah untuk membuat pelanggan tertarik untuk ikut bergabung dalam sebuah grup.

Namun,seperti yang telah saya katakan tadi,dengan konsistennya kita melakukan sebuah action dan education di media sosial atau lebih-lebih dalam WhatsApp marketing,kita secara perlahan telah membangun branding atas apa yang ingin kita tawarkan,dan orang-orang juga secara perlahan mengerti dan mulai menyukai apa yang kita lakukan di media sosial tersebut.

Setelah kalian mendapatkan banyak kenalan dan banyak pelanggan yang suka dengan apa yang kalian tawarkan,cobalah untuk berencana membuat Grup untuk diskusi,jangan bertujuan untuk promosi saja,karena itu akan cenderung membuat pelanggan malas untuk ikut join.Akan tetapi,kita harus lebih banyak melakukan education dan hal bermanfaat lainnya sebelum melakukan promosi.

6.Fast Respon

Ini nih,kecil-kecil cabe rawit,hal yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang dan cenderung tidak terlalu peduli dengan fast atau slow respon terhadap customer yang mengirim pesan.

Hampir 99% pelanggan merasa kecewa dan bosan ketika mereka menunggu balasan pesan lebih dari 1 menit,dan cenderung akan berpindah ke tempat kompetitor untuk membeli produk yang kita inginkan.Melakukan promosi besar-besaran akan percuma dan akan kalah dengan mereka yang melakukan fast respon ketika ada customer yang ingin membeli sebuah produk.Oleh karena itu,fast respon harus menjadi prioritas kita dalam menjalankan sebuah bisnis.

Untungnya,dalam WhatsApp Business ini sudah tersedia fitur chat pesan otomatis,jadi jika kita sedang sibuk atau segalanya,maka fitur pesan otomatis tersebut yang akan muncul sementara menunggu kita membalas chat customer tersebut.

7.Gunakan Copywriting

Dalam sebuah teknik pemasaran,salah satu cara jitu yang sering digunakan oleh orang-orang adalah melakukan teknik Copywriting.

Teknik ini,merupakan salah satu cara jitu untuk menarik perhatian atau memancing pelanggan dengan sebuah kata-kata promosi yang telah disusun dengan baik.Dengan teknik ini,biasanya para owner produk digital merasa lebih efektif dan banyak pelanggan yang tertarik bahkan hanya dengan 1 atau 2 kali melihat promosi kita saja.

Begitu juga dalam WhatsApp Marketing,bagaimanapun kita tetap perlu menggunakan teknik ini agar dapat menarik perhatian pelanggan agar segera membeli produk kita.Jika kalian ingin tahu apakah kata-kata promosi yang kalian buat menarik,caranya cukup mudah.Ketika kalian selesai menyusun kata-kata,cobalah untuk kalian baca sekali bahkan berkali-kali dan rasakan,apakah kalian merasa tertarik dengan kalimat yang telah kalian buat.

Baca juga: Apa itu Copywriting & Pentingnya Dalam Sebuah Bisnis

8.Visual Desain yang Menarik

Dalam sebuah ilmu marketing,dengan promosi saja tidak cukup untuk menarik perhatian para customer agar membeli produk kita,oleh karena itu kita harus melakukan hal yang lebih untuk dapat menarik perhatian para customer.

Salah satu cara yang cukup ampuh untuk kita gunakan adalah dengan menggunakan visual desain yang menarik.Dengan manipulasi desain yang nyaman dipandang,menarik,dan sangat to the point,maka orang-orang yang melihatnya akan merasa tertarik dan seakan-akan terhipnotis dengan manipulasi desain tersebut.

Berikut adalah contoh desain dengan visual yang menarik.

Contoh-Desain-Visual-WhatsApp-Marketing-yang-Menarik
Sumber: Background vector created by pikisuperstar – www.freepik.com” target=”_blank” rel=”noreferrer noopener” class=”rank-math-link”>www.freepik.com

9.Optimasi Katalog

Katalog sangat penting bagi teman-teman yang ingin menampilkan produknya dan bisa sebagai alternatif bagi kalian yang tidak mempunyai website toko online.

Dengan katalog,kita bisa menampilkan foto-foto produk yang ingin kita jual.Selain itu,jika kalian adalah seorang penjual barang pakaian atau olshop,kalian dapat mengatur harga item,deskripsi item,tautan item,dan kode item.Dengan begitu,pelanggan akan merasa terbantu dalam memilih produk yang mereka inginkan.

10.Menggunakan Tools

Seperti yang kita ketahui,bahwa sekarang ini sudah bukan hal yang umum lagi jika banyak sekali tools-tools diluaran sana yang dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan,salah satunya adalah untuk WhatsApp marketing.

Jika kita cari di Google,maka ada banyak sekali tools WhatsApp yang beragam dan memiliki fungsinnya masing-masing.Namun,kita tidak bisa memilih tools yang sembarangan yang kita sendiri belum tahu apa fungsinya,bagaimana cara penggunaannya,dan lain-lain.

Nah,untungnya di Indonesia sendiri sudah ada beragam tools WhatsApp marketing yang tersedia.Akan tetapi,disini saya akan merekemomendasikan satu tools yang cukup populer,yaitu Watzap.Kalian dapat langsung mengunjungi situs resminya untuk melihat fitur-fitur yang akan didapatkan.

11.Konsisten

Ini nih,yang sering juga orang-orang abaikan.Ingin sukses,tapi malas dan gak bisa fokus untuk mencapai target apa yang ingin dicapai.

Dalam mencapai sebuah kesuksesan,itu kita tidak bisa ingin secara instan langsung mendapatkan apa yang kita inginkan.Kita harus bisa bekerja keras selama setahun,dua tahun,bahkan bertahun-tahun untuk mencapai apa yang kita inginkan.

Sama seperti halnya kita melakukan strategi WhatsApp marketing ini,kita harus bisa melakukan langkah demi langkah agar bisa menggunakan media sosial seperti WhatsApp untuk menghasilkan uang dan selalu konsisten dalam melakukan promosi.Apalagi bagi kalian yang masih baru,masih banyak lagi hal yang harus kita pelajari agar memang kita dapat menguasai tentang strategi pemasaran di WhatsApp ini.

Kesimpulan:

Pada akhirnya,kita telah sampai dipembahasan terakhir materi ini.

Apa yang dapat kalian pelajari dari materi ini?Apakah kalian sudah siap untuk memulai WhatsApp marketing ini,khususnya bagi para pebisnis online maupun olshop-olshop yang mealakukan penjualan barang secara online.

Intinya sih kita selalu sabar saja dan selalu berusaha agar bisa mencapai ilmu yang ingin kita capai dan jangan lupa fokus dan konsisten dalam action.Karena InshaAllah usaha tak akan menghianati hasil.

Mungkin,sampai sini saja pembahasan kita kali ini,selanjutnya akan kita bahas lebih lengkap lagi tentang WhatsApp Marketing ini.Baik,semoga bermanfaat ya materinya.

Terima Kasih,

Wassalam.

Share:

editor

Seorang Pebisnis Online & Selalu Ingin Sharing Ilmu Melalui Media Internet dengan Tujuan yang Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *