Contact Information

Central Kalimantan,Indonesia

Simflitycom – Berkarir memang sangat penting dipersiapkan dari sekarang ini,namun apakah kalian sudah mempelajari strateginya?

Saat ini,menentukan sebuah masa depan yang cerah memang sangatlah penting,karena ini akan berpengeruh terhadap kehidupan yang akan kita hadapi nantinya agar tidak bergantung pada orang tua maupun orang lain,karena ini tidak akan membuat nyaman jika kita lakukan sampai usia tua.

Selain itu,sekarang ini juga banyak sekali inspirasi dan motivasi yang bertebaran dimedia sosial,yang mana motivasi tersebut bertujuan agar orang-orang yang melihat dan membaca postingan tersebut dapat termotivasi dan melakukan hal tersebut.

Namun,sering kali orang-orang hanya termotivasi dan semangat ketika membaca saja,ketika postingan tersebut hilang dipikiran mereka.maka hilang pula kesemangatan mereka untuk melakukan apa yang dikatakan oleh motivasi tersebut.

Mungkin,pada usia 18-25 tahun,kalian akan selalu diteror oleh sebuah pertanyaan dan berusaha untuk mencari jawaban.Pada usia tersebut,kalian akan selalu memikirkan antara berkarir dengan bekerja keras untuk masa depan atau selalu bersenang-senang karena hati dan pikiran sudah terbiasa melakukan hal yang senang-senang dan susah untuk melakukan hal yang susah untuk dikerjakan.

Baiklah,jika kalian memang sedang bersungguh-sungguh ingin memiliki masa depan yang cerah dan sukses,kalian bisa mencoba beberapa strategi yang telah saya siapkan pada materi kali ini,yang mana tujuan saya agar teman-teman yang membaca artikel ini dapat membantu kalian yang sedang kebingungan untuk memulai karir dimasa depan kalian.

Berikut adalah strategi untuk memulai karir untuk masa depan.

1.Tiga Hal yang Harus Anda Ketahui

Sebelum memulai start karir yang ingin kalian tentukan,pastikan kalian sudah mengetahui beberapa hal yang mana akan membantu kalian agar tetap bertahan pada pekerjaan kalian tersebut nantinya.

Sebelum memulai,kita akan sedikit basa basi terlebih dahulu.Pernahkan kalian berfikir bahwasanya kehidupan orang ataupun kita sendiri,setiap hari itu sama saja atau seperti itu saja,apalagi orang yang pekerjaannya bergantung pada orang lain atau bekerja diperusahaan orang lain,yang mana bangun pagi berangkat kerja dan pulang sore atau malam,dan ini setiap hari dilakukan selain dihari cuti.

Kalau kita rasakan dan perhatikan,memang benar itu terjadi dan hampir semua orang merasakannya.Akan tetapi,apakah itu tidak bisa dirubah menjadi lebih berbeda,seperti dalam seminggu pekerjaan yang kita lakukan itu ada berbeda,atau dalam sebulan minimal kita ada libur untuk jalan-jalan untuk refreshing otak,karena kita tidak bisa juga selalu bekerja keras tanpa ada istirahat ataupun refreshing.

Baca juga: Mindset Awal Bekerja Sebagai Freelance

Mungkin,itu semua bisa saja dilakukan jika kita memiliki usaha sendiri mungkin ya,karena jika kita memiliki usaha atau bisnis sendiri tentunya kita adalah bosnya dan yang membuat suatu aturan.Akan tetapi,bagaimana caranya agar memiliki bisnis sendiri,apalagi saya newbie dan gaptek sekali dengan dunia perbisnisan dan teknologi yang semakin tahun semakin berkembang dan canggih.

Saya jawab,itu semua bisa kita lakukan dengan terus belajar dan belajar dari kesalahan.Ingat,ketika kita melakukan pada langkah pertama,janganlah mengulang hal yang sama pada kesempatan kedua dan harus ada perubahan pada kesempatan kedua,jika masih gagal ubah lagi cara strategi yang kalian miliki,maka sedikit demi sedikit itu adalah sebuah lankah menuju kesuksesan.

Baik,mari kita lanjut pembahasan utama kita yang pertama.Berikut adalah 3 hal yang harus menjadi pertanyaan sebelum memulai karir kalian.

A.Apakah Kalian Mencintai Pekerjaan Tersebut

Dalam memilih suatu pekerjaan,tidak bisa jika kita hanya melihat pekerjaan tersebut yang paling banyak menghasilkan uang,itu hanya percuma saja kita lakukan jika kita sendiri tidak begitu mencintai pekerjaan tersebut,dan karir tidak akan berjalan dengan lancar.

Misalkan saja,si A bekerja sebagai teknisi di google sebagai developer,ia bekerja disitu sebab ia memiliki keahlian komputer dan coding,selain itu ia memang sangat suka mengotak atik komputer,oleh sebab itu ia betah bekerja dan memiliki penghasilan yang tinggi.

Namun,si B iri melihat si A memiliki penghasilan yang tinggi,dan ia juga ingin memiliki penghasilan seperti si A.Akan tetapi,si B tidak memiliki keahlian komputer apapun dan kurang menyukai komputer,karena keahlian dia adalah memasak dan ia sangat mencintai pekerjaan memasak,maka buatlah warung untuk berjualan makanan,yang kecil saja dulu,nanti pelan-pelan akan menjadi restoran,dan penghasilan si B akan lebih besar mungkin daripada si A,karena ia juga adalah bosnya.

Apakah kalian dapat menyimpulkan contoh tersebut?Ternyata,bukan berarti hobi yang biasa tidak bisa menjanjikan suatu keberhasilan dan penghasilan yang tinggi.Dari cerita pendek tersebut,kita dapat menyimpulkan bahwasanya walaupun si B hanya memiliki hobi memasak,bukan berarti ia tidak bisa sukses,bisa asalkan ia mau bekerja dengan keras,dan karir si B mungkin lebih tinggi daripada si A,karena si B merupakan bos dari restoran sedangkan si A walaupun penghasilan tinggi,namun ia tetap adalah pekerja.

B.Rezeki Setiap Orang Berbeda-beda

Nah,ini yang sering kali orang-orang permasalahkan,selalu iri dengan penghasilan orang lain,sehingga muncul keingingan untuk menyamai pekerjaan dan apapun yang dilakukan oleh orang sukses tersebut.

Mungkin,bisa saja kita iri ya dengan penghasilan orang yang lebih banyak dari kita dan kita ingin meniru orang tersebut.Memang itu adalah hal yang wajar,akan tetapi tidak selamanya kita harus begitu,karena kita juga harus memiliki mindset bagaimana orang yang ingin meniru kehidupan orang bukan.

Sekeras apapun kita bekerja dan mencoba untuk menyamai diri kita orang lain,namun jika memang bukan rezeki kita dibidang tersebut,maka kita tidak akan bisa sukses.Karena,pada dasarnya memang setiap orang sudah diatur oleh yang maha kuasa tentang rezeki masing-masing.

Untuk itu,kita sebaiknya hendaklah selalu mencoba dan mencari-cari suatu pekerjaan yang memang sesuai dengan kemampuan,dengan mencoba-coba nanti pasti kita akan menemukan suatu pekerjaan dan karir yang tepat dan sesuai kemampuan kita,sehingga kita menemukan memang rezeki kita ada dibidang tersebut.

C.Perhatikan Mana yang Halal & Haram

Suatu pekerjaan yang mudah dan menjanjikan penghasilan yang banyak,sangat sia-sia dan sebaiknya kita tinggalkan,karena selain menyengsarakan kita didunia,juga akan membuat kita sengsara diakherat kelak.

Saat ini,banyak sekali orang yang menghalalkan berbagai cara untuk mudah menghasilkan uang yang banyak,contohnya seperti perjudian dan sejenisnya yang berbau haram.Mungkin,saat ini pekerjaan itu memang cukup menjanjikan,tapi untuk seterusnya pasti ada saja masalah yang menghadang,karena memang uang tersebut tidak berkah dan tidak diridhio oleh yang maha kuasa.

Oleh karena itu,untuk mendapatkan karir yang bagus,hendaknya kita harus bisa membedakan mana pekerjaan yang halal dan haram,dan mungkin semua orang sudah dapat membedakan hal ini.Walaupun suatu pekerjaan itu sangat menjanjikan uang yang banyak,namun jika tidak sesuai dengan peraturan yang ada,maka kita harus menjauhi dan meninggalkan pekerjaan tersebut jika kita ingin mendapatkan berkah dalam berkarir sekaligus.

2.Ingat 3 M(Mumpung Masih Muda)

Sebagai seorang anak muda,yang tentunya masih memiliki darah yang segar dan tenaga yang kuat dan tentunya memiliki cita-cita dan karir yang mungkin sangat tinggi selangit,harus dapat mewujudkan sebuah keinginan tersebut dengan memulainya dari sekarang dan tidak boleh selalu menunda-nuda waktu,karena ini akan menjadi sebuah kebiasaan buruk nantinya.

Namun,seperti yang kita lihat sekarang ini mungkin banyak sekali yang masih berumur muda sudah salah langkah,memang saat ini kita masih tidak tahu dan tidak bisa menembak pasti ia memiliki masa depan yang suram.

Namun jika pada usia muda saja sudah mulai bermalas-malasan apalagi sampai berbuat maksiat,tentu membuat orang tua geram dan sakit hati bukan,seakan-akan orang-orang berfikir untuk membiarkan saja anak yang berusia muda tersebut tenggelam dalam langkah yang salah dalam hidupnya.

Oleh karena itu,karena pada masa usia muda ini masih sangat labil sekali,mungkin jika dipanas-panasin ataupun di rayu sedikit saja sudah mudah terbujuk untuk melakukan suatu hal.Apakah ini juga berpengaruh terhadap karir kedepannya?

Menurut saya sih cukup berpengaruh ya,apalagi yang kita lihat banyak sarjana yang memiliki gelar ditolak pekerjaan mereka,bahkan jangankan pengen masuk kerja,yang udah kerja aja banyak dikeluarkan.

Baik,disini saya juga akan memberikan beberapa perihal yang sering dilakukan oleh para kaum muda dan carra mengatasinya,yang mana kemungkinan a kan membantu teman-teman untuk memulai karir masa depan dari sekarang ini.

A.Pandai Memilih Teman

Peran seorang teman dalam bergaul,cukup berpengaruh terhadap kehidupan kita sehari-hari.Terkadang,jika kita tidak bisa melakukan hal itu,namun karena pengaruh teman bisa-bisa kita juga ikut-ikutan melakukan apa yang dilakukan oleh seorang teman.

Oleh sebab itu,kita juga harus pandai memilih seorang teman agar dapat membantu kehidupan kita di masa mendatang,karena ini juga akan menentukan bagaimana karir kita kedepannya,usahakanlah memilih teman yang selalu mengajak pada kebaikan dan jangan berteman karena gengsi dan hanya ikut-ikutan,misalkan ada orang yang baik pintar,namun karena penampilannya yang pas-pasan,kita menjadi menjauhinya.

B.Study & Work Hard

Ketika usia masih muda,tentunya kita masih memiliki badan yang segar bugar,tenaga yang cukup,dan pikiran yang masih luas untuk berangan-angan setinggi mungkin,karena cita-cita yang tinggi jika dibarengi dengan usaha yang keras,tentu akan menghasilkan apa yang kita ingin capai selama ini.

Memang,tak dapat disamakan pendapat setiap orang berbeda-beda,ada yang berpendapat sekolah dan pendidikan itu cukup penting,namun ada juga yang mengatakan tidak penting karena ujung-ujungnya pasti semua itu untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

Namun,kita juga tidak bisa menyalahkan kedua pendapat tersebut,karena jalan hidup setiap orang memang berbeda-beda,ada yang sukses tanpa gelar yang hanya bermodal pengalaman,dan ada yang rela menunggu bertahun-tahun sarjana hanya untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya.

Belajar dan berusaha keras,dapat membantu kita untuk mendapatkan sebuah karir yang kita inginkan untuk kehidupan di masa depan.Setidaknya,walaupun memang ketika kita sadar sekolah itu bukan hanya bertujuan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan,namun disitu kita terkadang belajar mandiri dan belajar mempunyai adab dan akhlak yang baik.

C.Motivasi & Action

Tak dapat dipungkiri,jika terkadang kita tidak setiap saat selalu semangat melakukan aktivitas sehari-hari,selalu ada saja waktunya kita mengalami down/semangat sedang turun dan membuat kita tidak semangat melakukan suatu hal,tentunya ini juga sering ketika adanya muncul sebuah masalah,namun bisa juga tiba-tiba kita langsung down tanpa disebabkan apapun,ya mungkin karena lelah.

Mungkin,saat ini sudah banyak sekali motivasi yang bertebaran dan dapat kita temukan di media internet,dari berbagai kata-kata bijak dan motivasi dari orang-orang sukses,yang mana ini akan membantu orang-orang nantinya untuk mendapatkan karir mereka dimasa mendatang.

Tetapi,pernahkah kalian merasakan sudah banyak sekali motivasi dan kata-kata yang bijak yang sudah kita dapatkan,bahkan bisa dibilang itu kita ini sudah banjir motivasi,tetapi tetap tidak membawa perubahan apapun dalam kehidupan kita.

Tentu saja,no action ya tidak akan terjadi apa-apa,selain mempunyai motivasi,kita juga harus melakukan atau action terhadap apa yang dikatakan oleh motivasi tersebut.Oleh karena itu,hendaknya setiap kita mendapatkan sebuah motivasi yang baru,bisa kita terapkan dalam kehidupan kita.

D.Berbakti Pada Orang Tua

Nah,ini merupakan hal yang paling utama kita perhatikan,karena sebuah kesuksesan itu akan mustahil terjadi tanpa adanya peran kedua orang tua kita.Jika kita saja sering menyakiti ataupun membuat orang tua sakit hari terus menerus,maka kemungkinan besar kita tidak akan bisa mendapatkan cita ataupun karir yang kita inginkan,karena letak utamanya ada pada orang tua kita.

Cobalah untuk selalu berbakti dengan orang tua kita,dengan selalu mendengarkan apa yang mereka perintahkan,tentunya perbuatan yang baik ya,agar kita mendapatkan berkah disetiap langkah yang kita jalani setiap harinya.

Kesimpulan:

So,oke sob kita udah di penghujung materi nih.

Nah mungkin itu tadi adalah beberapa strategi yang dapat kita terapakan dari sekarang,mungkin beberapa dari kalian menganggap ini kurang penting,akan tetapi inilah yang saya rasakan hingga saat ini dan dan sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita di masa depannya.

Terima kasih bagi kalian yang udah baca sampai habis,saya doakan kalian yang membaca artikel di website ini mendapatkan rezeki yang tak di sangka-sangka.

Terima kasih

Wassalam.

Share:

Seorang Internet Marketer & Freelancer Motion Designer yang Ingin Berbagi Ilmu Pengetahuan dan Pengalaman Sambil Belajar

2 Comments

  • Septian, Januari 7, 2021 @ 6:44 pm Reply

    Makasih kak,sangat membantu saya anak muda yang ingin mempersiapkan karir untuk masa depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *