Contact Information

Central Kalimantan,Indonesia

Simflitycom – Banyak yang bertanya-tanya,antara plugin Rank Math vs Yoast SEO mana yang paling bagus?Apa saja kelebihan dan kekurangan dari kedua plugin SEO yang paling banyak digunakan oleh orang-orang?

SEO merupakan hal yang paling penting dalam meningkatkan kualitas dan kredibilitas suatu website.Dengan SEO,owner dari website tersebut bisa mendapatkan pengunjung yang lebih banyak dari hasil mesin pencarian dan akan mendapatkan imbalan yang cukup besar jika mereka adalah seorang blogger yang membuat konten artikel lalu bekerja sama dengan Ads Network.

Namun,untuk mengoptimasi sebuah teknik SEO bukanlah perkara yang mudah.Anda harus belajar setiap hari untuk dapat bersaing untuk mendapatkan peringkat pertama di hasil pencarian.Apalagi anda harus bersaing dengan website portal yang besar seperti detik,kompas,tribbun,dan lain-lain.

Di WordPress sendiri,sudah ada beberapa plugin SEO yang dapat mempermudah anda untuk melakukan optimasinya.Namun,untuk saat ini ada 2 plugin yang cukup populer digunakan.Dan pada artikel ini,saya akan mencoba membandingkan kedua plugin ini,yaitu Rank Math vs Yoast SEO.

Rank Math vs Yoast SEO (Pengenalan)

rank-math-vs-yoast

Banyak sekali yang membicarakan,bahwa kedua plugin SEO ini sangat bersaing ketat dalam meningkatkan pengguna mereka masing-masing.Sebelum memulai,ada baiknya jika anda mengenal terlebih dahulu tentang kedua plugin ini.

1.Tentang Yoast SEO

Jika anda telah lama bergelut di dunia website menggunakan WordPress,mungkin plugin yang satu ini sudah populer dan dikenal oleh hampir semua blogger.Plugin ini dikembangkan oleh Joost de Valk,yang berasal dari negara Belanda.

Plugin Yoast SEO tergolong sudah sejak lama dikembangkan,yaitu pada tahun 2010 lalu dan merupakan plugin SEO paling populer digunakan.Selain itu,plugin ini telah memiliki lebih dari 288 juta instalasi oleh seluruh website yang ada di seluruh dunia.

Sebelum adanya plugin Rank Math,mungkin hampir seluruh website rata-rata menggunakan plugin ini sebagai optimasi SEO.Maka dari itu,tidak heran jika pengguna plugin ini sangatlah banyak sekali dari segala website yang ada di seluruh dunia.

2.Tentang Rank Math

Rank Math merupakan plugin SEO generasi terbaru yang dikeluarkan.Plugin ini tergolong masih baru,karena baru dirilis pada akhir tahun 2018 yang lalu.Plugin ini dikembangkan oleh beberapa orang,yang berasal dari India.

Walaupun tergolong masih baru,namun saat ini plugin Rank Math sangat disukai oleh banyak orang dan mengalahkan beberapa plugin SEO yang sudah lebih dulu dikembangkan.Maka,tak heran jika plugin ini sering disebut sebagai plugin SEO terpopuler nomor 2 setelah Yoast.Saat ini,Rank Math telah memiliki lebih dari 700.000 instalasi aktif.

Dengan begitu,Rank Math memiliki perkembangan yang cukup cepat.Bahkan,plugin ini telah mengalahkan beberapa plugin SEO lainnya yang lebih dulu populer.Hal ini dikarenakan banyak fitur baru yang ditawarkan oleh Rank Math dan dapat digunakan secara gratis,namun sekarang juga tersedia versi berbayar dengan fitur yang lebih bagus.

Baca juga: 20 Tips Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Rank Math vs Yoast SEO (Fitur)

Selanjutnya,kita akan membahas apa saja fitur-fitur yang ada antara kedua plugin ini.Mana sih plugin yang lebih unggul dan harus anda gunakan untuk kebutuhan SEO website anda?

Rank Math dikenal memiliki fitur yang super lengkap dalam versi gratisnya.Bahkan,dalam versi gratisnya sudah hampir menyerupai plugin versi berbayar Yoast.Oleh sebab itu,Rank Math dapat berkembang dengan cepat karena menawarkan fitur yang lengkap dan dapat dimiliki secara gratis.

Baiklah,kita akan membahas fitur-fitur yang ada di kedua plugin ini,baik pada versi gratisnya maupun versi berbayarnya.

Fitur Rank Math Gratis

  • Analytics – Anda dapat menghubungkan Google Analytics dengan kode tracking,kemudian plugin Rank Math secara otomatis akan menghubungkan website anda dengan Google Analytics
  • Breadcrumbs – Anda dapat menerapkan Breadcrumb ke situs web anda
  • Webmaster Tools – Hubungkan website anda ke beberapa Webmaster,seperti GoogleSearch Console,Bing,Baidu,Yandex,Alexa,dan Pinterest dengan melakukan verifikasi kode
  • SEO Lokal dan Grafik Pengetahuan – Anda dapat mengoptimalkan situs anda secara gratis
  • Site Title/Judul Situs Beranda – Anda dapat mengatur judul situs beranda pada halaman utama anda
  • Memasukan Kata Kunci Fokus – Terapkan kata kunci fokus pada setiap halaman yang ingin anda buat
  • Peta Situs/Sitemap XML – Tambahkan peta situs ke Webmaster Tools
  • Penghitung Tautan – Rank Math akan secara otomatis menghitung tautan yang ada pada halaman
  • 404 Monitor – Pantau halaman yang tidak ada(404) dan alihkan ke halaman yang ingin anda tujukan
  • Pengalihan/Redirection – Alihkan halaman yang tidak ada atau dihapus
  • SEO untuk Woocommerce – Atur jumlah produk dan deskripsi produk anda
  • SEO Gambar – Memasukan Alt Text pada gambar untuk meningkatkan SEO anda
  • Data Skema – Markup skema ditambahkan untuk mempermudah mesin pencari

Fitur Rank Math PRO

  • Integrasi dengan Google Trends
  • Advanced setting untuk SEO Analytics
  • Menambahkan watermark secara otomatis pada gambar
  • Integrasi Google News
  • Peta situs untuk video
  • Mengimport schema data markup dari website lain
  • Riwayat terakhir penghasilan dari Google AdSense
  • Melacak peringkat situs anda dengan kata kunci(Keyword)

Dapat dilihat,bahwa plugin Rank Math dapat digunakan secara maksimal pada versi gratis maupun versi berbayarnya.Dalam versi gratisnya saja Rank Math sudah menawarkan banyak sekali fitur yang dapat meningkatkan SEO situs anda,apalagi pada versi premiumnya.

Fitur Yoast SEO Gratis

  • Menetapkan Deskripsi Meta SEO – Anda dapat membuat template secara otomatis dan diterapkan pada konten yang ingin anda terapkan
  • Webmaster Tools – Hubungkan website anda ke beberapa Webmaster,misalkan Google
  • Breadcumbs – Anda dapat menambahkan breadcrumbs ke website anda
  • Peta Situs/Sitemap XML – Buat peta situs dan hubungkan ke Webmaster
  • Penghitung Tautan – Plugin Yoast akan menghitung jumlah tautan internal pada konten anda
  • SEO untuk Woocommerce – Anda dapat mengatur deskripsi toko ataupun mengatur jumlah produk
  • Focus Keyword – Tambahkan hanya satu fokus keyword pada konten anda
  • Schema Data– Anda dapat menambahkan Markup Skema pada seluruh situs anda

Fitur Yoast SEO Premium

  • Kata Kunci Fokus lebih banyak – Fitur premium Yoast dapat menambahkan lebih dari satu fokus keyword untuk diterapkan ke konten anda
  • Redirect Manager – Anda dapat mengelola redirection atau pengalihan 301 dan 302
  • Saran Tautan Internal – Secara otomatis,Yoast SEO akan merekomendasikan kepada anda konten yang relevan untuk ditautkan
  • Kata Kunci Terkait – Yoast akan menampilkan kata kunci yang terkait dan berasal dari data Semrush

Selain fitur free dan berbayar diatas,plugin Yoast SEO juga menawarkan beberapa plugin tambahan atau yang biasa disebut Add-On.

Plugin Yoast SEO ini dapat digunakan secara maksimal jika anda membeli versi premiumnya saja,dan memerlukan Add-On tambahan untuk menambah lebih banyak pengaturan SEO lainnya,sehingga dapat digunakan secara maksimal.

Sedangkan Fitur premium Yoast ini sudah ada di fitur Rank Math versi gratisnya.Jadi,jika anda adalah pemula dalam membuat website dan ingin hemat budget,lebih disarankan menggunakan Rank Math saja dalam versi gratisnya,karena mereka menawarkan fitur yang lengkap dalam versi gratisnya.

Rank Math vs Yoast SEO(Cara Menyiapkan)

Sebelumnya,anda telah mengetahui perbandingan fitur-fitur dari kedua plugin ini,yaitu Rank Math vs Yoast SEO.Selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara menyiapkan kedua plugin ini untuk segera digunakan.

Secara default,mungkin semua teman-teman sudah tau bagaimana cara menginstall plugin seperti biasanya.Ya tinggal instal kemudian baru diaktifkan.

Namun,perlu diketahui bahwa ketika menginstall plugin Rank Math maupun Yoast SEO,maka pertama kali anda akan dialihkan kehalaman setup wizard,untuk melakukan sedikit konfigurasi masing-masing dari kedua plugin ini.

Menyiapkan Plugin Rank Math

Menginstal plugin mungkin terlihat biasa,karena hal ini hampir semua orang bisa melakukannya.Namun,ketika menginstal plugin Rank Math anda akan dialihkan ke halaman setup wizard,dan anda akan diminta menghubungkan akun anda ke plugin Rank Math.

Adapun akun yang bisa dihubungkan adalah akun Rank Math,akun WordPress.com,dan juga akun Google.Setelah anda selesai menghubungkan akun anda ke plugin ini,maka anda akan dihadapkan ke halaman konfigurasi selanjutnya.

Tampilan halamanya dapat anda lihat seperti gambar dibawah ini:

Rank-Math-Setup-Wizard

Ketika melihat tampilan tersebut,mungkin sebagian dari anda ada yang kebingungan untuk memilih yang mana sesuai kebutuhan anda.

Dapat dilihat bahwa disitu tersedia 3 opsi.Jika anda tidak ingin menggunakan banyak fitur,maka anda dapat memilih opsi Easy.Kemudian,jika anda ingin fitur yang cukup lengkap seperti yang telah kita bahas sebelumnya,maka anda dapat memilih opsi Advanced.Namun,jika anda menginginkan fitur yang super lengkap,maka anda harus membeli terlebih dahulu versi PRO untuk mengatifkannya.

Adapun untuk konfigurasi selanjutnya itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.Untuk konfigurasinya sendiri pun tidaklah terlalu sulit sekali.Anda juga dapat melakukan skip terhadap opsi-opsi yang tersedia dan dapat melakukan konfigurasi di halaman dashboard WordPress anda.

Nah,berikut ini adalah tampilan halaman Rank Math pada dashboard anda:

Rank-Math-Dashboard

Pada gambar tersebut,dapat anda lihat ada banyak sekali settingan yang harus anda aktif/nonaktifkan sesuai dengan kebutuhan anda.

Sesuai yang saya katakan sebelumnya,jika anda tidak ingin terlalu ribet dengan banyaknya pengaturan,maka anda dapat memilih opsi Easy Mode.Sebaliknya,jika anda ingin fitur yang lengkap untuk lebih mengoptimalkan SEO situs anda,maka anda dapat memilih opsi Advanced Mode dengan settingan yang lebih banyak.

Tak sampai disini,selanjutnya kita akan membahas lebih lanjut perbandingan Rank Math vs Yoast SEO.

Baca juga: Mengenal Apa Itu SEO & Pentingnya Dalam Sebuah Website

Menyiapkan Plugin Yoast SEO

Setelah paham bagaimana konfigurasi setup wizard pada plugin Rank Math,selanjutnya kita akan sedikit membahas bagaimana cara menyiapkan plugin Yoast SEO.

Hampir sama dengan plugin Rank math,Yoast SEO juga akan mengalihkan anda ke halaman setup wizard ketika melakukan instalasi pertama kali.Pada halaman ini,anda juga akan diminta untuk melakukan sedikit konfigurasi plugin Yoast ini untuk disesuaikan dengan kebutuhan situs anda.

Berikut adalah tampilan halaman setup wizard Yoast:

Yoast-SEO-Setup-Wizard

Pada tahap tersebut anda juga tidak perlu bingung,anda hanya perlu memilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan anda.Jadi,anda tidak perlu pusing ketika dialihkan ke halaman tersebut.

Selain itu,jika anda tidak ingin melakukan opsi dihalaman setup wizard tersebut,anda juga dapat melakukan skip dan kembali ke dashboard WordPress anda.Maka anda dapat melakukan setting atau konfigurasi plugin Yoast SEO dengan kebutuhan situs anda.

Berikut adalah tampilan halaman dashboard dan setting:

Yoast-SEO-Dashboard

Jika dilihat tampilan dashboard Rank Math vs Yoast,tampilan Rank Math lebih tampak profesional dan user friendly.Sedangkan Yoast SEO terlihat memiliki tampilan yang masih sederhana,namun ini tidak berpengaruh terhadap SEO situs anda.

Rank Math vs Yoast SEO (Harga)

Selanjutnya,kita akan melakukan perbandingan antara Rank Math vs Yoast SEO.Karena kedua plugin ini sangatlah populer untuk digunakan sebagai alat membantu SEO di WordPress,tak jarang jika orang-orang seringkali membandingkan harga yang ditawarkan,dan tentu saja mereka melihat dari segi harga dan juga fitur.

Secara default,kedua plugin ini dapat anda gunakan secara gratis di WordPress.Ada banyak pro dan kontra yang berdebat tentang harga antara kedua plugin ini.

Bagi pengguna Yoast SEO yang sudah lama,tentu saja mereka akan tetap bertahan dengan plugin SEO mereka yang sudah membantu situs mereka sejak lama.Namun,bukan berarti tidak ada pengguna setia Rank Math,karena bagi situs-situs yang masih baru dari sejak Rank Math dikembangkan,tentu mereka lebih setia menggunakan plugin ini.

Rank Math juga telah membantu banyak sekali para website owner untuk mengoptimasi SEO pada situs mereka,terlebih lagi mereka yang memiliki budget terbatas dan masih belajar dalam dunia SEO.

Rank Math Harga

Dalam versi gratis saja,anda sudah dapat menggunakan plugin ini secara powerfull,apalagi jika anda memiliki budget yang lebih,tentu saja fitur premiumnya jauh lebih maksimal untuk anda gunakan.

Adapun harga yang ditawarkan oleh Rank Math ada 2,berikut table pricingnya:

Rank-Math-Harga

2 versi premium yang sangat menarik:

  • $59 – Dengan harga kisaran 800 ribuan,anda akan mendapatkan fitur premium selama satu tahun dan dapat digunakan pada unlimited website.
  • $199 – Dengan harga kisaran 2.800.000,anda akan mendapatkan fitur premium selama satu tahun dan dapat digunakan untuk website klien,cocok untuk para freelancer Web Developer.

Harga tersebut sangat menarik perhatian sekali bagi para blogger maupun web developer,maka tak heran jika saat mereka merilis fitur PRO pada plugin Rank Math ini,banyak yang langsung berlangganan membeli plugin ini.Apalagi fitur yang ditawarkan sangatlah powerfull sekali.

Sewaktu-waktu,kemungkinan besar Rank Math akan melakukan perubahan pada harga PRO yang mereka tawarkan.Namun,itu juga tergantug dari para developer mereka.

Yoast SEO Harga

Selanjutnya,kita akan membahas tentang harga yang ditawarkan oleh Yoast.Plugin yang sangat populer ini telah memiliki instalasi aktif lebih dari 5juta dari website yang ada di seluruh dunia.

Mungkin,bagi anda yang telah lama bermain website,sudah tak asing lagi dan mungkin hadirnya Rank Math tidak berpengaruh terhadap kesetiaan anda pada Yoast SEO.

Secara defaul,Yoast juga menawarkan versi gratisnya dan dapat didownload di WordPress.org atau situs resminya.Namun,perlu diketahui bahwa plugin ini menawarkan harga yang cukup tinggi dan memiliki beberapa licensi,tidak seperti Rank Math yang memiliki satu harga dan dapat digunakan pada unlimited website.

Berikut adalah harga dan licensi yang ditawarkan oleh Yoast:

Yoast-SEO-Harga

Dapat dilihat,bahwa plugin Yoast SEO menawarkan harga yang lebih tinggi dari Rank Math,dan memiliki beberapa licensi.

Pada harga yang termurah saja,yaitu $89 atau kisaran 1.280.000 selama satu tahun dan hanya dapat digunakan dalam satu website saja.Adapun jika anda ingin menggunakan dalam beberapa website,maka anda harus menambah budget anda lebih besar.Ini tentu sangat berat bagi para pemula ataupun mereka yang memiliki budget terbatas.

Selain itu,jika anda menginginkan Add-On tambahan yang seperti fitur Rank Math PRO,seperti video SEO,Local SEO,dan lainnya,maka anda harus membelinya lagi dengan harga terpisah.Ini tentu sangat memakan banyak sekali biaya,terlebih bagi anda yang belum dapat menghasilkan uang dari website anda.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Plugin Forum WordPress Terbaik dengan Fitur yang Lengkap

Rank Math vs Yoast SEO (User Interface)

Selanjutnya,kita akan membahas bagaimana tampilan user interface Rank Math vs Yoast SEO.

Sebelumnya kita telah melihat bahwa dashboard Rank Math lebih tampak profesional dan nyaman dipandang,sementara Yoast memiliki tampilan sederhana.Namun ini kembali lagi kepada pengguna masing-masing lebih nyaman yang mana.

Rank Math User Interface

Ketika anda memilih Rank Math sebagai plugin SEO untuk situs anda,maka setiap kali anda melakukan/mengedit halaman konten atau page anda,maka anda akan dihadirkan dengan editor blok yang ada disamping kanan halaman post atau page anda.

Selain itu,editor blok ini akan memudahkan anda untuk mengetahui seberapa besar peringkat atau skor SEO konten yang anda buat,dan anda juga dapat menyematkan kata kunci/keyword yang ingin anda fokuskan.

Berikut adalah tampilan editor blok yang dimiliki Rank Math

Rank-Math-Blok-Editor

Dalam editor blok Rank Math tersebut,anda dapat mengetahui apa saja hal yang perlu di optimasi pada konten anda.

Secara otomatis,ketike ingin membuat sebuah postingan baru,Rank Math akan menampilkan beberapa hal yang perlu anda optimasi,ketika anda sudah memenuhi opsi tersebut,maka centang SEO akan langsung berwarna hijau.

Berikut adalah tampilan optimasi SEO untuk meningkatkan skor SEO anda

SEO Dasar:

  • Judul SEO
  • Fokus kata kunci/Focus Keyword
  • Fokus kata kunci dalam URL
  • Kata kunci Fokus pada 10% halaman pertama
  • Kata kunci Fokus pada konten
  • Jumlah kata yang anda tuliskan

SEO Tambahan:

  • Kata kunci fokus pada subjudul/subheading
  • Kata kunci fokus pada gambar/alt text
  • Keyword Density/kepadatan keyword
  • Panjang URL
  • Tautan eksternal
  • Tautan internal

Keterbacaan Judul:

  • Kata kunci fokus pada awal judul
  • Power word/copywriting yang menarik pada judul
  • Gunakan number pada judul SEO

Keterbacaan Konten:

  • Menggunakan table of content
  • Menggunakan paragraph yang pendek
  • Konten mengandung gambar atau video

Dengan begitu,anda tidak perlu ribet untuk mengetahui berapa skor SEO yang telah anda capai ketika membuat konten dan waktu anda juga lebih hemat.

Namun,skor SEO tersebut tidak menjamin bahwa postingan anda akan tampil dihalaman pertama Google.Ini kembali lagi pada penulis,apakah keyword memiliki nilai pencarian yang tinggi,konten tidak duplikat,dan lain-lain.

Yoast SEO User Interface

Selanjutnya,kita akan melihat bagaimana user interface yang dimiliki oleh Yoast SEO.

Jika anda adalah pemain website yang sudah lama atau sudah pernah menggunakan plugin Yoast SEO,mungkin sudah tau bagaimana tampilan editor blok yang dimiliki oleh plugin ini.

Secara default,memang memiliki kesamaan dengan plugin Rank Math,namun menurut saya plugin Rank Math memiliki user interface yang lebih nyaman.

Namun ini kembali lagi pada masing-masing orang,lebih terbiasa menggunakan plugin mana,antara Rank Math vs Yoast SEO.

Berikut adalah tampilan editor blok Yoast SEO:

Yoast-SEO-Blok-Editor

Bagi anda yang terbiasa dengan plugin Yoast SEO,mungkin akan merasa nyaman dengan tampilan blok editor yang dimiliki oleh plugin ini.

Namun sebaliknya,jika anda sudah terbiasa menggunakan plugin Rank Math,maka pasti anda akan lebih nyaman menggunakan editor blok yang dimiliki oleh plugin ini.

Adapun untuk data untuk meningkatkan skor SEO,hampir sama dengan plugin Rank Math,hanya saja memiliki sedikit perbedaan pada versi free Rank Math dan versi Yoast free.

Kesimpulan:

Sekarang anda sudah dapat mengetahui beberapa perbedaan antara plugin Rank Math vs Yoast SEO,yang mana ini akan menjadi suatu pertimbangan ketika anda kebingungan memilih plugin mana yang cocok untuk situs anda,terlebih lagi anda yang masih pemula.

Keduanya memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan masing-masing.Walaupun Rank Math dapat terkenal dan dipercaya oleh banyak orang secara cepat,namun bukan berarti Yoast dilupakan begitu saja,justru banyak juga mereka yang tetap setia untuk menggunakan plugin Yoast sebagai alat optimasi SEO mereka.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan,artikel ini tentunya kami kumpulkan dari berbagai sumber.Jika anda menemukan ada kesalahan kata atau link yang rusak,mohon untuk segera melaporkan ke halaman “hubungi kami“.

Semoga bermanfaat,terima kasih

Wassalam.

Share:

Seorang Internet Marketer & Freelancer Motion Designer yang Ingin Berbagi Ilmu Pengetahuan dan Pengalaman Sambil Belajar

2 Comments

  • Aji, Maret 6, 2021 @ 2:05 pm Reply

    Mana nih pengguna setia Yoast SEO🥳

  • Hamdi, Maret 13, 2021 @ 10:25 am Reply

    Wah,pengguna setia yoast ni🤣

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *