Contact Information

Central Kalimantan,Indonesia

Simflitycom – Siapa disini yang belum mengenal Google Ads?Mungkin bagi anda yang sering beriklan di Google sudah sangat familiar dengan istilah yang satu ini,namun bagi anda yang belum tahu tidak mengapa,karena kami akan menjelaskannya pada artikel kali ini.

Saat ini,Google merupakan salah satu search engine atau mesin pencarian yang memiliki trafik yang paling tinggi dibandingkan mesin pencarian yang lainnya.

Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap potensi yang akan didapatkan bagi para pebisnis online ataupun bagi anda yang memiliki usaha kecil,menengah,dan juga besar.Program periklanan Google merupakan salah satu yang terbesar bagi para advertising maupun bagi para publisher.

Pada kesempatan kali ini,kita akan membahas tentang panduan lengkap Google Ads yang akan dibahas secara rinci dari A-Z.

Apa Itu Google Ads?

apa-itu-google-ads

Hal ini ditujukan kepada anda yang belum mengetahui tentang program periklanan Google.

Google Ads adalah sebuah platform periklanan milik Google,yang ditujukan khusus untuk para pengiklan atau advertisers yang memiliki sebuah bisnis atau usaha,dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis atau meningkatkan penjualan produk tersebut.

Menggunakan program periklanan milik Google ini sangat potensial untuk mendatangkan pelanggan.Karena,Google sendiri memiliki jutaan trafik setiap hari yang mencari informasi melalui mesin pencarian ini.

Misalkan saja anda sedang mencari sesuatu di Google dengan memasukan kata kunci “Google Ads“.Nah,jika anda memiliki bisnis furniture dan beriklan di Google Ads,maka kemungkinan besar website penjualan anda akan muncul di halaman pertama Google.

contoh-iklan-google-ads

Semakin tahun,perkembangan sebuah bisnis semakin meningkat.Apalagi ditambah dengan kecanggihan dan kemajuan teknologi sekarang ini yang berkembang sangat pesat,sehingga para olshop atau pebisnis online harus bisa bersaing untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.

Perbedaan Google Ads dan Google AdSense

perbedaan-google-ads-dan-google-adsense

Sebelum masuk ke tahap inti dari materi ini,perlu anda ketahui bahwa kedua platform ini memiliki perbedaan yang seringkali membuat orang-orang awam kebingungan,namun sebenarnya keduanya memiliki satu tujuan,yaitu untuk platform periklanan.

Dikutip dari website resmi Google,mereka juga membuat tentang pedoman perbedaan antara kedua produk mereka ini.

Berikut perbedaan antara AdSense dan Google Ads:

Google Adsense merupakan salah satu program periklanan Google,yang ditujukan khusus untuk penayang/publisher.Apabila anda adalah seorang blogger atau punya website forum,anda dapat memonetisasi situs anda dengan program Google AdSense.Iklan akan muncul di halaman situs anda,dan anda akan mendapatkan uang dari berbagai jenis iklan tersebut

Jadi,bagi anda yang merupakan seorang blogger penulis atau publisher,anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan yang ditayangkan oleh Google AdSense.

Sedangkan Google Ads ditujukan khusus untuk pengiklan,yang memiliki sebuah bisnis tertertu atau sebuah produk yang ingin dijual,dan memasarkannya secara luas menggunakan iklan Google.Anda dapat mengiklankan produk apapun selama itu tidak melanggar kebijakan mereka.

Dengan adanya program periklanan ini,Google berharap dapat membantu anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan untuk membeli produk anda.

Panduan Cara Menggunakan Google Ads

panduan-cara-menggunakan-google-ads

Sekarang kita akan masuk ke tahap inti dari materi ini.

Saya yakin sekali,bahwa anda yang sedang membaca artikel ini merupakan orang yang masih awam di dunia periklanan dan ingin tahu bagaimana seluk beluk menggunakan program periklanan ini.Namun tidak memungkinkan juga anda yang sudah mahir untuk membaca tulisan ini.

Jika anda adalah seorang pengusaha di internet ataupun berjualan sesuatu,belajar tentang periklanan seperti ini sangatlah penting.Karena sedikit tidaknya ini akan berguna untuk dapat meningkatkan potensi besarnya penghasilan atau memperbanyak nilai penjualan,dengan mengenalkan usaha anda lebih luas kepada para konsumen.

Apalagi jika platform periklanan yang anda gunakan adalah Google sendiri,sebuah perusahaan internet yang mendominasi pasar internet.

Berikut adalah langkah-langkah dasar yang harus anda ketahui untuk menggunakan Google Ads:

1.Cara Kerja Google Ads

cara-kerja-iklan-google

Sebelum anda ingin memulai beriklan di Google,terlebih dahulu anda harus tahu bagaimana cara kerja Google mengiklankan produk atau bisnis anda di hasil pencarian search engine mereka.

Secara umum,biasanya orang-orang ketika ingin mencari sesuatu,entah itu berupa produk ataupun informasi lainnya,mereka tentu saja memasukan keyword atau kata kunci yang relevan dengan apa yang ingin mereka cari.

Sebagai contoh,Rama ingin sedang kebingungan ingin mencari tempat atau marketplace online dengan harga yang murah.Kemudian,Rama membuka Google dan memasukan kata kunci “Tempat Belanja Online“,dan akan muncul hasil pencarian di Google sesuai dengan kata kunci yang ia masukkan.

Berikut contohnya:

cara-kerja-google-ads

Dari hasil pencarian tersebut,Google menampilkan beberapa website atau situs yang relevan dengan kata kunci yang dimasukkan oleh Rama.Ternyata,ada website yang relevan dengan hasil pencariannya tersebut dan website tersebut beriklan menggunakan Google Ads,yaitu situs Lazada yang merupakan tempat belanja online.

Walaupun Lazada sudah dikenal oleh banyak orang,dan padahal walaupun mereka tidak beriklan juga bakal di kunjungi pengguna setiap harinya.Namun,mereka tetap beriklan untuk mendapatkan lebih banyak trafik organik dari Google dengan cara yang sering disebut Paid Ads.

Selain itu,ketika anda ingin beriklan menggunakan Google Ads,anda juga harus menyesuaikan kata kunci yang ingin anda targetkan untuk dapat ditampilkan pada hasil pencarian ketika orang-orang memasukan kata kunci yang relevan.

Oleh karena itu,menggunakan Google Ads ini sangat cocok bagi anda yang memiliki bisnis baru atau pemula lainnya,yang ingin mendapatkan trafik ataupun meningkatkan trafik.

2.Sistem Biaya Google Ads

sistem-biaya-google-ads

Selanjutnya,kita akan membahas tentang sistem biaya yang harus anda bayar pada Google,ketika anda orang yang mengklik website anda pada hasil pencarian.

Salah satu hal yang dapat membuat orang rugi atau menyerah dalam beriklan adalah besarnya biaya iklan yang dibayar,sedangkan pencapaian target audience yang di inginkan tidak sesuai atau sering di sebut boncos.

Maka dari itu,sebelum anda ingin memulai beriklan,ada baiknya anda mengetahui tentang pembayaran agar dapat melakukan hitung-hitungan nantinya.

Ada beberapa istilah yang harus anda ketahui:

  • PPC (Pay Per Click) – Jenis pembayaran iklan yang seperti ini,anda hanya wajib membayar ketika ada pengunjung yang melakukan klik terhadap iklan anda.Sedangkan jika mereka hanya melihat saja tanpa melakukan klik,anda tidak perlu membayar ke Google
  • PPI (Pay Per Impression) – Jenis pembayaran iklan seperti ini,anda wajib membayar jika iklan anda tayang di halaman pertama pada hasil pencarian ketika pengunjung memasukan keyword yang relevan dengan targer anda
  • PPC (Pay Per Conversion) – Jenis pembayaran iklan seperti ini,anda hanya wajib membayar jika pengunjung anda telah melakukan action atau sesuai dengan keinginan target anda.Jenis ini sangat di rekomendasikan oleh Google,namun memang membutuhkan usaha yang lebih

Jadi,saran saya sebelum anda memulai ada baiknya anda mengetahui jenis pembayaran iklan yang ada pada program periklanan Google.

3.Cara Mendaftar Google Ads

cara-mendaftar-google-ads

Langkah selanjutnya adalah kita akan membahas bagaimana cara mendaftar di platform periklanan Google ini.

Sebelum anda ingin beriklan di Google,terlebih dahulu anda harus mendaftarnya di situs resmi mereka.Selain itu,anda harus mendaftar menggunakan akun Google sendiri.Jika anda belum memiliki,anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mengklik disini.

Jika sudah,anda sudah bisa memulai untuk mendaftar di program periklanan Google:

halaman-utama-dashboard-ads-google

Pastikan anda mengunjungi halaman tersebut,bukan halaman Google AdSense.

  • Jika sudah,anda harus login menggunakan akun Google tadi.Namun,apabila anda sudah login,anda bisa langsung menekan tombol mulai
  • Kemudian,anda akan diarahkan atau redirect ke halaman selanjutnya.Tampilannya adalah sebagi berikut

membuat-kampanye-baru-iklan-google

  • Jika anda sudah dialihkan ke halaman tersebut,anda tinggal mengisi beberapa data-data yang diperlukan Google untuk memulai iklan anda.

Nah perlu diketahui,bahwa data-data yang harus anda masukan tersebut harus berupa data yang akurat,agar Google dapat lebih mudah memverifikasi dan dapat menghubungi anda jika terjadi sesuatu yang tidak disengaja.

4.Cara Membayar Google Ads

cara-membayar-ads

Untuk sistem pembayaran iklan di Google saat ini sangatlah mudah,hal ini di karenakan sekarang Google telah support ke berbagai Bank yang ada di Indonesia.Anda dapat memilih sesuai rekening yang anda miliki.

Yang perlu di perhatikan dalam kasus yang sering terjadi adalah,anda sebagai pengiklan jangan sampai terlalu sering terlambat untuk membayar ke Google atas iklan yang telah anda tayangkan.

Karena,jika anda menunda-nunda pembayaran,maka iklan anda akan dihentikan mereka untuk sementara sampai anda membayarnya.Bahkan,ada juga yang terlalu banyak menumpuk hutang mereka kepada Google,padahal tidak pernah meminjam uang kepada mereka.

Selain itu,bagi para publisher juga seringkali penghasilan AdSense mereka menjadi Minus.Hal tersebut sering di karenakan tindakan curang yang mungkin telah di rencanakan mereka,untuk melakukan klik atau bekerja sama dengan orang lain,untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak.

Tentu saja advertiser merasa dirugikan,dan Google akan mengembalikan uang kepada advertiser dan si publisher AdSense akan berhutang kepada Google atas tindakan curangnya tersebut.

5.Kelebihan Google Ads

kelebihan-google-ads

Pada materi panduan lengkap Google Ads ini,anda tidak hanya disuguhkan dengan beberapa materi cara penggunaan nya,namun juga akan mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan menggunakan platform periklanan Google.

Sebelum memulai beriklan,anda juga harus mengetahui tentang kelebihan yang dimiliki oleh platform periklanan Google.Ini juga dapat menjadi pertimbangan bagi anda apakah beriklan di Google cocok untuk bisnis anda atau tidak.

Berikut adalah kelebihannya:

  • Meningkatkan Omset – Ketika anda beriklan di Google,maka secara perlahan anda telah memperluas jaringan tentang produk yang anda tawarkan dan meningkatkan audience.Walaupun beriklan ini belum tentu hasilnya akan sesuai 100% dengan apa yang anda inginkan.Cara agar beriklan anda berhasil adalah dengan menargetkan keyword yang sesuai dan budget yang anda miliki juga ada pengaruhnya
  • Tersedia Beragam Format Iklan – Jangan khawatir jika anda rasa banner saja tidak cukup untuk menarik perhatian pelanggan,karena Google juga menyediakan berbagai format lainnya seperti teks,visual,audio,dan video.Semuanya dapat disesuaikan dengan budget yang anda miliki
  • Meningkatkan Reputasi – Seiring berjalannya waktu dan anda menempatkan keyword yang memiliki search volume yang tinggi,maka anda telah meningkatkan reputasi website anda,terlebih lagi bagi anda yang memiliki website jualan produk
  • Mengatur Biaya Iklan – Tak perlu khawatir jika pembayaran meningkat drastis,karena Google menyediakan opsi untuk anda mengatur iklan sesuai dengan budget yang anda miliki
  • Smart Campaign – Fitur baru yang di buat oleh Google untuk dapat membantu para UKM untuk lebih memaksimalkan iklan mereka

6.Kekurangan Google Ads

kekurangan-ads

Selain memiliki beberapa kelebihan,perlu anda ketahui juga bahwa platform periklanan milik Google ini juga tentunya memiliki kekurangan.

Maka dari itu,kekurangan ini juga bisa menjadi salah satu pertimbangan anda untuk memilih platform periklanan yang tepat untuk anda gunakan.Jangan sampai anda menyesal karena hanya mengetahui kelebihannya saja,tanpa mengetahui kekurangannya.

Berikut adalah kekurangannya:

  • Label Iklan Tidak Bisa di Hilangkan – Ketika pengunjung memasukan keyword yang relevan di mesin pencarian,dan kemudian situs anda muncul di halaman pertama Google,maka label iklan/ads yang ada disamping itu tidak bisa di hilangkan.Ini berarti orang-orang akan menganggap itu adalah dari kinerja Google Ads,bukan murni hasil optimasi SEO anda sendiri
  • Pengaruh Keyword yang Tidak Tepat – Jika anda beriklan namun tidak memasukan keyword yang tepat,atau bahkan memasukan keyword yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan produk anda,maka itu tidak akan membuahkan hasil sama sekali.Akhirnya,biaya yang harus anda keluarkan akan semakin banyak namun iklan anda boncos.

Maka dari itu,sebelum anda memulai beriklan di Google,cobalah terlebih dahulu untuk melakukan riset keyword untuk memastikan bahwa target kata kunci anda sesuai dengan produk atau bisnis yang anda miliki.

Kesimpulan:

Setiap platform periklanan manapun,tentu saja masing-masing memiliki kriteria algoritma tersendiri dan sesuai dengan kebijakan program mereka.

Selain itu,anda juga harus bisa menyesuaikan,maksudnya anda itu lebih cocok beriklan dimana.Jika anda tidak berhasil beriklan di Google,anda bisa mencoba lagi untuk beriklan di Facebook dan Instagram.Jika masih tidak berhasil,anda bisa beriklan di media sosial lainnya.

Jadi,anda tidak diharuskan untuk fokus saja beriklan di Google tanpa ingin mencoba platform periklanan lainnya.

Mungkin,ini saja artikel yang dapat kami tuliskan,selanjutnya akan kami bahas lebih banyak lagi mengenai cara beriklan di internet lainnya.Jangan lupa share dan komentar dibawah ya.

Jika anda menemukan kesalahan penulisan kata atau link yang rusak,jangan ragu dan sungkan untuk segera menghubungi kami ya.

Terima kasih,

Wassalam.

Share:

editor

Seorang Pebisnis Online & Selalu Ingin Sharing Ilmu Melalui Media Internet dengan Tujuan yang Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *