Contact Information

Central Kalimantan,Indonesia

Simflitycom Pernahkah kalian mendengar istilah portofolio dalam sebuah pekerjaan,yang mana hal ini merupakan bagian terpenting ketika kita hendak melamar sebuah pekerjaan,khususnya di kantor ataupun perusahaan.

Biasanya,orang-orang kantor maupun perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan,maka akan di berikan berbagai pertanyaan,seperti pendidikan,ijazah,cv resume,pengalaman kerja,dan hal lainya.Ini adalah hal yang sudah pasti dan mungkin umum di berbagai lowongan kerja.

Pada zaman sekarang ini,orang-orang banyak yang kesulitan dalam mencari pekerjaan.Jangankan ingin masuk pekerjaan,yang di dalam saja sudah banyak yang di berhentikan atau di PHK.

Namun,pada saat ini,orang-orang bisa lebih mudah untuk mencari pekerjaan bahkan bagi orang yang tidak memiliki gelar sekalipun yang hanya lulusan SMA/SMK saja tanpa meneruskan ke jenjang perguruan tinggi.Ini karena adanya kemajuan teknologi dan informasi pada zaman sekarang ini.

Pada pembahasan kali ini,kita akan membahas mengenai portofolio dan bagaimana pentingnya di era digital sekarang ini.Mungkin hal ini dapat membantu kalian untuk mencari pekerjaan,baik untuk kalangan muda maupun tua.Mari kita simak sampai habis!

1.Pengertian & Contoh Portofolio

Mengenal Portofolio dan Pentingnya Dalam Melamar Sebuah Pekerjaan Simflitycom

Portofolio di artikan dari berbagai istilah,berikut adalah penjelasannya

  • Secara istilah Dunia Marketing,portofolio adalah serangkaian produk,karya,proyek,layanan jasa,brand,ataupun merk yang di miliki oleh seseorang dengan kemampuan atau skill masing-masing,dengan tujuan untuk menunjukan atau menjual kepada suatu perusahaan.
  • Dalam istilah Keuangan adalah suatu bagian dari investasi dan juga strategi manajemen risiko,yang di sebut diversifikasi.
  • Dalam istilah Politik adalah sebuah pilar pemerintahan serta kewajiban dari para mentri kabinet dan juga para pejabat pemimpin departemen pemerintahan.
  • Dalam istilah Pendidikan adalah sekumpulan informasi yang bersifat pribadi,yang berupa catatan dan dokumentasi atas segala pencapaian maupun prestasi yang pernah di capai oleh seorang pelajar.
  • Dalam Istilah Dunia Seni adalah suatu proyek atau hasil karya yang di tunjukan untuk mencari pekerjaan,biasanya di gunakan oleh seorang desainer,programer,marketer,dan lainya.

Dari pernyataan istilah-istilah di atas,dapat di simpulkan bahwa betapa pentingnya portfolio dari sisi manapun.Hingga kenyataanya memang sangat di butuhkan,terlebih untuk yang ingin melamar suatu pekerjaan,baik itu di kantor maupun perushaan besar.

Contoh portofolio bisa kalian lihat seperti gambar di bawah ini.

Mengenal Portofolio dan Pentingnya Dalam Melamar Sebuah Pekerjaan Simflitycom Mengenal Portofolio dan Pentingnya Dalam Melamar Sebuah Pekerjaan Simflitycom

Pada gambar tersebut,untuk yang pertama itu adalah portofolio,di mana karya-karya atau skill yang kita miliki hasilnya bisa di pajang di sebuah situs ataupun instagram,yang mana nantinya orang-orang akan tahu,bahwa kita memiliki skill tersebut.Nantinya bakal ada saja orang tertarik untuk merekrut orang yang memiliki karya tersebut.

Pada gambar kedua,itu merupakan cv resume atau surat dokumen dan juga bisa untuk melamar kerja.Di situ nantinya kalian akan menuliskan secara rinci apapun bakat yang kalian miliki,pengalaman kerja,pendidikan,dan lain-lain.

Baca juga: Mengenal Fiverr,Situs Freelance Terbesar di Dunia yang Wajib Kalian Ketahui

2.Cara Membuat Portofolio

Mengenal Portofolio dan Pentingnya Dalam Melamar Sebuah Pekerjaan Simflitycom

Setelah kalian mengetahui tentang portofolio,maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara membuatnya.

Sedikit penjelasan,dalam gambar tersebut sebenarnya memiliki 2 definisi yang berbeda.Dalam gambar sebelah kiri adalah Cv Resume dan sebelah kanan adalah Portfolio.

Dalam pengertian,keduanya memiliki perbedaan,Cv adalah suatu informasi diri yang lengkap dan detail,akan tetapi di buat sesimpel mungkin.Sedangkan portofolio harus di buat selengkap mungkin dan berisikan karya-karya yang akan menunjukan skill kalian.

Baik,sekarang mari kita bahas bagaimana cara membuat Portofolio

1.Membuat Daftar Isi

Agar portfolio kalian terlihat bagus,sebaiknya kalian buat daftar isi terlebih dahulu.Agar nantinya akan mudah di baca dan enak di pandang oleh pembaca

2.Melampirkan Data Diri

Pada langkah ini,kalian mungkin dapat mengisi data diri atau profil kalian.Hal ini cukup penting agar orang dapat lebih mengenali kalian.

3.Menjelaskan Tujuan Utama

Maksud dari tujuan ini adalah,ketika kalian melampirkan cv yang kalian miliki,kalian harus memiliki tujuan ataupun target dari keterampilan skill kalian tersebut.Ini juga akan berpengaruh terhadap orang yang membaca,agar lebih percaya dan jelas akan tujuan tersebut.

4.Skill atau Keterampilan

Melampirkan dan menjelaskan secara detail skill ataupun keterampilan yang kalian miliki,akan membuat orang yang membaca merasa lengkap dengan penjelasan yang kalian tulis.Dengan begitu,kalian juga akan mendapatkan banyak respon dari pembaca.

5.Menunjukan Hasil Karya

Agar adanya bukti yang kuat dan tidak hanya omong kosong saja,kalian juga perlu menunjukan hasil karya atau bakat yang kalian miliki.Ini akan sangat membantu kalian untuk mendapatkan lebih banyak respon dari para pembaca yang melihat karya yang kalian miliki.

6.Melampirkan Pendapat

Dengan melampirkan atau menunjukan pendapat dan testimoni dari orang orang yang pernah bekerja sama dengan kalian,itu akan meningkatkan kredibilitas dan kuantitas kalian dalam membuat portofolio.

3.Portofolio Untuk Melamar Pekerjaan

Pada saat ini,melamar pekerjaan bisa terbilang sulit dan mudah.Akan sulit bagi orang yang tidak memiliki ijazah ataupun pendidikan di jenjang perguruan tinggi yang memiliki gelar dan akan mudah bagi orang yang sudah bergelar serta memiliki ijazah,apalagi jika memiliki orang dalam.

Perusahaan-perusahaan maupun kantor biasanya akan menanyakan pendidikan serta gelar yang kamu miliki.Tentunya ini akan menjadi suatu permasalahan untuk orang-orang yang tidak memiliki gelar dan juga ijazah di perguruan tinggi,sehingga mereka menjadi pengangguran.

Namun,kalian harus tahu bahwa tidak semua perusahaan dan perkantoran cuma melihat dari gelar dan pendidikan terakhir kalian.Disini,kalian harus mengenal yang namanya Portofolio dan bagaimana peran pentingnya untuk melamar sebuah pekerjaan.

Kesimpulan:

Gimana sobat,udah pada paham belum gimana peran penting sebuah portofolio.Misalkan,walau kita bukan orang yang mempunyai gelar ataupun tidak memiliki ijazah perguruan tinggi,namun kita juga berhak untuk mendapatkan pekerjaan.

Tapi,yang punya gelar ataupun ijazah perguruan tinggi itu lebih bagus dan mungkin lebih tinggi kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah.Semua tergantung usaha kita masing-masing dalam memilih jalan yang sesuai dengan keinginan dan kenyamanan kita.Jangan hanya ikut-ikutan orang banyak ataupun gengsi.

Cukup sekian,jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat dan komen di bawah.Jika ada kesalahan mohon di maafkan maupun dalam penulisan.

Share:

Seorang Internet Marketer & Freelancer Motion Designer yang Ingin Berbagi Ilmu Pengetahuan dan Pengalaman Sambil Belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *