Contact Information

Central Kalimantan,Indonesia

Simflitycom – Setelah kalian mengenal apa itu domain,hosting,dan SSL,maka kalian juga harus tahu apa saja fungsi dan kegunaannya yang akan membantu kalian dalam memilih nantinya.

Ketika pertama kali orang-orang ingin membuat suatu website,tentu mereka harus pandai memilih suatu nama brand untuk website mereka,ya itu memang suatu kewajiban agar website kita gampang di ingat oleh orang lain dan tentunya juga memiliki makna tersendiri.Jadi,kita tidak bisa membuat suatu nama alamat website yang sembarangan.

Ada sebagian orang ketika pertama kali mengenal dunia website dan masih awam tentang hal-hal yang terkait,mereka sering kali bertanya apakah boleh memilih nama website yang sembarang,karena nama yang mereka inginkan sudah tidak tersedia?Jika kalian menemukan pertanyaan seperti itu,kalian cukup jawab,kamu bikin website serius apa cuma abal-abalan saja.

Jadi,jika kalian membuat website yang abal-abalan ya kalian tidak akan mendapatkan apa-apa,namun ketika kalian benar-benar dan serius niat dalam membuat bahkan membangun sebuah website,maka pasti kalian harus memikirkan terlebih dahulu apa alamat website yang tepat agar dapat mudah diingat oleh pengguna dan dikunjungi oleh pembaca yang mengunjungi website kalian.

Oleh karena itu,disini kita akan membahas tentang alamat website atau yang biasa disebut oleh orang-orang adalah Domain.Sebelumnya kita telah membahas pengertiannya,jadi disini tidak akan kita bahas lagi,namun kita akan membahas jenis-jenis dan apa saja fungsinya,karena ada banyak sekali jenis nama-nama alamat website ini,dan mungkin beberapa dari kalian ada yang belum mengetahuinya.

Berdasarkan data yang ada,pada umumnya nama alamat website ini terbagi menjadi 2,apa saja itu,akan kita bahas pada materi dibawah ini.

1.Generic top-level domains(gTLDs)

Istilah ini atau yang biasa disingkat dengan gTLDs merupakan salah satu kategori dari Top Level Domains(TLD),contohnya adalah seperti .com, .info, .net, .org, dan masih banyak lagi. Alamat website yang terdaftar sebagai kategori TLD,yaitu merupakan level terakhir dari setiap nama alamat website tersebut yang sudah memenuhi syarat dan biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar,selain itu lebih populer di dunia website.

Saat ini,kebanyakan website menggunakan alamat website dengan akhiran domain tersebut,karena juga alamat website yang termasuk dalam kategori TLD,lebih banyak dipercaya oleh orang-orang dan lebih ke arah umum.

Karena ada banyak jenisnya,maka kita akan membahas apa saja jenis nama domains yang termasuk dalam kategori ini serta apa saja fungsi-fungsinya.

  • .com,sering digunakan untuk keperluan komersial dan umum digunakan.
  • .net,sering digunakan untuk keperluan internet.
  • .org,sering digunakan untuk keperluan organisai.
  • .info,sering digunakan untuk keperluan informasi.
  • .biz,sering digunakan untuk keperluan bisnis.
  • .name,sering digunakan untuk keperluan website pribadi.
  • .tv,sering kali digunakan untuk keperluan televisi dan sejenisnya.
  • .pro,sering kali digunakan untuk keperluan profesionnal.
  • .edu,sering kali digunakan untuk keperluan pendidikan.
  • .gov,digunakan untuk keperluan kepemerintahan AS
  • .mil,digunakan untuk keperluan militer AS.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Hosting,Domain,dan SSL Serta Perbedaannya

2.Country code top-level domains

Meskipun ini sama dengan sebelumnya,yaitu termasuk dalam kategori TLD,akan tetapi antara dua jenis ini memiliki perbedaan.Country code top-level domain(ccTLD) merupakan sebuah alamat website tingkat teratas yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan dan biasanya digunakan dalam satu negara saja,dengan nama yang disediakan oleh negara itu sendiri.

Orang-orang yang sering menggunakan domain ini adalah orang-orang yang hanya ingin website mereka memiliki brand asal negara itu sendiri dan tidak ingin tersebar luas keseluruh dunia,yang artinya jika mereka hanya ingin website mereka dikenal dan diakses oleh pengunjung dari negara tersebut saja.Ada banyak sekali jenis alamat website ini,tentunya setiap negara berbeda-beda,akan tetapi disini kita hanya akan membahas versi Indonesia saja.

  • .co.id,digunakan untuk keperluan organisasi komersial dan umum digunakan.
  • .net.id,digunakan untuk organisasi pemegang izin penyelanggara jasa telekomunikasi.
  • .or.id,digunakan untuk organisasi Yayasan resmi.
  • .ac.id,digunakan untuk keperluan Universitas atau Perguruan Tinggi.
  • .go.id,digunakan untuk keperluan kepemerintahan.
  • .web.id,digunakan untuk badan usaha perseorangan ataupun organisasi.
  • .sch.id,digunakan untuk keperluan sekolah .
  • .mil.id,digunakan untuk keperuan militer .
  • .war.net.id,digunakan untuk keperluan warung internet.

Kesimpulan:

Pada dasarnya,setiap nama domain tersebut memiliki fungsi masing-masing yang bermanfaat untuk orang-orang dan pengunjung agar lebih mudah dikenali brand mereka.Harapan kami,artikel ini dapat membantu kalian yang sedang kebingungan dan sedang mencari nama yang tepat untuk brand website yang akan kalian kelola.

Mungkin,sampai sini saja pembahasan kita kali ini,selanjutnya akan kita bahas step by step bagaimana belajar wordpress dan membangun sebuah blog yang bagus dan benar.

Terima kasih

Wassalam.

Share:

Seorang Internet Marketer dan Publisher yang Ingin Belajar Sambil Mengajar Melalui Rangkaian Tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *