Contact Information

Central Kalimantan,Indonesia

Simflitycom – Sekarang ini,memiliki sebuah website bukanlah hal yang sulit lagi,bahkan untuk orang yang gaptek sekalipun.Apalagi sekarang sudah tersedia platform cms WordPress yang sangat memudahkan orang-orang untuk membuat website sendiri.

Selain itu,kita juga tahu bahwa saat ini hampir semua kebutuhan orang-orang dapat dilakukan dengan sistem online.Bahkan,saking enaknya orang-orang bisa memesan makanan hanya dari rumah saja melalui aplikasi GoFood.Oleh karena itu,kebutuhan website juga semakin meningkat sesuai dengan banyak kebutuhan,seperti toko online,situs blog,portal berita,dan banyak lagi.

Saat ini,hampir semua orang bisa membuat website bahkan tanpa perlu keahlian coding sekalipun,yaitu menggunakan platform cms WordPress,yang mana platform ini merupakan cms paling populer didunia.Namun,sayangnya mereka terkadang belajar secara otodidak dan tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah mereka menginstall cms ini.

Pada artikel ini,kita akan membahas tentang panduan lengkap langkah apa saja sih yang harus dilakukan setelah menginstall cms ini.

Berikut adalah 25+ langkah penting yang wajib dilakukan setelah install WordPress

Menentukan Isi Website

Hal pertama yang harus kita lakukan dalam membuat website adalah menentukan isi atau tentang apa website kita nantinya.Tujuannya adalah untuk mempermudah kita nantinya ketika membangun sebuah website agar tidak terlalu ribet untuk mengatur ini itu.

Buatlah tujuan yang detail dan lengkap,untuk apa kalian membuat website.Misalkan tujuan kalian adalah untuk berbagi ilmu yang dimiliki,maka buatlah website blog.Akan tetapi,jika kalian ingin website kalian untuk tujuan berjualan,maka jadikan website kalian sebagai toko online atau situs e-commerce.Dengan begitu,kalian dapat dengan mudah membuat website karena sudah memiliki tujuan yang pasti.

Melengkapi Informasi Website

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah melengkapi tentang informasi-informasi website,yang mana hal ini akan mewakili dari seluruh isi website yang kita buat.

Dalam hal ini,yang harus kita perhatikan adalah mengisi nama yang akan tampil ditampilan awal dan bisa dikatakan slogan dari website kita.Istilah ini sering disebut sebagai Site Title dan Tagline.Langkah ini cukup penting untuk kita lakukan,karena dengan adanya judul situs dan slogan nya,orang-orang akan mudah mengenali tentang apa sih yang dibahas diwebsite ini.

Nah,terus bagaimana sih cara membuatnya?Berikut tutorialnya:

  • Buka Dashboard WordPress > Settings > General
Langkah-Penting-Setelah-Install-WordPress-Melengkapi-Informasi

Jika sudah terbuka,kalian bisa isikan Judul Situs dan Slogan website kalian sesuai dengan apa yang ada di website kalian.

Memilih Tema WordPress

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Salah satu kunci yang membuat pengunjung itu betah ketika berada diwebsite kita adalah tampilan yang memiliki visual yang menarik,nyaman dipandang,navigasi yang jelas,dan sudah mobile friendly.

Namun sayangnya,banyak sekali para website owner yang tidak begitu memperhatikan tentang hal ini.Padahal,tema merupakan hal yang akan tampil diseluruh halaman website dan sangatlah penting untuk menarik perhatian yang baik dimata para pengunjung.Dengan begitu,pengunjung akan merasa nyaman dan betah ketika membaca dan mencari informasi yang menurut mereka memang menarik untuk dibaca.

Akan tetapi,untuk mendapatkan tema yang bagus dan menarik,kita memang harus mengeluarkan sedikit biaya yang bisa dibilang cukup menguras kantong bagi yang budgetnya pas-pasan.Tapi,biasanya para Web Designer menyesuaikan harga dengan fitur yang mereka buat.Dengan begitu,jika mereka menaruh harga yang mahal,ya wajar saja karena fitur yang mereka tawarkan juga sangatlah beragam.

Ada banyak sekali jenis tema WordPress yang dapat kalian gunakan dan tersedia untuk segala kebutuhan.Nah,jika kalian bingung dimana tempat untuk membeli tema website,kalian bisa membaca artikel saya sebelumnya,silahkan klik link dibawah ini.

Baca juga: 20 Situs Marketplace Terbaik Untuk Membeli Tema WordPress Premium

Pilih WWW atau Non WWW

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Kebanyakan orang awam yang baru memulai membuat website,banyak yang kurang mengerti apa itu perbedaan antara domain yang menggunakan WWW dan Non WWW,sehingga mereka terkadang menganggap hal ini tidak terlalu penting.

Seperti yang kita lihat,bahwa website-website besar seperti Google,Facebook,Amazon,dan lain-lain,itu mereka semua menggunakan WWW.Terus,jika kita membuat website yang kecil atau standar saja,apakah kita juga harus menggunakan WWW juga mengikuti website-website besar?

Jika membahas tentang perbedaan,sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu banyak sih antara website yang menggunakan WWW atau Non WWW.Namun,ada beberapa kelebihan jika kalian menggunakan website dengan WWW atau Non WWW.

Secara ringkasnya saja,jika kalian ada rencana website yang kalian miliki akan menjadi besar,maka gunakan saja WWW,karena akan lebih baik untuk diakses secara global dan biasanya menggunakan CDN,yang biasanya juga memiliki traffic sangat tinggi.

Namun sebaliknya,jika kalian tidak ada rencana untuk membuat website kalian untuk menjadi besar,ya silahkan gunakan saja website versi Non WWW.

Cara mengubahnya cukup mudah,ketika kalian sudah membeli domain dan sudah menginstall WordPress,silahkan tambahkan saja WWW di pengaturannya.

  • Buka Dashboard WordPress > Settings > General
Langkah-Penting-Setelah-Install-WordPress-Contoh-Website-WWW-dan-NON-WWW

Pada pertama kali membeli domain dan membuka dashboard WordPress,maka biasanya URLnya masih Non WWW.Kalian hanya cukup menambahkan WWW dibelakang domain seperti digambar,kemudian jangan lupa disave.

Install Plugin Security

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Langkah ini cukup penting untuk kalian lakukan,karena keamanan merupakan hal yang sangat buruk jika kita biarkan saja atau tidak melakukan tindakan apapun untuk mencegah adanya orang-orang yang berniat jahat terhadap website kita.

Dalam kasus ini,kita jangan berpendapat bahwa website-website yang baru dibuat itu tidak akan berpotensi diretas oleh para hacker,mereka biasanya melakukan hack secara random dan tidak peduli apakah website tersebut masih baru atau sudah lama,mereka akan berusaha mencoba-coba menbobol website kalian.

Oleh karena itu,setidaknya kita sebagai website owner,ada melakukan pencegahan jika terjadi penyerangan terhadap website kita.Di WordPress,kita tidak perlu ribet-ribet untuk melakukan pencegahan jika ada orang yang mencoba membobol website kita.Kita hanya perlu menginstall plugin dan melakukan sedikit settings sesuai dengan yang kita inginkan.

Adapun plugin Security yang cukup populer adalah sebagai berikut:

  • Wordfence
  • iThemes Security
  • JetPack
  • All In One WP Security
  • SecuPress
  • Defender
  • Shield Security
  • Google Authenticator

Nah,dari semua plugin security yang ada,kalian bebas memilih plugin mana yang kalian inginkan sesuai kebutuhan,tentunya semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Namun,disini saya sangat menyarankan untuk menggunakan plugin Wordfence saja,karena plugin tersebut merupakan yang paling populer dan paling banyak digunakan.

Install Plugin Caching

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Kecepatan loading suatu website,sangat mempengaruhi ranking website kalian di mesin pencarian dan sangat berpengaruh terhadap bounce rate ketika ada orang yang mengunjungi website kita.

Pada dasarnya,website yang loadingnya diatas lebih dari 3 detik,akan beresiko ditinggalkan oleh pengunjung karena mereka sangat tidak suka menunggu terlalu lama ketika ingin mencari informasi lainnya yang ada diwebsite kita,sehingga terjadilah bounce rate yang mana ketika mereka masuk ke website kita,kemudian langsung keluar seketika,sehingga terjadilah pantulan.

Oleh karena itu,kita sangat memerlukan plugin caching agar dapat sedikit membantu untuk mengoptimasi halaman agar dapat dimuat dengan cepat.Untungnya,saat ini sudah ada tersedia beberapa plugin caching yang dapat kita gunakan,dan itu semua ada yang berbayar dan ada juga yang versi gratisnya.

Berikut adalah beberapa plugin caching populer yang dapat kita gunakan:

  • LiteSpeed Cache
  • WP Rocket
  • WP Super Cache
  • W3 Total Cache
  • WP Fastest Cache
  • Cache Enabler
  • WP Optimize

Dengan banyaknya plugin caching,kalian bebas memilih plugin mana yang kalian inginkan dan karena ada versi berbayar juga dapat disesuaikan dengan budget yang ada ya.

Namun,disini saya sangat menyarankan kalian untuk menggunakan plugin caching yang pertama saja,yaitu LiteSpeed Cache.Karena selain gratis,plugin ini juga memiliki segudang fitur yang bisa dikatakan lebih unggul dari plugin caching lainnya dan telah memiliki lebih dari satu juta instalasi untuk saat ini.

Install Plugin Backup

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Backup merupakan salah satu hal yang cukup penting yang harus selalu kita perhatikan juga.Karena,dengan adanya file yang di Backup,maka ketika ada terjadi kesalahan eror pada saat mengupdate tema,plugin,atau versi WordPress sendiri,kita dapat dengan mudah memulihkan semuanya dengan adanya file backup tersebut.

Selain itu,jika website kita pernah dibobol oleh orang-orang yang iseng ataupun hacker dan mereka pasti telah mengacak-acak isi yang ada diwebsite kita.Nah,jika kita selalu ruting membackup file,entah itu seminggu sekali atau sehari sekali,maka kita dapat dengan mudah mengembalikan website kita seperti semula dengan file yang pernah dibackup tersebut.

Oleh karena itu,kita sangat memerlukan plugin Backup ini untuk memudahkan kita jika ada terjadi eror pada saat ada yang ingin diupdate.Di cms WordPress ini sudah tersedia cukup banyak plugin Backup yang dapat kita gunakan untuk membantu kita.

Berikut adalah beberapa plugin Backup terbaik yang dapat kita gunakan:

  • Updraft Plus
  • VaultPress (Jetpack Backup)
  • BackupBuddy
  • Duplicator
  • BoldGrid Backup
  • BlogVault
  • BackWPup

Dari banyaknya plugin Backup tersebut,saya sangat menyarankan kalian untuk menggunakan plugin Updraft Plus,mengapa?Karena selain gratis,banyak fitur-fitur menarik yang sudah include diplugin tersebut,dan jika kalian ingin mendapatkan fitur yang lebih banyak,mereka juga menyediakan versi berbayar plugin tersebut.

Install Plugin SEO (Search Engine Optimization)

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Salah satu cara untuk memaksimalkan website kita agar dapat bersaing di mesin pencarian adalah dengan mengoptimasi SEO.

SEO merupakan hal yang paling penting dalam sebuah website,bahkan ketika pertama kali membuat website,kita sudah harus memiliki setidaknya ada sedikit pengetahuan tentang SEO agar website kita dapat muncul dan bersaing untuk meraih peringkat pertama dimesin pencarian,contoh yang paling banyak adalah mesin pencarian seperti Google.

Dengan teknik SEO yang baik dan benar,website kita nantinya ketika live sudah bisa diakses banyak orang,maka website kita akan mudah muncul dimesin pencarian ketika ada orang yang ingin mencari sesuatu,entah itu informasi ataupun lainnya.

Di WordPress sendiri,kita juga tidak terlalu ribet bagaimana caranya mengatur SEO ini,karena ada beberapa plugin SEO yang dapat kita gunakan.Kemudian,setelah kita menginstall plugin tersebut,kita juga tidak terlalu ribet bagaimana cara konfigurasi atau melakukan setting terhadap plugin tersebut,karena mereka juga biasanya menyediakan panduan yang lengkap.

Berikut adalah rekomendasi plugin SEO WordPress terbaik:

  • RankMath
  • Yoast SEO
  • All In One SEO Pack
  • The SEO Framework

Sebenarnya,masih ada banyak lagi plugin SEO yang dapat kalian pilih.Namun,pada kali ini saya hanya ingin memberikan kalian rekomendasi untuk menggunakan plugin SEO RankMath saja.Mengapa?Karena,plugin ini gratis alias free,dan fitur plugin ini sudah bisa dibilang lengkap dan hampir sama dengan plugin Yoast SEO versi Premium.

Baca juga: Apa Itu SEO & Pentingnya Dalam Sebuah Website

Install Plugin Kompres Gambar

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Sebelumnya kita sudah membahas sekilas tentang plugin SEO,dan kali ini kita akan membahas tentang plugin kompres gambar yang mana hal ini juga akan ada pengaruhnya terhadap SEO website kalian dimesin pencarian.

Mengompress gambar merupakan hal yang paling penting di website dan cukup berpengaruh terhadap SEO.Mengapa?Karena jika kita tidak melakukan optimasi gambar ketika menguploadnya di WordPress,maka file tersebut akan terlalu besar dan akan memakan banyak resource dari hosting kita,sehingga ketika website kita diakses loadingnya akan terasa lama sekali.

Nah,hal seperti itu tidak akan disukai pengunjung,selain itu mesin pencarian juga akan menganggap website kita ini lemot sehingga susah untuk mencapai ranking teratas.Oleh karena itu,mengoptimasi gambar dengan cara kompress sangatlah penting untuk kita lakukan,agar website kita tetap dapat diakses dengan cepat dan tidak terlalu banyak memakan resource hosting.

Berikut adalah plugin kompres gambar terbaik di WordPress:

  • WP Smush
  • WP Optimize
  • ShortPixel
  • Imagify
  • Compress (TinyPNG)

Dari beberapa plugin kompres gambar tersebut,yang paling banyak digunakan oleh orang-orang adalah WP Smush,yang mana mereka telah memiliki lebih dari 1 juta pengguna didunia.Selain itu,cara settingnya pun tidak terlalu rumit,kalian hanya perlu menginstall dan mengaktifkan plugin tersebut.

Install Plugin Anti Spam

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Spam,merupakan hal yang tidak bagus dan berpotensi akan memperburuk kualitas SEO website kita dimesin pencarian.Biasanya,ada saja orang-orang yang iseng ingin memperburuk kualitas suatu website dengan cara ini,sehingga website mereka bisa unggul dibandingkan dengan kompetitornya.

Sebagai seorang website owner,kita sebisa mungkin mencegah spam komentar di website kita.Nah,inilah untungnya jika kita menggunakan WordPress,kita tidak perlu ribet-ribet untuk mengaturnya,cukup install plugin anti spam kemudian melakukan setting dan kita bisa terhindar dari spam komentar tersebut.

Berikut adalah rekomendasi plugin anti spam terbaik:

  • Akismet
  • Antispam Bee
  • Spam Protection
  • Protect From Spam (WPDeveloper)

Dalam hal ini,saya lebih merekomendasikan kalian untuk menggunakan akismet saja dan biasanya,ketika pertama kali menginstall WordPress,plugin ini sudah otomatis terinstall dan tinggal kita aktifkan saja.Selain itu,plugin ini sudah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna didunia.

Mengubah URL Login

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

URL login ini sangatlah penting untuk kita perhatikan untuk mengurangi adanya percobaan login dari orang-orang yang ingin berniat meretas website kita.

Mengubah URL login ini merupakan salah satu bagian dari security dan salah satu teknik untuk mengamankan website kita dari serangan hacker.Karena,secara default ketika kita menginstall WordPress,itu pasti URL loginnya akan sama semua jika tidak kita rubah.

Berikut contohnya:

  • https://domainanda.com/wp-admin/
  • https://domainanda.com/wp-login.php/

Nah,secara default ketika pertama kali melakukan instalasi,maka kita akan mendapatkan URL login seperti contoh tersebut.Jika kita tidak melakukan perubahan,maka akan beresiko untuk diretas oleh orang-orang yang berniat jahat atau sekedar iseng saja.

Untuk mengubah URL tersebut di WordPress sangatlah mudah,kita hanya perlu menginstall sebuah plugin untuk dapat mengubah URL login tersebut.Untuk plugin yang akan kita gunakan namanya adalah WPS Hide Login.

Berikut adalah panduan instalasinya:

  • Buka Dashboard WordPress > Plugins > Add New > WPS Hide Login
Langkah-Penting-Setelah-Install-WordPress-Install-Plugin-WPS-Hide-Login

Setelah itu,kalian aktifkan plugin tersebut dan melakukan setting URL.Untuk ini,kalian bebas untuk membuat URL apa yang kalian inginkan.Berikut adalah cara konfigurasinya.

  • Buka Dashboard WordPress > Settings > WPS Hide Login
25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Setelah itu,kalian scroll kebawah dan menemukan URL link yang dapat diubah seperti gambar dibawah ini.

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Silahkan kalian ubah URL login tersebut ke kalimat apa yang kalian inginkan.Setelah itu,baru kalian klik save dan otomatis sekarang kalian login menggunakan URL yang telah kalian buat tersebut.Namun perlu diingat,jika kalian ingin mengubah dengan nama yang sangat susah diingat,usahakan untuk menulisnya di notepad dan bookmark ditampilan browser kalian.

Kemudian untuk redirection URL itu tidak usah kalian ganti,karena nanti jika ada yang mengakses URL selain yang kalian buat tersebut,maka akan diahlikan ke halaman 404.

Tambahkan Contact Form

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Dalam dunia website,itu sangat penting bagi kita para website owner untuk membuat halaman khusus untuk menghubungi kita jika mereka ada kendala atau melihat suatu kejanggalan pada website kita,karena kita juga perlu penilaian dari para pengguna.

Pentingnya sebuah halaman contact form dalam sebuah website dapat meningkatkan kredibilitas dan branding terhadap website kita.Karena,dengan adanya halaman contact form ini,pengunjung dapat dengan mudah menghubungi orang yang memiliki website tersebut.

Di WordPress juga telah tersedia banyak plugin contact form yang dapat kita gunakan untuk membuat halaman tersebut.Bahkan,sekarang ini ada plugin contact yang dibuat hanya dengan drag & drop saja tanpa ada pengaturan code sedikitpun.

Berikut adalah rekomendasi plugin Concact Form terbaik:

  • Contact Form 7
  • WPForms
  • Forminator
  • Ninja Forms

Dari beberapa plugin contact form tersebut,saya merekomedasikan kalian untuk menggunakan plugin Contact Form 7 atau WPForms.Terus apa perbedaannya?

Berikut sedikit perbedaanya:

  • Contact Form 7 ini cukup populer dan yang paling banyak di Install,yaitu lebih dari 5 juta pengguna didunia.Namun,untuk pengaturannya ada diperlukan sedikit code,tapi tidak terlalu ribet.
  • WPForms,sangat cocok bagi kalian yang ingin simple membuat halaman contact form hanya dengan Drag & Drop saja.Selain itu,plugin ini juga sudah mendapat lebih dari 4 juta instalasi.

Buat Halaman About Us

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Sebuah website,tidak bisa dikatakan lengkap jika tidak memiliki halaman ini.Halaman about us atau tentang kami ini sangat penting untuk memberitahu pengguna atau pengunjung tentang apa yang dibahas di website kita tersebut.

Pada langkah awal-awal diatas,kita telah membuat Site Title dan Tagline.Akan tetapi,itu saja tidak cukup untuk menggambarkan informasi tentang apa saja yang kita lakukan diwebsite kita.Oleh karena itu,kita juga sangat perlu membuat halaman about us ini agar dapat lebih memberitahu kepada para pengunjung tentang apa website kita tersebut.

Untuk cara membuat halaman about us sangatlah mudah,berikut caranya:

  • Dashboard > Pages > Add New
Langkah-Penting-Setelah-Install-WordPress-Cara-Membuat-Halaman-About-Us

Pada halaman ini,kita tidak diwajibkan untuk menamai about us,ini bisa disesuaikan dengan kehendak kalian masing-masing.Jika ingin menggunakan bahasa Indonesia,kalian dapat menggunakan kalimat Tentang Kami,atau jika website kalian personal,bisa menamai dengan About Me.

Melengkapi Profil

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Profil juga sangat penting agar pengguna atau pengunjung dapat dengan mudah mengatahui siapa publisher disuatu website yang mereka kunjungi.

Selain itu,profil juga dapat membantu si website owner untuk meningkatkan kredibiltas mereka dengan sedikit mengenalkan siapa kita sebenarnya,apa pekerjaan kita,link media sosial kita,sehingga kita dapat memperoleh banyak sekali manfaat dari melengkapi profil ini.

Berikut adalah cara melengkapi profil website kita di WordPress:

  • Dashboard > Users > Edit
Langkah-Penting-Setelah-Install-WordPress-Setting-Profil

Mengupload Gravatar

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Nah,hampir sama dengan profil sebelumnya,Gravatar juga berfungsi untuk memperkenalkan diri kita dalam bentuk gambar wajah kita ataupun bisa juga logo brand kita.Gravatar ini adalah sebuah platform hosting gratis di WordPress.com yang dapat kita gunakan untuk menggunakan foto profil yang sama di semua jenis website.

Dengan Gravatar ini,kita bisa menunjukan identitas foto kita kepada publik,bahwa kita adalah seorang pemilik atau publisher disuatu website tersebut.Dengan begitu,kita bisa dikenal oleh orang-orang secara perlahan dan akan meluas di berbagai media sosial.

Namun,cara mengupload di Gravatar ini agak sedikit ribet dan tidak terlalu saya sarankan.Oleh karena itu,disini kita menggunakan cara alternatifnya,yaitu menggunakan plugin.Ya,tetapi kekurangannya sih memakan sedikit resource hosting kita,tapi tenang aja ukurang pluginnya gak terlalu besar banget kok.Nama pluginnya adalah User Profile Picture.

Berikut adalah cara memasang gravatar di WordPress dengan plugin:

  • Buka Dashboard WordPress > Plugins > Add New > Search > User Profile Picture
Langkah-Penting-Setelah-Install-WordPress-Install-Plugin-User-Profile-Picutre

Silahkan kalian install terlebih dahulu plugin tersebut,kemudian kalian aktifkan plugin tersebut.Jika sudah,silahkan kalian ikuti panduan berikut.

  • Buka Dashboard WordPress > Users > Profile
Langkah-Penting-Setelah-Install-WordPress-Cara-Setting-Plugin-User-Profile-Picture

Silahkan kalian klik edit pada tanda yang saya tandai merah tersebut,kemudian pilih gambar atau foto yang kalian inginkan.

Mengupload Favicon

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Suatu identitas branding sangatlah penting untuk meningkatkan user experience ketika mereka mengunjungi website kita.

Salah satu cara untuk lebih meningkatkan visual branding kita adalah dengan membuat favicon kemudian menguploadnya diwebsite kita.Nah,bagi kalian yang belum tahu apa itu favicon,kalian bisa lihat di tab browser kalian ada logo kecil yang merupakan brand dari website saya ini.

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Logo lingkaran tersebut yang berada di tab browser dinamakan favicon.Terus,bagaimana sih cara membuat favicon ini?Tenang,kalian tinggal ikuti panduan berikut ini.

Pertama,kalian buat terlebih dahulu faviconnya dengan aplikasi desain,misalkan photoshop,dengan ukuran 512×512 Pixels,kemudian save dengan format PNG.

  • Dashboard > Appearance > Customize
25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Setelah itu,kalian akan diarahkan kehalaman seperti dibawah ini.

Customize-Favicon

Setelah itu silahkan kalian klik bagian Site Identity,dan kalian akan menemukan pilihan Select Site Icon dipaling pojok bawah.

Mengubah Permalink

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Mengatur permalink sangatlah penting dalam sebuah website dan untuk optimasi SEO dimesin pencarian nantinya.

Secara default,ketika pertama kali menginstall WordPress,maka website kita akan mendapatkan permalink seperti ini:

  • https://domainanda.com/2020/01/02/postingan-anda

Menurut sebagian orang,permalink seperti ini kurang bagus untuk SEO dan juga mesin pencarian seperti Google kurang menyukai hal ini,karena mesin pencarian lebih suka permalink yang langsung to the point dan mengandung keyword yang sesuai dengan target incaran.Contohnya adalah sebagai berikut:

  • https://domainanda.com/postingan-anda

Oleh karena itu,kita sebagai seorang website owner harus melakukan tindakan atas hal ini dengan cara mengubah setting permalink yang singkat,namun langsung menuju keyword yang ingin di incar pada sebuah postingan diwebsite.

Cara mengubah permalink di WordPress sangatlah mudah,berikut caranya:

  • Dashboard > Settings > Permalinks

Setelah itu,secara default kita akan melihat settingan permalinksnya “Plain“.Kemudian selanjutnya silahkan kalian ubah pengaturannya ke “Post Name

Langkah-Penting-Setelah-Install-WordPress-Setting-Permalink

Mengatur Homepage

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Mengatur hompage sangatlah penting untuk menampilkan halaman utama diwebsite kita agar pengunjug paham isi tentang website yang kita buat.Pada umumnya,ada 2 jenis homepage yang harus kita ketahui,yang pertama adalah static page dan latest post.

Static page atau halaman statis biasanya menampilkan halaman tertentu yang sudah dipilih oleh owner dari website tersebut dan sifatnya tidak membutuhkan update yang terlalu sering,seperti halaman about us,contact us,dan lebih sering digunakan oleh website toko online,website perusahaan,atau untuk kebutuhan landing page.

Sedangkan latest post ini merupakan sebuah homepage yang sifatnya selalu berubah-rubah atau selalu diupdate dengan isi konten yang terbaru.Biasanya,ketika ada konten terbaru akan tampil dihalaman atas homepage.Jenis halaman seperti ini biasanya lebih sering digunakan oleh situs blog,yang mana mereka selalu mengupdate konten-konten terbaru.

Berkut adalah cara mengubah jenis homepage di WordPress:

  • Dashboard > Settings > Reading

Generate Password

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Password ini sangat erat hubungannya dengan keamanan dan sangatlah penting untuk kita perhatikan,setidaknya langkah ini dapat meminimalisir terjadinya pembobolan diwebsite kita.

Seringkali ketika orang-orang pertama kali menginstall WordPress,mereka mengabaikan langkah ini karena dianggap kurang penting dan menurut mereka password yang mereka buat sudah sangat sulit untuk ditebak.

Ya mungkin,bisa saja password yang mereka buat tersebut sangat susah untuk ditebak,akan tetapi kita lebih baik menggunakan password yang disarankan oleh WordPress sendiri dengan cara Generate Password,yang biasanya mereka menggabungkan huruf,angka,dan simbol.Dengan begitu,password kita akan terlihat lebih kuat,aman,dan susah untuk ditebak.

Berikut adalah cara melakukan Generate Password di WordPress:

  • Dashboard > Users > Profile

Setelah terbuka,silahkan kalian scrol kebawah dan akan menemukan tombol generate password,kemudian jangan lupa untuk menyimpan password tersebut untuk jaga-jaga,kemudian kalian klik save dan sekarang password kalian sudah terganti.

Mengubah Email

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Email sangatlah penting untuk memberitahukan informasi-informasi jika ada masalah yang terjadi pada website kita.

Secara default,biasanya email yang tertera diwebsite kita ketika pertama kali menginstall WordPress adalah email yang kita daftarkan diprovider hosting tempat kita membeli.Oleh karena itu,jika kalian ingin email pemberitahuan tentang website kalian berbeda,maka kalian wajib untuk melakukan langkah ini.Selain itu,menggunakan email baru sangat disarankan agar kita dapat dengan mudah mengetahui pesan terbaru.

Berikut adalah cara mengubah alamat email di WordPress:

  • Dashboard > Users > Profile

Setelah itu,silahkan kalian scrol kebawah dan disana terdapat kolom bagian “Contact Info“,kalian ganti email tersebut ke email yang kalian inginkan,kemudian jangan lupa klik Save.

Menghapus Konten Default

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Langkah ini cukup penting untuk kita lakukan,agar ketika nanti kita menghubungkan website kita ke Google Search Console,konten tersebut tidak ikut di indeks.

Ketika pertama kali melakukan instalasi WordPress,maka biasanya kita akan menemukan artikel “Hello World” yang mana konten ini otomatis dibuat oleh mereka.Untuk menghapus konten ini sangatlah mudah,berikut caranya:

  • Dashboard > Posts > All Posts

Kemudian kalian klik delete pada postingan Hello World tersebut.

Menghapus Tema yang Tidak Terpakai

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya,bahwa tema merupakan hal yang paling penting dalam sebuah website,agar dapat menarik perhatian para pengunjung.

Pada dasarnya,ketika orang-orang ingin membuat website di WordPress,mereka biasanya akan mencoba 5-20 tema gratis yang tersedia dan tentunya mereka pasti mencari yang sesuai selera mereka.Namun sayangnya,kebanyakan mereka jarang menemukan tema yang mereka inginkan,karena untuk mendapatkan fitur yang ini dan itu,kita harus mengeluarkan biaya untuk membeli tema premium.

Secara default,kita akan diberikan dengan 3 jenis tema ketika pertama kali melakukan instalasi.Namun,hampir semua pengguna biasanya tidak pernah menggunakan ketiga tema tersebut,sehingga mereka menghapusnya.Hal ini juga berfungsi untuk mengurasi disk space dari tema-tema yang tidak terpakai.

Berikut adalah cara menghapus tema yang tidak terpakai di WordPress:

  • Dashboard > Appearance > Theme

Silahkan klik tema mana yang ingin kalian hapus,jika sudah maka kalian akan menemukan tombol delete di pojok paling kanan

Langkah-Penting-Setelah-Install-WordPress-Cara-Menghapus-Tema-yang-Tidak-Terpakai

Menghapus Plugin yang Tidak Terpakai

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Sama seperti tema,secara default WordPress juga telah otomatis menginstall beberapa plugin.Menurut beberapa orang,ada beberapa jenis plugin yang tidak perlu untuk kita gunakan dan sebisa mungkin untuk menghapusnya,karena akan memakan disk space nantinya dan membuat website terasa lemot.

Berikut adalah cara menghapus plugin yang tidak terpakai di WordPress:

  • Dashboard > Plugins > Installed Plugins

Kemudian kalian pilih plugin yang menurut kalian tidak perlu untuk digunakan,kemudian klik delete pada plugin yang ingin dihapus tersebut.

Membuat Sitemap

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Langkah ini juga merupakan hal yang penting agar kita dapat menghubungkan website kita dengan mesin pencarian.

Apa itu sitemap?

Sitemap (Peta Situs) adalah sebuah alat yang dapat membantu para webmaster atau mesin pencarian,untuk menjelajah atau merayapi sebuah situs.Dengan sitemap ini,ketika kita melakukan pembaruan diwebsite kita,maka otomatis sitemap ini akan langsung memberitahu webmaster bahwa ada yang baru diwebsite kita dan akan tampil dimesin pencarian nantinya.

Jadi,dengan sitemap ini kita tidak perlu lagi melakukan ping terhadap mesin pencarian ketika kita telah melakukan publish konten terbaru diwebsite kita.

Untuk membuat sitemap ini juga caranya cukup mudah,kita hanya perlu menginstall plugin yang namanya Google XML Sitemaps.Namun,jika kita telah menggunakan plugin SEO,kita tidak usah lagi menginstall plugin ini,karena biasanya fitur sitemap ini sudah include diplugin SEO tersebut.

Oleh karena itu,saya sangat menyarankan kalian untuk menggunakan plugin RankMath SEO saja,karena plugin tersebut gratis dan fiturnya yang sangat lengkap.Disini saya akan memberitahu kepada kalian dimana letaknya sitemaps menggunakan plugin RankMath.

  • Dashboard > RankMath > Sitemap Settings

Disitu,kalian dapat menemukan sitemap atau peta situs kalian untuk disubmit ke webmaster agar dapat di indeks dan muncul dimesin pencarian.

Menghubungkan Website Ke Google Search

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Setelah kita telah membuat sitemap sebelumnya,maka selanjutnya langkah yang harus kita lakukan adalah melakukan sumbit sitempat tersebut ke webmaster,disini kita akan melakukan submit ke webmaster Google.

Sebelum melakukan submit sitemap ini,pastikan website kalian memang sudah disiapkan secara matang-matang,karena ini akan berpengaruh terhadap optimasi SEO diwebsite kita nantinya.Jika kalian memang sudah memeriksa isi keseluruhan website kalian dan tidak menemukan kejanggalan,maka berarti website kalian sudah siap untuk di indeks oleh webmaster.

Sebelum melakukan submit,kalian harus mendaftar terlebih dahulu ke Google Search,silahkan klik link disini.Setelah itu kalian masukan alamat website kalian.Untuk lebih jelasnya,kalian dapat mengikuti tutorial berikut ini.

Menghubungkan Ke Google Analytics

25+ Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah install WordPress (Terbaru 2021) Simflitycom

Langkah terakhir yang kita lakukan adalah dengan menghubungkan website kita ke Google Analytics.Fungsinya adalah untuk melakukan checking dan melihat laporan harian pengunjung website kita.

Sebenarnya,menghubungkan website ke Google Analytics sangatlah mudah dengan menggunakan bantuan plugin.Namun,karena ada cara manual yang dapat kita lakukan,jadi sebaiknya kita menggunakan cara manual saja.Mengapa?Karena terlalu banyak plugin dapat membuat disk space kita penuh dan website kita akan terasa lemot.

Nah,untuk menghubungkan website ke Google Analytics dapat kalian ikuti tutorial berikut yang tertera dibawah ini.

Kesimpulan:

Pada dasarnya,membuat website dengan WordPress itu sangatlah mudah sekali,karena ada berbagai fitur dan tools bantuan yang memudahkan kita membuat website hanya dengan modal klik saja.Namun,karena mungkin sebagian dari kita masih awam sekali,maka kita perlu langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat website.

Dengan adanya artikel ini,kami berharap dapat membantu teman-teman sekalian dalam membuat website mengggunakan cms ini.Jangan lupa tinggalkan komentar dibawah jika ada pertanyaan dan jangan sungkan untuk menghubungi kami jika ada masalah.

Baik,mungkin sampai sini saja dahulu pembahasan kita kali ini,selanjutnya akan saya buat lebih banyak lagi materi tentang website ini.

Terima Kasih,

Wassalam.

Share:

Seorang Internet Marketer dan Publisher yang Ingin Belajar Sambil Mengajar Melalui Rangkaian Tulisan

1 Comment

  • Hendri, Januari 10, 2021 @ 8:55 am Reply

    Assalamualaikum,
    bagus banget kak,membantu banget saya pemula yang baru belajar wordpress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *