Contact Information

Central Kalimantan,Indonesia

Simflitycom – Sebelum memulai internet marketing,ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu beberapa istilah digital marketing agar memudahkan kita untuk mempelajari lebih dalam nantinya tentang marketing di internet.

Sejak tahun 2018 yang lalu,bisnis online merupakan salah satu profesi yang banyak dilakukan oleh banyak orang,khususnya di Indonesia.Hal ini dikarenakan potensi pasarnya yang cukup luas dan penghasilan yang cukup menjanjikan.Seperti yang sering kita lihat sekarang ini di media sosial seperti Facebook dan Instagram,ada banyak sekali produk-produk yang muncul di beranda kita,yang di iklankan oleh para pebisnis online.

Jika anda memiliki produk,maka anda wajib untuk melakukan strategi marketing untuk produk anda agar banyak diketahui banyak orang.Nah sebelum itu,anda juga harus tahu bahwa ada beberapa istilah marketing yang harus anda ketahui.

Adapun fungsi dari mengenal dan memahami istilah-istilah ini adalah agar ketika kita memiliki sebuah bisnis,dapat memahami apa yang sebenarnya yang sedang kita kelola.Bayangkan saja,jika kita hanya mengikuti trend saja tanpa mengetahui istilah-istilah yang ada,mungkin kita akan kebingungan dengan apa yang sedang kita lakukan atau kelola sekarang ini.

Untuk itu,walaupun menurut kita tidak penting saat ini,mungkin kedepannya akan berguna untuk lebih memahami tentang bisnis yang kita kelola nantinya.

Berikut adalah istilah digital marketing online yang wajib diketahui:

Mengenal Istilah Digital Marketing

20+ Daftar Istilah Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui di Tahun 2021 Simflitycom

Sebelumnya,kita sudah membahas sedikit tentang apa saja yang ada dalam sebuah istilah digital marketing dan akan membahas lebih detailnya pada materi ini.

Bagi kalian yang masih bingung,apa sih digital marketing itu?

Digital Marketing merupakan salah satu teknik strategi pemasaran atau melakukan sebuah promosi produk maupun brand,dengan menggunakan berbagai macam media digital yang ada saat ini.Selain itu,menggunakan cara ini dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas dan dapat menghemat waktu,biaya,dan dapat diketahui oleh banyak orang.

Secara dasar,bahwa digital marketing ini lebih sering dilakukan oleh para internet marketer,yang mana mereka ingin melakukan sebuah promosi untuk mengenalkan produl-produk mereka secara luas kepada publik.Sekarang ini,sudah banyak sekali teknik-teknik yang dapat dilakukan dan juga tools bisnis online yang dapat digunakan untuk menunjang usaha.

Istilah Dalam Search Engine

20+ Daftar Istilah Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui di Tahun 2021 Simflitycom

Pada istilah yang pertama ini,kita akan membahas tenang istilah digital marketing apa saja yang sering digunakan oleh internet marketer dalam Search Engine.Apa saja itu?Berikut pembahasannya:

Search Engine Optimization (SEO)

Istilah digital marketing dalam Search Engine yang pertama adalah SEO.

Sebagian dari kita,mungkin sudah ada yang mengenal istilah SEO ini bukan?Bahkan ini merupakan salah satu hal yang sering dibahas oleh para internet marketer.Bagi anda yang belum tahu,SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah teknik strategi cara meningkatkan peringkat sebuah website agar bisa muncul dihalaman pertama pada mesin pencarian seperti Google,ketika ada orang yang mencari sebuah informasi yang relevan dengan kata kunci yang mereka masukan dengan website kita.

Hal ini sangat penting untuk dipelajari untuk para pebisnis online,terlebih lagi pada orang-orang yang baru memulai belajar.Karena,biasanya orang-orang lebih banyak mencari sebuah informasi ataupun produk,melalui mesin pencari seperti Google dan hal ini sangat berpengaruh ketika kita memiliki sebuah website untuk menjual sebuah produk.

Untuk mengoptimasi SEO ini agar website anda bisa tampil dihalaman pertama Google,anda perlu mempelajari terlebih dahulu,seperti kata kunci atau keyword yang tepat dan masih banyak lagi.Dengan menggunakan teknik ini,maka anda bisa mendapatkan banyak sekali calon pembeli yang mengetahui produk anda ketika mereka mencari sebuah informasi melalui Google.

Baca juga: Mengenal SEO dan Pentingnya Dalam Sebuah Website

Bounce Rate

Istilah digital marketing dalam Search Engine yang kedua adalah Bounce Rate.

Bounce Rate merupakan salah satu istilah yang sering terjadi dalam sebuah website.Disebut Bounce Rate dikarenakan adanya terjadi keluar masuk seorang pengunjung ketika mereka sedang membuka website anda,dalam waktu yang sebentar saja atau hanya membuka satu menu saja.Artinya,ketika ada orang yang mengunjungi website anda,mereka hanya melihat tampilan utamanya saja,tanpa ada mengklik menu atau navigasi yang lainnya.

Untuk mengetahui berapa persen Bounce Rate yang terjadi dalam sebuah website,orang-orang biasanya lebih sering menggunakan Google Analytics atau bagi pengguna WordPress biasanya menggunakan bantuan plugin.Untuk Bounce Rate ini,semakin kecil persen yang dihasilkan,maka itu bagus.Sebaliknya,jika persen yang dihasilkan sangatlah besar,maka anda perlu mengoreksi entah itu dari tampilan website,navigasi,dan juga konten.

Adapun persen yang paling bagus adalah dibawah 50% dan lebih bagus jika dibawah itu.Jika melebihi dari 60%,ada baiknya anda melakukan optimasi website dengan mengoreksi dan mengimprove agar website anda terlihat berkualitas.

Pay Per Click (PPC)

Istilah digital marketing dalam Search Engine yang kedua adalah Pay Per Click.

Pay Per Click atau yang disingkat PPC,merupakan salah satu metode kerja sama yang dilakukan oleh para website owner dan media periklanan di internet,yang artinya si pemilik website akan dibayar jika ada pengunjung yang melakukan klik pada link iklan yang berada disitus atau blog miliknya.Seringkali iklan ini kita temukan diberbagai macam situs dan pengunjung biasanya mengklik iklan yang berada diberbagai sisi situs tersebut.

Bagi anda yang memiliki sebuah bisnis atau produk yang ingin dikenal oleh banyak orang,jenis marketing PPC ini merupakan salah satu teknik yang dapat anda gunakan untuk mempromosikan produk-produk anda dan dapat dikenal secara luas.Biasanya,platform media periklanan seperti Google AdSense,menempatkan iklan yang relevan disitus web yang telah bekerja sama dengan mereka.Jadi,produk kita yang di iklankan akan relevan dengan situs web yang dipasangkan iklan.

Istilah Dalam Email Marketing

20+ Daftar Istilah Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui di Tahun 2021 Simflitycom

Selanjutnya ada istilah-istilah digital marketing dalam platform email.Email ini juga merupakan salah satu platform pemasaran yang paling banyak digunakan untuk melakukan promosi.Karena,selain gratis email juga sangat berpotensi untuk meningkatkan branding dan mencari calon pelanggan yang relevan.

Berikut adalah istilah digital marketing dalam email marketing:

Email Bounce

Istilah digital marketing dalam Email Marketing yang pertama adalah Email Bounce.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya,bahwa bounce merupakan suatu rasion pantulan,yang berarti hal ini terjadi karena pelanggan tidak menginginkan atau email pemasaran yang tidak sesuai dengan yang mereka inginkan.Semakin tinggi persen bounce yang dihasilkan,maka akan banyak sekali dampak negatif yang akan terjadi,seperti gagalnya pemasaran email yang telah kita lakukan sejauh ini.

Click Through Rate (CTR)

Istilah digital marketing dalam Email Marketing yang kedua adalah Click Through Rate.

Click Through Rate atau bisa disingkat CTR,merupakan salah satu istilah yang sering digunakan dalam email marketing.Maksud dari CTR ini adalah laporan data yang menunjukan berapa banyak jumlah orang yang melakukan klik terhadap email campaign yang telah anda buat.Jadi,Click Through Rate ini berguna untuk menghitung jumlah orang-orang atau pelanggan yang sudah melakukan klik terhadap link yang telah anda buat di email campaign.

Open Rate

Istilah digital marketing dalam Email Marketing yang ketiga adalah Open Rate.

Open rate merupakan salah satu alat ukur yang berfungsi untuk mengukur seberapa jauh kesuksesan anda dalam melakukan kampanye email marketing.Dengan menghitung rasio yang dihasilkan,anda akan mengetahui apakah kampanye email marketing yang telah anda lakukan sudah berhasil atau sebaliknya.

Alat ukur atau yang sering disebut sebagai metriks inilah yang sering digunakan.Adapun cara menghitung seberapa jauh kesuksesan email campaign anda adalah dengan open rate,yang berarti anda dapat menghitung seberapa besar persentase email marketing yang telah dibuka oleh si penerima email dari banyaknya jumlah seluruh pelanggan yang ada.

Dengan konsisten mengoreksi open rate email yang telah anda lakukan,anda dapat melihat seberapa jauh perkembangan email marketing yang telah anda lakukan sejauh ini.

Baca juga: Panduan Email Marketing Terlengkap

Istilah Dalam Social Media

20+ Daftar Istilah Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui di Tahun 2021 Simflitycom

Dalam pemasaran melalui sosial media,ada beberapa istilah-istilah yang harus kita ketahui untuk mencapai kesukesan marketing yang telah anda lakukan sejauh ini.

Berikut adalah istilah digital marketing dalam sosial media:

Click Through Rate (CTR)

Istilah digital marketing dalam Social Media yang pertama adalah Click Through Rate.

Hampir sama dengan sebelumnya yaitu istilah yang sering digunakan dalam Search Engine,arti Click Through Rate dalam social media adalah sebuah perhitungan berapa jumlah orang yang melakukan klik terhadap link ke situs anda yang berasal dari sebuah situs lainnya,contohnya adalah iklan yang sering berada pada sidebar website.

Dengan melakukan perhitungan CTR ini,anda dapat mengukur seberapa besar kesuksesan atau pencapaian iklan anda yang berada di Internet.Dalam mengukur kesukesan CTR ini,kita dapat melihat seberapa besar rasio yang dicapai,semakin tinggi rasio klik tayangannya,maka akan semakin bagus dan berarti tingkat kesuksean akan semakin tinggi.

Cost Per Action (CPA)

Istilah digital marketing dalam Social Media yang kedua adalah Cost Per Action.

Cost Per Action atau yang disingkat CPA,merupakan salah satu istilah yang sering digunakan dalam social media marketing.CPA ini dapat diartikan sebuah strategi marketing online yang memungkinkan anda untuk mendapatkan sebuah komisi ketika si user(leads) melakukan action.Teknik CPA marketing ini juga dapat membuat seseorang untuk mendapatkan lebih banyak komisi,karena CPA marketing ini menggunakan sistem Pay Per Leads (PPL).

Adapun untuk action yang dilakukan oleh user ada beberapa macam,diantaranya adalah melakukan download,mengisi data formulir,membeli produk,dan masih banyak lagi.

Cost Per Impression (CPI)

Istilah digital marketing dalam Social Media yang ketiga adalah Cost Per Impression.

Istilah ini sering diartikan sebagai sebuah metode digital yang mana anda diharuskan untuk membayar untuk setiap orang yang melakukan klik iklan(ads) milik anda,yang mana iklan tersebut berisi tautan dan akan mengarahkan ke website ataupun sebuah aplikasi.Ketika kita sedang mengunjungi sebuah website yang sudah terhubung dengan platform periklanan,maka kita akan banyak sekali melihat iklan yang bermunculan.Nah,ketika satu halaman itu menampilkan iklan,maka akan dihitung sebagai satu tayangan.

Buyer Persona

Istilah digital marketing dalam Social Media yang keempat adalah Buyer Persona.

Istilah ini juga sering muncul dalam marketing menggunakan sosial media.Adapun arti dari buyer persona ini adalah sebuah konsumen bayangan atau sebuah gambaran yang mewujudkan siapa calon konsumen terbaik dalam bisnis yang anda miliki.Buyer persona ini dapat mencakup dari beberapa aspek,yaitu bisa dari sifatnya,usia,bagaimana cara ia mengambil suatu keputusan,dan masih ada beberapa lagi.

Adapun orang yang dapat membuat konsumen bayangan adalah kita sendiri yang merupakan owner dari produk atau jasa yang ingin kita jual.Oleh karena itu,kita memerlukan sebuah pemikiran atau imajinasi yang lumayan tinggi,untuk bisa mendapatkan gambarannya dan kemudian menulisnya.Memang hal ini jika dibaca sekilas terlihat cukup mudah,akan tetapi faktanya tidak seperti itu,karena memang perlu waktu juga untuk dapat menciptakan konsumen bayangan ini.

Engangement Rate

Istilah digital marketing dalam Social Media yang kelima adalah Engangement Rate.

Engangement rate merupakan salah satu istilah yang sering digunakan dalam berbagai macam media sosial,entah itu Facebook,Instagram,Twitter,dan lain-lain.Adapun pengertian dari engangement rate ini adalah sebuah alat ukur atau metrik yang digunakan untuk mengukur performa dari suatu konten yang ada di seluruh postingan media sosial.Jika kita mendapatkan engangement rate dengan angka yang tinggi,maka akan semakin bagus performa konten kita di media sosial.

Selain itu,engangement rate ini sangat bagus bagi anda yang ingin meningkatkan branding ataupun untuk meningkatkan sebuah penjualan produk di media sosial.Jadi,anda dapat mengukur seberapa berkualitas konten yang anda posting di media sosial,entah itu konten microblog ataupun promosi.

Lookalike Audiences

Istilah digital marketing dalam Social Media yang keenam adalah Lookalike Audiences.

Istilah ini dapat diartikan sebagai salah satu cara yang dapat menargetkan pengguna yang ada di sosial media dengan sebuah demografis atau sejumlah pengguna yang memiliki ketertarikan yang sama dengan pengguna yang lainnya.Teknik ini sangat bagus untuk digunakan dan cukup potensial untuk dapat menemukan calon pelanggan yang tetarget dengan bisnis anda.

Dengan cara ini,anda tidak perlu lagi menggunakan cara menargetkan iklan dengan tradisional,jadi cara ini lebih efisien dan dapat menghemat waktu.

Istilah Digital Marketing Lainnya

20+ Daftar Istilah Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui di Tahun 2021 Simflitycom

Selain istilah-istilah yang ada di search engine,email marketing,dan sosial media,ternyata masih ada loh beberapa istilah-istilah yang dapat kita ketahui bersama.Apa saja itu?Yuk simak pembahasan dibawah sampai selesai.

Online Presence

Istilah digital marketing lainnya yang pertama adalah Online Presence.

Online presence merupakan hal yang dapat memperkenalkan bisnis anda.Online presence dapat diartikan sebagai sumber informasi atas ketersediaan bisnis online yang anda miliki dan dapat ditemukan secara online di internet.Adapun media-media online yang dapat membangun online presence,contohnya adalah melalui website,media sosial,dan juga bisa melalui mesin pencarian seperti Google.

Semakin tahun,teknologi semakin bertambah canggih dan orang-orang mencari informasi maupun membeli produk,dapat mencari kebutuhan mereka hanya melalui internet saja.

Affiliate Marketing

Istilah digital marketing selanjutnya adalah Affiliate Marketing.

Mungkin,sebagian dari kita sudah mengenal istilah ini.Affiliate merupakan salah satu cara yang cukup mudah untuk menghasilkan uang.Pada dasarnya,kita hanya cukup mendaftar dalam sebuah program affiliate,bisa berupa produk digital,hosting,dan lain-lain.Setelah terdaftar,maka tugas kita hanya mempromosikan link affiliate produk tersebut.Jika ada orang yang membeli produk dari link yang kita promosikan,maka kita akan mendapatkan komisi dari owner produk tersebut.

Selain itu,bagi orang-orang yang memiliki website ataupun channel YouTube yang besar dan terkenal,biasanya lebih mudah untuk melakukan promosi.Bagi pemilik blog juga biasanya mereka memasang spot iklan atau banner yang berisi link menuju produk afiliasi.

Remarketing

Istilah digital marketing selanjutnya adalah Remarketing.

Dalam sebuah bisnis ataupun usaha lainnya,pasti tidak semua orang-orang yang melihat produk jualan kita ingin membeli,tentu ada sebagian orang yang hanya ingin bertanya-tanya saja yang ujungnya tidak jadi membeli.Hal ini bukan hal yang baru dalam sebuah usaha,hal ini sudah umum terjadi dimana saja.Nah,jika hal ini sering terjadi,kita harus melakukan koreksi mungkin ada kesalahan terhadap penawaran yang kita lakukan.

Oleh sebab itu,kita perlu menerapkan sebuah teknik,yaitu Remarketing.Teknik ini memungkinkan kita sebagai pemilik website untuk menampilkan secara langsung iklan kepada para pengunjung.Jadi,ketika pengunjung telah pergi dari website anda,entah itu melakukan pembelian ataupun tidak,mereka akan mulai melihat iklan yang bertebaran di berbagai tempat yang relevan di internet.

Adapun fungsi dari teknik adalah untuk mengurangi ataupun mempertahankan keinginan pembeli yang kemungkinan mereka sudah pernah menjadi pelanggan.

Consumer Acquisition Cost (CAC)

Istilah digital marketing selanjutnya adalah Consumer Acquisition Cost.

Menurut salah satu Internet Marketer yang berasal dari Amerika Serikat,Consumer Acquisition Cost atau yang disingkat CAC adalah total dana atau biaya yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan untuk meyakinkan para pelanggan untuk membeli produk maupun jasa.Dalam melakukan promosi,membuat konten,dan beriklan tentu mereka memerlukan biaya yang cukup besar.

Lead Generation

Istilah digital marketing selanjutnya adalah Lead Generation.

Ketika informasi website anda sudah selesai dibuat dan sudah mulai muncul di internet,ini adalah waktunya untuk membuat rencana bagaimana agar orang-orang mulai mengenali dan mengunjungi website yang telah kita buat dan sudah go online di internet.

Nah,usaha kita untuk menarik perhatian orang-orang inilah yang disebut dengan lead generation.Teknik ini merupakan salah satu proses bagaimana caranya agar orang-orang tertarik untuk mengunjungi website kita bahkan menjadi pelanggan.

Landing Page

Istilah digital marketing selanjutnya adalah Landing Page.

Seperti yang kita ketahui,bahwa saat ini adalah zaman modern serba digital,dan hampir seluruh bisnis yang ada menggunakan website landing page.Mungkin anda bertanya-tanya apa itu landing page?Secara singkat,landing page adalah sebuah halaman website yang dibuat khusus untuk melakukan penawaran,entah berupa produk maupun jasa.

Jika anda sering mengunjungi website dengan banyak tampilan menu dan juga widget yang berada disebelah konten,maka landing page merupakan halaman yang dibuat khusus agar apa yang ingin disampaikan dapat langsung to the point.

Conversion

Istilah digital marketing selanjutnya adalah Conversion.

Conversion juga merupakan salah satu hal yang dapat menentukan keberhasilan dalam menjalankan bisnis online.Bahkan,banyak yang mengatakan bahwa conversion merupakan suatu tujuan utama dari segala kegiatan online marketing yang dilakukan di internet.

Conversion juga bisa diartikan untuk menampilkan jumlah berapa banyak orang ataupun pengunjung yang melakukan klik terhadap website bisnis online yang melakukan action atau tindakan yang akan menguntungkan pemilik binis tersebut.Jika conversion tinggi,maka akan semakin bagus dan reveneu yang didapatkan juga akan semakin meningkat.

Call To Action (CTA)

Istilah digital marketing selanjutnya adalah Call To Action.

Call To Action atau disingkat CTA ini merupakan sebuah tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan leads.Tindakan ini ada berbagai macam,contohnya seperti menjadi subscriber,memberi informasi kontak,dan lain-lain.Call To Action ini dapat ditunjukan dengan sebuah gambar ataupun sebuah teks yang akan menarik perhatian pengunjung untuk melakukan sebuah action atau tindakan.

Ketika mereka sudah memahami dengan penawaran produk dan jasa yang anda tawarkan,mereka akan mulai merasa tertarik untuk membeli produk anda.Dengan CTA ini,calon pelanggan akan tahu apa yang harus mereka buat.

Web Hosting

Istilah digital marketing selanjutnya adalah Web Hosting.

Istilah ini sebagian besar dari kita mungkin sudah ada yang mengetahuinya.Dalam membuat sebuah website,kita memerlukan yang namanya web hosting untuk menyimpan data-data website kita agar dapat diakses oleh banyak orang.

Dalam menjalankan sebuah bisnis,itu pada umumnya orang-orang hanya mengandalkan media sosial sebagai lapak toko online dan juga media promosi.Namun,cara yang seperti itu kurang effisien dan terlihat kurang terpercaya.Berbeda dengan mereka yang menggunakan website untuk bisnis online yang mereka miliki,produk mereka akan terorganisir dan terlihat lebih terpercaya.

Baca juga: Panduan Digital Marketing Terlengkap

Kesimpulan

Gimana nih,udah pada kenal belum istilah-istilah digital marketing yang sering digunakan?Pada dasarnya,jika anda nanti baru memulai bisnis online,maka anda akan menemukan istilah-istilah yang telah dibahas diatas.

Mungkin,sampai sini saja pembahasan kita kali ini,next akan kita bahas tentang hal-hal menarik seputar marketing.Harapan kami,artikel ini dapat membantu anda yang sedang belajar tentang internet marketing.Silahkan baca artikel-artikel menarik lainnya diwebsite kami.

Terima kasih,

Wassalam.

Share:

editor

Seorang Pebisnis Online & Selalu Ingin Sharing Ilmu Melalui Media Internet dengan Tujuan yang Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *