Contact Information

Central Kalimantan,Indonesia

Simflitycom – Siapa sih yang tak kenal media sosial populer yang satu ini,selain dikenal sebagai tempat berbagi foto & video,media sosial ini sering disebut sebagai alat pemasaran yang sangat membantu,yang sering disebut facebook ads.

Sejak 2 tahun belakangan ini,usaha melalui dunia maya atau internet sudah menjadi popularitas yang hampi dilakukan oleh pelaku pebisnis online ataupun para olshop yang ingin menjualkan barang dagangan mereka secara online.

Dengan selalu bertambahnya para pelaku pebisnis online,maka mereka harus dapat bersaing kuat-kuat dan memiliki strategi masing-masing yang kuat,agar dapat bersaing di era digital seperti sekarang ini.Karena,jika mereka hanya melakukan promosi saja secara terus menerus,kemungkinan mereka akan kalah dengan kompetitor mereka.

Karena seiring bertambahnya para pengusaha online,maka banyak juga bermunculan alat-alat atau tools promosi yang dibuat untuk membantu para olshop online,untuk mempromosikan produk mereka agar terlihat lebih menarik dan dapat menjangkau pelanggan lebih luas.Contohnya saja adalah penawaran berupa aset desain grafis,video animasi,tools marketing,dan banyak lagi.

Selain itu,perusahaan-perusahaan media sosial juga melakukan perubahan update terhadap aplikasi mereka untuk membantu para pelaku bisnis online dan kawan-kawannya.

Maka,bermunculan juga lah fitur-fitur penawaran seperti iklan,yang ditawarkan oleh hampir semua media sosial yang ada.Karena,perkiraan dengan iklan di media sosial tersebut dapat menjangkau pelanggan lebih banyak dan luas.

Pada kesempatan kali ini,kita akan membahas tentang panduan lengkap tentang iklan facebook yang ramai digunakan oleh para pelaku pengusaha online sekarang ini.Silahkan baca sampai selesai ya,agar tidak gagal paham.

Berikut adalah panduan lengkap menggunakan facebook ads untuk pemula

Apa itu Facebook Ads

apa-itu-facebook-ads

Apa itu facebook ads?

Facebook ads adalah sebuah layanan jejaring sosial atau yang kita kenal media sosial milik facebook,untuk mengiklankan atau mempromosikan suatu produk melalui fanpage.

Dengan menggunakan layanan iklan dari facebook ini,kalian dapat menjangkau dan mendapat pelanggan yang lebih banyak dan luas,dan kalian dapat menentukan sendiri seberapa luas jangkauan iklan yang kalian inginkan.

Platform periklanan seperti ini,sangat cocok bagi kalian yang ingin mendapatkan jangkauan pelanggan yang lebih banyak dan cocok dari berbagai kalangan usaha,baik itu para olshop,pengusaha kecil,menengah,dan besar sekalipun.

Bahkan,hal yang lebih menarik lagi adalah,untuk menggunakan layanan iklan milik facebook ini,kita tidak diminta untuk memiliki keahlian atau skill khusus untuk menggunakan layanan dari mereka,bahkan untuk pemula yang masih awam sekalipun,karena memang facebook tidak ingin menyusahkan pengguna mereka yang ingin menggunakan layanan iklan dari mereka.

Peminat pengguna layanan iklan dari facebook ini sangatlah ramai,khususnya dikalangan para pebisnis online atau internet marketer,yang mana tujuan mereka ingin menargetkan pelanggan yang lebih luas dan banyak untuk melihat produk maupun layanan yang mereka tawarkan.

Baca juga: Panduan Lengkap Email Marketing Untuk Pemula

Bagaimana Cara Menggunakan Facebook Ads

cara-menggunakan-facebook-ads

Setelah kita mengetahui pengertian dari layanan iklan facebook ini,maka selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara menggunakannya,agar nanti kalian juga dapat menggunakan untuk mempromosikan produk kalian.

Di facebook sendiri,kita dapat melakukan 3 cara untuk menggunakan layanan iklan dari mereka,yaitu:

  1. Membuat Iklan dari Halaman Facebook atau Fan page.
  2. Membuat Iklan di Power Editor.
  3. Membuat Iklan dari Pengelola Iklan atau Ads Manager.

Pada materi ini,kita akan mencoba untuk membahas bagaimana cara membuat halaman facebook untuk menggunakan layanan iklan dari mereka.

1.Membuat Halaman Facebook

Untuk menggunakan layanan iklan dari facebook,kalian harus memiliki sebuah halaman facebook untuk mengelola iklan yang kalian buat nantinya.

Jika anda belum memilikinya,maka anda tidak perlu pusing,karena anda juga akan di pandu pada materi kali ini.

Berikut adalah panduan cara membuat halaman facebook

  • Pertama,silahkan anda buka halaman berikut ini https://www.facebook.com/pages/create, kemudian anda akan di alihkan ke halaman tersebut dan melihat ada 2 pilihan yang tersedia,yaitu Bisnis/Merek dan Komunitas/Tokoh Masyarakat,pada kasus ini kami akan memilih bisnis/merek

cara-membuat-halaman-facebook

  • Kedua,anda akan di alihkan ke halaman berikutnya.Pada tahap ini,anda harus mengisi beberapa informasi,seperti nama bisnis/merek anda,kategori,dan keterangan bisnis anda.Contohnya dapat anda lihat seperti di bawah ini

memilih-nama-bisnis-halaman-facebook

  • Ketiga,anda harus mengupload foto profil dan juga sampul halaman facebook anda,saya lebih menyarankan untuk menggunakan logo brand bisnis anda agar terlihat lebih profesional,kemudian jangan lupa untuk klik simpan

memasang-profile-dan-sampul-halaman-facebook

  • Keempat,kini anda telah selesai membuat halaman facebook.Selanjutnya,yang harus anda lakukan adalah melakukan setting atau konfigurasi halaman facebook anda sesuai yang anda inginkan.Misalkan menghubungkan ke WhatsApp,menambahkan alamat,email,dan lain-lain.

konfigurasi-setting-halaman-facebook

  • Selamat,anda telah selesai membuat halaman facebook.

Cara Membuat Iklan di Facebook Ads

cara-membuat-iklan-di-facebook-ads

Setelah anda selesai membuat halaman facebook anda,maka tahap selanjutnya adalah mempelajari bagaimana cara memulai untuk memasang iklan di halaman facebook anda.

Baiklah,tak usah panjang lebar lagi mari kita mulai panduan membuat iklan di facebook ads

1.Membuka Halaman Facebook Ads

Setelah beberapa tahun berlalu,facebook banyak melakukan update pada halaman ads manager mereka,sehingga kemungkinan besar sekarang ini jika anda mengaksesl URL halaman yang lama sudah tidak berlaku lagi.

Pastikan anda sudah login ke akun facebook anda untuk dapat mengakses halaman ads manager.Jika sudah,silahkan akses link berikut https://business.facebook.com/adsmanager/manage/accounts.

2.Pembuatan Iklan

Setelah anda mengkases link yang tertera diatas,maka anda secara otomatis akan di arahkan ke halaman ads manager akun halaman facebook anda.Perlu di ingat lagi,kemungkinan besar tampilan halaman ini akan berbeda dengan yang sebelumnya.

Anda dapat melihat contoh pada gambar dibawah ini.Silahkan klik tombol buat untuk membuat kampanye baru.

membuat-kampanye-iklan-baru-facebook-ads

3.Menentukan Tujuan Iklan Anda

Setelah anda mengklik tombol tersebut,maka langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan iklan yang ingin anda buat di facebook.Ini dapat membantu anda untuk mencapai tujuan iklan anda.

Pada umumnya,facebook akan memberikan 3 pilihan kategori yang berbeda yang dapat anda pilih,diantaranya adalah kesadaran, pertimbangan, dan konversi.

Pada kasus materi kali ini,kami akan memilih opsi Lalu Lintas Kunjungan

menentukan-tujuan-iklan-facebook

Adapun maksud dari 3 kategori tersebut adalah sebagai berikut:

Kesadaran

  • Kesadaran Merek: Untuk meningkatkan kesadaran pada orang yang punya ketertarikan pada terhadap produk yang anda miliki saat ini
  • Jangkauan: Menayangkan iklan anda dalam jumlah maksimal orang-orang yang sesuai dengan anggaran yang anda buat

Pertimbangan

  • Lalu Lintas Kunjungan: Untuk meningkatkan lebih banyak pengunjung ke situs web milik anda atau juga bisa untuk memperbanyak pengguna aplikasi milik anda
  • Interaksi: Jika anda memilih opsi ini,maka anda akan mendapatkan interaksi pada kiriman,suka halaman, dan juga sebuah tanggapan jika ada acara yang akan di laksanakan
  • Pemasangan Aplikasi: Opsi ini sangat cocok jika anda memiliki sebuah aplikasi dan ingin pengguna menginstal aplikasi yang anda buat
  • Penayangan Video: Opsi ini juga cocok bagi anda yang membuat konten dalam bentuk video,pilihan ini dapat membuat lebih banyak tayangan yang menonton konten video anda
  • Pembuatan Prospek: Opsi ini berguna untuk mengumpulkan sejumlah data yang berasal dari orang yang tertarik terhadap produk anda.Data ini bisa berupa seperti email
  • Pesan: Pilihan ini memiliki fitur seperti mengajak target calon pelanggan untuk mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp anda ataupun melalui Mesengger milik facebook

Konversi

  • Konversi: Opsi/pilihan ini cocok bagi anda yang ingin meningkatkan jumlah pelanggan yang ingin melakukan pembelian terhadap produk yang anda jual di website anda
  • Penjualan Katalog: Opsi ini berguna untuk menampilkan sejumlah katalog produk pada iklan anda dan tentunya sesuai target yang telah anda tentukan sebelumnya
  • Kunjungan Toko: Opsi ini berguna bagi anda yang memiliki toko fisik maupun toko online dan ingin meningkatkan pengunjung untuk melihat toko anda

4.Membuat Anggaran Iklan

Ketika anda telah selesai memilih opsi tujuan iklan yang anda inginkan,langkah berikutnya adalah membuat anggaran iklan sesuai target calon pelanggan yang anda inginkan.

jenis-anggaran-facebook-ads

5.Membuat Nama Iklan & Memilih Tujuan Trafik

Langkah selanjutnya adalah anda dapat membuat nama iklan anda,kemudian pilih tujuan trafik yang anda inginkan.

Membuat nama iklan dapat mempermudah anda sebagai pengelola iklan untuk mengatur atau mengetahui sejauh mana performa atau perkembangan iklan yang telah anda lakukan beberapa waktu kedepan.

Sedangkan memilih tujuan trafik dapat bermanfaat untuk mengarahkan si pengunjung tersebut ke halaman yang anda inginkan sesuai opsi yang tersedia,seperti situs web, aplikasi, mesengger, dan WhatsApp.

membuat-nama-iklan-dan-memilih-tujuan-trafik

6.Iklan Dinamis & Promo

Langkah selanjutnya adalah melakukan aktif/nonaktif opsi iklan dinamis dan juga promo.

menampilkan-iklan-dinamis-dan-fitur-promo

  • Iklan Dinamis: Apabila anda mengaktifkan opsi iklan dinamis,maka secara otomatis facebook akan membuat suatu kombinasi yang telah di optimalkan untuk pemirsa/pelanggan anda dan memberikan beberapa elemen materi iklan
  • Promo: Jika anda mengaktifkan opsi ini,kemungkinan besar anda akan mendapatkan lebih banyak konversi dan cocok bagi anda yang sedang menjalankan promo saat ini

7.Menentukan Target Pemirsa

Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi untuk menargetkan calon pemirsa anda.Tentu saja fitur ini yang membuat orang-orang tertarik untuk menggunakan facebook ads untuk mengiklankan produk mereka.

menentukan-target-pemirsa

  • Pemirsa Khusus: Pada opsi ini,anda dapat melakukan konfigurasi untuk dapat menjangkau kepada orang-orang yang memang sering atau pernah berinteraksi dengan anda,atau sudah menjadi pelanggan anda.Anda juga dapat melakukan pengecualian terhadap orang yang tidak ingin anda jangkau
  • Lokasi: Tentukan lokasi target anda.Anda dapat memasukan nama negara dan alamat lengkap sekaligus
  • Umur: Anda juga dapat menentukan target audiens sendiri,misalkan anda tidak ingin menargetkan anak-anak dibawah umur karena potensinya lebih kecil,maka anda dapat melakukan setting dari umur 17 keatas sampai 45 misalkan.
  • Jenis Kelamin: Opsi ini juga dapat memudahkan anda untuk menargetkan pria/wanita sesuai dengan produk yang anda tawarkan.Misalkan produk yang anda tawarkan adalah kosmetik,maka anda dapat memilih wanita,begitu juga sebaliknya.Jika produk anda memang dapat digunakan oleh keduanya,maka anda dapat memilih untuk pria/wanita
  • Penargetan Terperinci: Pilihan ini dapat memperluas pemirsa anda dan dapat menyertakan lebih banyak orang.Opsi ini juga dapat membantu anda untuk mengelompokan pemiras berdasarkan informasi tambahan lainnya,contohnya adalah demografis, minat, dan perilaku.
  • Bahasa: Anda juga dapat mengosongkan bagian ini jika sudah melakukan pemilihan dengan satu lokasi yang sama

8.Penempatan Iklan Otomatis

Pada opsi ini,anda dapat mengaktifkan penempatan iklan otomatis,dan facebook juga sangat menyarankan atau menganjurkan anda untuk mengaktifkan opsi ini.

Mengapa facebook sangat menyarankan untuk memilih opsi penempatan iklan otomatis?Karena,dengan opsi tersebut facebook secara otomatis akan menampilkan atau menempatkan iklan-iklan pada tempat-tempat yang memiliki potensi yang baik.

Namun,jika anda memang ingin menempatkan iklan secara manual,maka itu juga tidak masalah.

penempatan-iklan-otomatis

9.Memilih Format Iklan

Secara default,facebook akan memberikan 3 format iklan yang dapat anda pilih.

Sedikit mengulas,kalau dulu facebook menyediakan hingga 5 format.Namun entah mengapa sekarang ini setelah di lakukan beberapa update,mereka hanya menyisakan hingga 3 format saja,akan tetapi ini juga tidak bermasalah bagi sebagian orang.

memilih-format-iklan-facebook

  • Gambar Tunggal: Di sarankan untuk menggunakan gambar produk atau merek yang anda miliki
  • Video Tunggal: Anda juga dapat menambahkan video tunggal dan mendapatkan potensi yang lebih tinggi,karena pada dasarnya video lebih menarik untuk dilihat daripada hanya sebuah gambar saja
  • Carousel: Jenis format iklan ini sering digunakan oleh situs marketplace.Jika anda memiliki produk yang beragam,maka opsi ini sangat cocok untuk anda pilih.Anda dapat memasang foto maksimal hingga 10 gambar maupun video,dan masing-masing memiliki tautan tersendiri
  • Koleksi: Adapun jenis format iklan ini dapat berisi gabungan berupa gambar dan video

10.Buat Judul & Deskripsi Iklan

Jika anda telah selesai memilih format iklan yang anda inginkan,maka langkah selanjutnya adalah membuat judul iklan dan juga deskripsi yang nantinya akan tayang pada beranda facebook.

Pada tahap ini,lebih di sarankan anda memasukan judul yang singkat to the point,namun dapat mewakili dari produk yang anda jual.Hal ini di karenakan terkadang pembaca sering melakukan skip dan malas membaca jika judul dan deskripsi terlalu panjang.

Jangan lupa juga untuk menautkan link URL situs yang ingin anda tujukan dari iklan tersebut

11.Memasukan Gambar atau Video

Apabila anda telah selesai membuat judul dan deskripsi iklan,maka selanjutnya adalah memasukan gambar ataupun video anda yang sesuai dengan produk dan deskripsi yang anda tawarkan.

Sebisa mungkin,anda memasukan gambar ataupun video ini yang memiliki nilai visual yang sangat menarik.Mengapa?Karena agar para audience anda memiliki ketertarikan dan minat yang tinggi untuk membeli produk yang telah anda iklankan tersebut.

memasukan-gambar-atau-video-iklan

Baca juga: Facebook Jualan Anda Sepi?Ini 7 Kesalahan dan Solusi Lengkap Mengatasinya

12.Menambahkan Metode Pembayaran

Lengkah terakhir yang dapat anda lakukan agar metode facebook ads anda dapat segera di terbitikan oleh facebook,anda harus membayar sejumlah uang sesuai dengan konfigurasi yang telah anda lakukan sebelumnya.

Kabar baiknya,sekarang ini facebook sudah support untuk beberapa metode pembayaran yang lebih beragam.Di antaranya dapat anda lihat sebagai berikut:

metode-pembayaran-facebook-ads

Jenis Ukuran Gambar Untuk Facebook Ads

ukuran-gambar-iklan-facebook

Pada tahapan ini,saya akan memberitahukan anda beberapa jenis ukuran gambar yang di perlukan untuk di pasang di iklan facebook anda,agar dapat terlihat lebih baik.

Mengingat karena facebook memiliki ukuran gambar yang cukup beragam dan banyak,maka hal ini sangat penting untuk anda ketahui.Selain itu,ukuran gambar yang pas dapat membuat tampilan iklan anda menjadi lebih rapi dan elegan.

1.Gambar Tunggal

Berikut adalah ukuran gambar tunggal:

  • Ukuran Gambar: 1200 x 628 Pixels
  • Ukuran Facebook dan Instagram Stories: 1080 x 1920 Pixels

2.Video Tunggal

Berikut adalah ukuran video tunggal:

  • Ukuran Video Full HD: 1920 x 1080 Pixels
  • Format Video: mp4, mov, dan juga gif
  • Durasi Video untuk Facebook: 1 – 240 detik
  • Durasi Video untuk Instagram: 1 – 60 detik
  • Ukuran File: Max 4GB

3.Carousel

Berikut adalah ukuran format carousel:

  • Ukuran Gambar: 1080 x 1080 (Feed)
  • Ukuran File: Max 30MB

Kelebihan Facebook Ads

kelebihan-facebook-ads

Pada tahap ini,kita akan membahas sedikit tentang kelebihan menggunakan facebook ads di bandingkan platform media sosial lainnya.

1.Pengguna aktif yang Banyak

Perlu di ketahui,bahwa saat ini facebook memiliki pengguna jumlah aktif yang cukup banyak di dunia.Mungkin menurut anda instagram lebih unggul dari facebook?

Memang jika di lihat dulu pernah pengguna instagram melonjak naik,apalagi rata-rata peminat instagram ini adalah kalangan muda,sedangkan facebook di anggap lebih di minati oleh pengguna orang tua.

Hal tersebut memang ada benarnya juga,karena juga facebook lebih dulu muncul dan digunakan oleh hampir semua orang,sebelum adanya instagram.Namun,bukan berarti pengguna facebook ini tidak ada atau mati total,hanya saja kedua platform media sosial ini memiliki peminat yang berbeda-beda.

Saat ini,facebook memiliki pengguna aktif terbanyak kedua setelah YouTube.

2.Target yang Spesifik

Karena banyaknya pengguna aktif facebook,ini dapat menjadi salah satu kelebihan yang di miliki oleh facebook.Dengan begitu,anda dapat menargetkan target iklan berdasarkan kebutuhan yang ingin anda sesuaikan.

Anda dapat menargetkan iklan berdasarkan usia,lokasi,hobi dan minat.

3.Sangat Efektif Untuk Berbagai Kebutuhan Marketing

Ini juga merupakan salah satu kelebihan yang cukup menonjol dan membuat orang-orang tertarik untuk beriklan menggunakan facebook ads.Dengan adanya berbagai tujuan kebutuhan marketing anda,maka anda dapat menyesuaikan dengan keinginan anda sendiri.

Adapun berbagai tujuan marketing yang dapat anda pilih seperti menginstal aplikasi, mendapatkan trafik, dan mendapatkan pembelian.

4.Remarketing

Fitur remarketing ini juga ternyata di miliki oleh facebook ads,seperti yang di miliki oleh Google ads.

Dengan adanya fitur ini,dapat membuat iklan anda tidak hanya tampil di facebook saja,namun juga dapat tampil di situs web atau aplikasi yang sudah bekerja sama dengan facebook.

Dengan begitu,potensi anda untuk mendapatkan calon pelanggan lebih besar.

5.Biaya Facebook Ads Relatif Murah

Salah satu keuntungan dan kelebihan yang di miliki oleh facebook ads ini adalah biaya iklan yang relatif murah di bandingkan dengan platform iklan lainnya.

Hanya bermodalkan budget kisaran Rp.10.000 saja,anda sudah dapat memulai beriklan di facebook.Fitur pengoptimalan yang di miliki oleh facebook juga dapat membuat harga anggaran yang di tetapkan dapat lebih murah.

Kesimpulan:

Sekarang ini,menggunakan platform media periklanan sangatlah ramai sekali di gunakan oleh banyak orang,khususnya mereka yang berjualan online.Hal ini di lakukan agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan untuk tertarik dan membeli produk yang ingin anda jual.

Karena saking banyaknya media periklanan saat ini ,terkadang membuat orang-orang bingung untuk memilih platform yang mana yang cocok untuk mereka gunakan.Maka dari itu kami membuat artikel ini agar dapat membantu anda untuk memahami cara menggunakan facebook ads.

Namun,di sini bukan berarti kami tidak menyarankan anda untuk menggunakan platform periklanan yang lain seperti Google ads,Twitter ads,dan lain sebagainya.Hal ini kembali lagi kepada pribadi masing-masing,lebih suka dan lebih nyaman menggunakan platform yang mana untuk dapat di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Mungkin,itu saja yang dapat kami rangkum pada materi kali ini,selanjutnya akan kami bahas lebih dalam tentang media periklanan yang lainnya dan juga tentang iklan di facebook ads.

Jika anda menemukan kesalahan pengejaan/kata atau menemukan link yang rusak,maka jangan sungkan untuk segera melaporkan kepada kami dengan cara mengirimkan email,anda dapat mengunjungi halaman “hubungi kami“.

Terima kasih,

Wassalam.

Share:

editor

Seorang Pebisnis Online & Selalu Ingin Sharing Ilmu Melalui Media Internet dengan Tujuan yang Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *