Contact Information

Central Kalimantan,Indonesia

Simflitycom – Apakah kalian masih seorang pemula diera digital sekarang ini,khususnya menggunakan email untuk keperluan bisnis?Jika iya kalian berada ditempat yang tepat,karena akan kita pelajari dari nol,kupas tuntas dari noob to pro.

Platform media komunikasi seperti gmail ini sudah ada sejak lama,bahkan dulu media ini cukup populer dibeberapa kalangan untuk mengirim pesan,gambar,dan lain-lain.Namun,semakin hari perkembangan zaman semakin pesat dan terus meningkat dengan berbagai update pembaruan fitur-fitur yang ada.

Bahkan,kalo dulu orang-orang banyak yang memakain platform mail dari Yahoo,namun sekarang sudah jarang sekali orang-orang menggunakanya,karena sekarang orang lebih suka menggunakan gmail,milik Google.

Seiring dengan perkembangan zaman,dan banyak sekali perubahan yang terjadi diberbagai platform media,orang-orang mulai mengubah kebiasaan yang berbeda.

Misalkan saja jika dulu para pedagang dan pelaku UMKM hanya dapat berjualan secara offline,maka sekarang ini bukanlah zamannya lagi untuk menggunakan metode tradisional tersebut,mereka juga harus selalu update dan mengikuti perkembangan teknologi,agar dapat mempertahankan usaha yang mereka miliki dan juga agar dapat bersaing dengan kompetitor mereka.

Jika tidak begitu,maka mau tidak mau kita akan kalah bersaing dan kemungkinan akan gulung tikar alias bangkrut.Oleh karena itu,orang-orang mulai menggunakan berbagai media sebagai alat senjata promosi mereka dan lapak jualan mereka,ada yang menggunakan media sosial seperti facebook,instagram,website,youtube,dan lain-lain.

Namun,tak jarang juga orang menggunakan gmail sebagai media promosi mereka,karena seiring perkembangan waktu,platform gmail ini memang tidak dapat diremehkan dan hampir semua bisnis menggunakannya.Biasanya orang-orang menggunakan ini untuk promosi tentang produk,berita update,dan memang terbukti cukup ampuh untuk menarik pelanggan.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang panduan lengkap tentang email marketing,dan kita akan kupas tuntas dari awal pengenalan sampai strategi yang dapat digunakan dengan platform media ini.Ini sangat cocok juga untuk pemula yang ingin mempelajari dari awal sampai strategi yang harus dipersiapkan.

Berikut adalah panduan lengkap email marketing untuk pemula

1.Pengenalan Email Marketing

Panduan Menggunakan Email Marketing Terlengkap Untuk Pemula (Terbaru 2021) Simflitycom

Pada dasarnya,platform media seperti email marketing ini biasanya digunakan oleh para pelaku bisnis online,yang ingin mempromosikan suatu produk ataupun menawarkan jasa,kepada pelanggan yang yang ingin mereka targetkan.

Tentu ini suatu perubahan yang cukup drastis,karena pada zaman dahulu,media seperti gmail ini hanya digunakan untuk mengirimkan sebuah pesan,gambar,video pendek,ataupun file lainnya.Namun,seiring perkembangan teknologi,orang-orang mulai mengubah kebiasaan tersebut sesuai dengan trend yang ada.

Saat ini,seiring berjalannya waktu,pengguna platform gmail semakin meningkat secara terus menerus,karena mengingat segala kebutuhan yang ada di internet seperti untuk login,resgister di berbagai situs,biasanya memerlukan yang namanya email.

Nah,biasanya orang-orang yang memiliki website ataupun aplikasi,lebih mudah untuk mengumpulkan list mail yang banyak dan mungkin tertarget,dengan begitu mereka lebih mudah untuk mengirimkan promosi produk maupun layanan.

Maka dari itu,bagi kalian yang mempunyai bisnis ataupun layanan jasa,cobalah untuk membuat website dan buat list daftar mail untuk mengumpulkan pelanggan yang tertarget.

Adapun jenis-jenis isi email marketing adalah:

  1. Promosi produk terbaru ataupun penawaran layanan jasa
  2. Konten atau artikel terbaru dalam sebuah situs blog
  3. Penawaran kupon untuk membeli sebuah produk
  4. Tips & trick yang sedang trending
  5. Berita terbaru yang sedang viral
  6. Program reward atau loyalty
  7. Konten & kuis
  8. Download gratis(file,e-book,template,dan lain-lain)

Masih banyak lagi yang dapat kita lakukan dengan gmail,tergantung dengan kesesuaian dengan apa yang kita miliki.

Baca juga: Panduan Digital Marketing Terlengkap Untuk Pemula

2.Mengapa Harus Email Marketing

Panduan Menggunakan Email Marketing Terlengkap Untuk Pemula (Terbaru 2021) Simflitycom

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya,mengapa sih harus menggunakan platform media ini?

Sebenarnya ada banyak sekali alasan dan beberapa faktor mengapa kita juga harus menggunakan media mail ini,ya salah satunya adalah karena semakin meningkatnya orang-orang yang memiliki akun gmail dan maraknya pelaku para pebisnis online,yang mengharuskan kita sebagai owner dari usaha tersebut melakukan promosi atau penawaran produk secara online melalui jejaring sosial seperti mail ini.

Namun,ada beberapa juga alasan mengapa kita harus menggunakan gmail sebagai media promosi,berikut ulasanya:

A.Simple

Dari tahun ke tahun,orang-orang lebih suka dan senang menggunakan smartphone sebagai teman segalanya,entah itu untuk urusan bisnis dan lain-lainnya.

Seiring dengan perkembangan tersebut,pengguna layanan komunikasi gmail juga semakin meningkat,dan cukup mudah digunakan disetiap smartphone dengan aplikasi yang tersedia.Dengan begitu,orang lebih mudah mendapatkan pemberitahuan baru dengan situs atau brand yang mereka sukai.

Misalkan saja,ada orang yang menyukai sebuah situs tentang agama,maka ia hanya cukup memasukan gmail mereka ke dalam situs tersebut,kemudian dengan mudahnya ia akan mendapatkan update dan pemberitahuan berita terbaru dari situs tersebut melalui layanan mail tersebut.

B.Personal

Mungkin,gak semua orang yang suka ketika kita mengirimkan sebuah pesan melalui gmail tersebut,bahkan jika terlalu sering juga kemungkinan pelanggan yang awalnya suka bakal ngerasa terspam dan akan unsubscribe dengan layanan marketing kita.

Selain itu,sifat mail ini juga personal,yang mana kita bisa langsung berinteraksi secara personalisasi dengan isi pesan ataupun penawaran produk dan jasa yang ingin kita tawarkan.

Dengan sifatnya yang personal tersebut,apapun yang kita sampaikan tidak akan terlihat secara publik seperti media lainnya,facebook,instagram,twitter,youtube.

C.Hemat Waktu

Dengan menggunakan layanan seperti email marketing,kita dapat menghemat waktu untuk melakukan promosi.Pada dasarnya,kita hanya cukup sekali membuat atau menuliskan sebuah pesan maupun promosi,dan kita dapat menambahkan banyak sekali penerima dengan sekali kirim tanpa harus mengirim satu-satu.

Selain itu,biasanya pesan yang ingin dikirimkan kepada pelanggan hampir mirip-mirip saja,hanya ada beberapa bagian yang diubah.Dengan begitu,waktu kita akan lebih hemat.

D.Pelanggan yang Tertarget

Mempunyai pelanggan yang sesuai dengan penawaran yang kita miliki,memanglah suatu keinginan bagi para pelaku bisnis online yang ingin mempromosikan usaha mereka secara online.

Oleh karena itu,biasanya orang-orang yang melakukan subscribe terhadap sebuah situs dan lain-lain,mereka merupakan orang yang menyukai terhadap penawaran yang ada dalam situs tersebut.Karena,jika mereka tidak menyukai maka mereka tidak mungkin ingin melakukan sistem langganan terhadap situs tersebut.

Keuntungan memiliki pelanggan yang tertarget adalah kita dapat mudah mempromosikan produk baru ataupun penawaran layanan jasa yang kita miliki,dan pelanggan yang target tersebut mungkin hampir 75% dari mereka akan tertarik dengan promosi yang kita buat tersebut,karena niat mereka berlangganan yaitu untuk mendapatkan pemberitahuan terbaru terhadap situs tersebut.

E.Template yang Menarik

Menggunakannya email marketing sebagai senjata promosi,kita dapat menggunakan template desain yang disediakan untuk menambah logo brand atau membuat visual tampilan yang menarik,sehingga pelanggan suka ketika kita mengirimkan pesan kepada mereka.

Namun,sayangnya tidak semua platform menyediakan template,biasanya ini hanya ada pada fitur yang berbayar.Akan tetapi,kalian jangan khawatir,disini saya akan merekomendasikan kalian untuk menggunakan Mailchimp,ya walaupun template free yang disediakan terbatas,namun kita bisa mencobanya terlebih dahulu.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tools Untuk Melejitkan Bisnis Anda

3.Strategi Email Marketing

Panduan Menggunakan Email Marketing Terlengkap Untuk Pemula (Terbaru 2021) Simflitycom

Ketika kita sudah memahami seberapa penting dan keuntungan mail marketing,bukan berarti kita langsung take action tanpa belajar dahulu strategi yang harus digunakan,karena jika hanya ingin untung saja,maka itu tidak akan bisa berhasil,karena tidak semuanya akan berjalan dengan lancar,pasti ada saja waktunya kita kesusahan dan harus mencari jalan solusi.

Ada beberapa teknik strategi email marketing yang perlu kita pelajari terlebih dahulu sebelum take action,berikut ulasannya:

A.Mencari & Mengumpulkan Subscribers

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah berusaha bagaimana caranya mencari dan mengumpulkan mail para subscriber sebanyak yang kita inginkan,dan usahakan subscriber tersebut sesuai dengan target yang akan kita lakukan penawaran dan promosi.

Dengan banyaknya mail yang terkumpul,kita dapat membuat sebuah promosi tentang update produk terbaru dan sebagainya,kemudian kita dapat menyebarkan sebanyak-banyaknya penawaran tersebut.

Sebagai pemula,mungkin beberapa dari kita agak kebingungan dan kesulitan,bagaimana cara mencari dan mengumpulkan subscriber,dikarenakan sebagia dari kita masih awam untuk menggunakannya.Maka dari itu,kalian dapat mencoba cara-cara berikut dibawah ini.

1.Buatlah Penawaran yang Menarik

Ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk membuat sebuah penawaran yang menarik.Dalam strategi marketing,sebelum kita mempublish suatu promosi kepada publik,cobalah kita periksa lagi dan anggap diri kita ini sebagai orang lain ketika melihat promosi yang kita buat.

Manfaatnya adalah agar kita dapat menilai bagaimana konten promosi yang kita buat tersebut,apakah nyaman dan menarik dihadapan orang lain?Jika kita saja merasa tidak nyaman dengan postingan yang kita buat,apalagi orang lain yang melihatnya.

Membuat penawaran yang menarik dapat dilihat dari berbagai sisi,yang pertama dapat kita lihat dari segi visual desain yang menarik,tulisan yang menarik dan rapi,yang pasti nyaman dipandang.

2.Buatlah Giveaway

Biasanya,orang-orang sangat suka pada gratisan ketika pertama kali membuka suatu usaha atau bisnis,seperti halnya giveaway.Ketika orang-orang melihat ada promosi postingan giveaway,mereka sangat berbondong-bondong mengikutinya dan melakukan apapun persyaratan yang diminta oleh admin pemilik giveaway tersebut.

Nah,ketika masih awam dalam teknik email marketing,kita dapat menggunakan cara yang satu ini untuk perlahan mengumpulkan subscriber kita.Cobalah buat peraturan yang ada kaitannya dengan ini,misalkan arahkan mereka yang ingin ikutan giveaway ini wajib mendaftar terlebih dahulu di list gmail yang telah disediakan.

3.Gunakan Pop-up yang Menarik

Pernahkan kalian mengunjungi sebuah website dan kemudian muncul pop-up sebuah penawaran seperti mendaftarkan gmail untuk mendapatkan update terbaru dari situs tersebut?

Menurut kalian bagaimana,tentu hampir sebagian orang berfikiran bahwa pop-up tersebut sangat menganggu bagi para pengunjung,namun pada dasarnya tidak,justru hampir 75% website menggunakan metode ini untuk mengumpulkan subscriber mereka.

B.Membuat Konten atau Pesan

Setelah kalian dapat mengumpulkan subscribe yang banyak dan juga tertarget,maka kalian juga perlu memahami bagaimana cara membuat isi pesan dan apa saja yang harus dibuat untuk mempromosikan sebuah promosi produk maupun layanan jasa.

Dengan memahami apa saja yang perlu kita buat dalam sebuah penawaran tersebut,maka kemungkinan besar sebagian dari subscriber kita tersebut akan tertarik kepada penawaran yang kita buat.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatian dalam membuat sebuah promosi melalui teknik email marketing,berikut pembahasannya.

1.Subject Email

Hal pertama yang harus kita perhatikan dalam menuliskan sebuah mail yang berisikan penawaran promosi produk maupun jasa adalah sebuah subject email yang akan tampil dibagian awal.Ketika para pelanggan atau subscriber yang menerima email kita nantinya,mereka tentu akan melihat terlebih dahulu tentang apa isi dari mail yang dikirimkan tersebut.

Jika dari subject nya saja sudah menarik,tentu pelanggan akan tertarik membacanya sampai selesai,namun sebaliknya jika dari subjectnya saja sudah membuat pelanggan malas membuka apalagi membaca,ya mungkin akan terabaikan begitu saja.

Berikut adalah contoh-contoh subject email yang menarik:

  • Penting atau Wajib Baca,biasanya orang-orang akan langsung tertarik untuk membaca ketika ada kata tersebut
  • FREE,dengan menyelipkan kata gratis tersebut,hampir 95% orang-orang bakal langsung membaca isi pesan yang telah kita kirimkan.
  • Buatlah kata yang membuat orang penasaran.

2.Tampilan Desain yang Menarik

Memiliki tampilan visual desain yang menarik,adalah 50% bagian dari ketertarikan orang-orang para subscriber kita.Pada umumnya,jika sebuah isi pesan gmail yang natural saja tanpa ada tambahan visual yang menarik ditambah tulisan yang tidak rapi,maka pelanggan yang menerima pesan tersebut menjadi malas membaca dan akan mengabaikan isi pesan tersebut.

Namun,jika kita menggunakan gmail yang biasa alias gratis,fitur untuk desain ini masih tidak ada,karena kita harus menggunakan yang berbayar.Seperti yang telah saya bahas,ada baiknya jika kalian menggunakan platform mail lainnya seperti Mailchimp.

Walaupun ada versi berbayarnya,namun dengan versi gratisnya juga telah ada fitur desainnya seperti tempat untuk menaruh logo,gambar,dan lain-lain.Selain itu,kalian juga dapat menggunakan platform mail dari Kirim Email,yang mana ini berasal dari Indonesia.

3.Gunakan Copywriting yang Menarik

Setelah kalian memiliki tampilan visual desain yang menarik,maka kalian juga harus memperhatikan copywriting yang menarik.Mungkin,sebagian dari kalian belum tahu apa itu copywriting?Kalian dapat baca artikel sebelumnya.

Memahami Apa itu Copywriting & Mengapa Penting Dalam Sebuah Bisnis

Dalam ilmu ini,kalian harus bisa membuat kata-kata yang membuat orang itu seakan-akan terhipnotis ketika lagi membaca,eits tapi buka hipnotis seperti yang menipu itu ya.Buatlah kata-kata menarik atau seperti mengajak kepada pelanggan yang membaca tersebut.

Usahakan sebelum mengirimkan isi pesan mail,kalian coba rasakan sendiri dan baca atau minta bantuan teman dekat,apakah mereka tertarik ketika membaca pesan tersebut.

4.Tambahkan Tombol Unsubscribe Pada Email

Ini juga merupakan hal yang paling penting yang harus kita perhatikan,karena pada dasarnya tidak semua pelanggan kita ingin mendapatkan kiriman pesan selamanya atau mereka merasa terganggu dan seakan akan seperti spam yang terus berdatangan.Oleh karena itu,kita harus menyediakan tombol unsubscribe,biasanya terdapat dihalaman paling bawah setiap mail yang dikirimkan.

Sebagian orang menganggap bahwa ini tidak terlalu penting,padahal ini akan membuat orang akan semakin membenci dan merasa kesal ketika mereka tidak bisa unsubscribe karena mereka tidak suka dengan pesan yang dikirimi oleh bagian yang mereka tidak inginkan.

4.Bagaimana Cara Mengukur Kesuksesan Email Marketing

Setelah kalian mengikuti beberapa panduan langkah-langkah diatas,maka langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah mengukur kesuksesan atau pencapaian yang telah kalian usahakan selama ini,apakah hasil usaha kerja keras kalian membuahkan hasil atau sebaliknya.

Tentu saja,kita sebagai pelaku yang melakukan sebuah promosi bisnis melalui cara ini,tentu ingin apa yang telah kita lakukan akan berhasil.Bagaimanapun,kita tidak bisa jika hanya melakukan promosi saja secara terus menerus tanpa adanya monitoring atau mengontrol apakah ada kemajuan dalam promosi yang kita lakukan,atau apakah tidak ada perubahan sama sekali.

Maka dari itu,kita perlu mengukur seberapa jauh kesuksesan yang telah kita capai selama ini.Ada beberapa hal yang dapat kita ukur untuk mengira apakah ada perkembangan selama ini atau tidak,berikut pembahasannya.

A.Bounce Rate

Hal pertama yang dapat kita perhatikan adalah bounce rate.Hal ini sering terjadi pada pemula yang sedang memulai melakukan promosi menggunakan platform mail.Mereka biasanya masih tidak terlalu paham dengan apa yang harus diperhatikan dan bagaimana cara mengatasi suatu masalah yang terjadi.

Ada 2 jenis bounce rate yang perlu kita ketahui,yaitu soft bounces dan hard bounces.Kedua hal ini seringkali disepelakan,bahkan bukan hanya pemula,yang sudah lama pun sering mengabaikan hal ini.Jika kalian masih belum apa maksud pengertian dari 2 hal tersebut,berikut penjelasannya.

  1. Soft bounces,bisa terjadi jika email milik si penerima masih aktif,namun pesan ataupun inbox mereka sudah penuh ataupun sedang dalam masalah gangguan,maka pesan yang kalian kirim akan bouce atau mantul.Jika mereka telah menghapus seluruh isi inbox mereka yang sudah penuh,maka kalian dapat mengirim ulang dan akan masuk dalam inbox mereka.
  2. Hard bounces,yaitu merupakan sebuah alamat mail yang sudah tidak valid,palsu,tidak terdaftar,atau sudah dihapus.Ini biasanya terjadi karena pelanggan yang hanya iseng-iseng saja memasukan email yang sembarangan.Jika demikian,sudah pasti sampai kapanpun pesan kita tidak akan pernah terkirim.Ada baiknya,jika kalian sesegara mungkin menghapus alamat mail tersebut,karena hal itu akan berpengaruh terhadap reputasi alamat pengiriman.Oleh karena itu,usahakan untuk selalu mengecek apapun yang terlihat mencurigakan di alamat mail kalian.

B.CTR (Clickthrough Rate)

CTR atau biasa disebut Clickthrough Rate merupakan sebuah alat ukur yang sering digunakan untuk mengukur kesuksesan dalam menjalankan promosi mereka.Dalam hal ini,kalian dapat menggunakan CTR sebagai testing untuk melihat sebuah strategi yang telah kalian lakukan sejauh ini,apakah ada perkembangan atau tidak.

Alat ukur ini merupakan hal yang cukup penting untuk para mail marketer,karena CTR ini berfungsi untuk memberikan insight secara langsung seberapa banyak orang-orang yang terdapat pada list gmail kalian dengan konten yang pernah kalian tawarkan serta untuk mengetahui penawaran mana yang membuat pelanggan tertarik.

C.Open Rate

Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah Open Rate,yaitu alat ukur yang dapat memberi kalian notifikasi,apakah pesan yang kalian kirimkan kepada subscriber kalian telah membuka isi dari email tersebut,apa belum.

Disini kalian dapat memperhatikan secara rinci open ratenya,jika rendah maka kalian sebica mungkin harus menggunakan cara yang lebih menarik,seperti memperbaiki subject mail,copywriting,dan lain-lain.

D.Conversion Rate

Conversion rate dapat diartikan sebuah persentase si penerima mail yang mengklik link yang telah kalian kirimkan,kemudian melakukan action terhadap penawaran promosi maupun layanan yang telah kalian catumkan di isi mail tersebut,seperti membeli/memesan produk,mengisi data formulir,dan lain-lain.

Sebisa mungkin,setelah mereka mengklik link yang kalian selipkan di email tersebut,cobalah untuk mengarahkan terhadap produk yang kita promosikan,akan lebih bagus lagi jika kalian memiliki situs,kalian dapat membuat landing page yang memiliki tampilan visual yang menarik,sehingga orang-orang akan langsung tertarik ketika melihat.

Cobalah juga melakukan pemberian bonus ataupun hal-hal yang gratis,agar dapat lebih memancing pelanggan untuk segera melakukan action.Namun,dalam hal ini jangan sampai dipersulit atau sampai pelanggan merasa tertipu,jika memang gratis maka kita harus bisa menjelaskan secara rinci di penawaran kita.

Kesimpulan:

Pada dasarnya,ilmu email marketing ini sebenarnya tidak terlalu susah sekali,asal yang kita lakukan itu benar sesuai dengan langkah-langkah yang telah kita bahas diatas.Saat ini,sudah banyak sekali orang orang khususnya para internet marketer menggunakan cara ini untuk memperluas jangkauan dan mendapatkan pelanggan lebih banyak.

Walaupun kita masih pemula dan awam dalam bidang ini,tidak ada salahnya untuk kita juga mencobanya dan tidak ada kata terlambat jika kita memang serius untuk mendapatkannya.Jika kita memang niat sekali ingin mempelajari ilmu email marketing ini,yakinlah 100% pasti bisa untuk mendapatkannya,karena jika kita tidak yakin,maka itu semua tidak akan bisa tercapai.

Mungkin,itu saja pembahasan kali ini,next akan kita bahas lebih dalam lagi,untuk memperluas ilmu kita dalam bidang ini,jangan lupa share jika bermanfaat.

Terima kasih.

Wassalam.

Share:

Seorang Internet Marketer dan Publisher yang Ingin Belajar Sambil Mengajar Melalui Rangkaian Tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *