Contact Information

Central Kalimantan,Indonesia

Simflitycom – Apakah anda sedang kebingungan bagaimana cara mengatasi stres kerja yang sering terjadi,terlebih jika sedang dalam keadaan menghadapi masalah.Terkadang juga yang terlalu membuat anda depresi adalah stres yang berterusan,sehingga pekerjaan anda menjadi terbengkalai dan tidak terlalu dipedulikan.

Tidak semua pekerjaan sesuai dengan minat yang anda inginkan,bahkan ada sebagian orang yang terpaksa untuk memiliki suatu pekerjaan yang tidak mereka inginkan.Namun,apa boleh buat,mereka tidak mempunyai pilihan lain selain pekerjaan itu,sehingga terkadang mereka terlalu memikirkan pekerjaan tersebut sampai mengalami stres.

Dari stres tersebut,orang-orang akan melampiaskan rasa stres mereka dengan hal-hal negatif,sehingga hal tersebut akan lebih memperburuk kesehatan.Beberapa contohnya adalah lebih banyak merokok,makan-makanan kolestrol yang berlebihan,bergadang tiap malam,minum alkohol,dan lain sebagainya.

Pada pembahasan kali ini,kita akan membahas tentang bagaimana menyikapi hal-hal tersebut.Ada beberapa cara mengatasi stres kerja,tentunya hal ini juga harus dapat dilakukan oleh anda dengan baik dan bisa menerapkannya ke dalam kehidupan anda.

Cara Mengatasi Stres Kerja

Cara-Mengatasi-Stres-kerja

Stres dalam bekerja bisa menimbulkan banyak dampak negatif,jika orang yang mengalami tersebut memiliki kepribadian yang terbiasa buruk.Selain itu,terlalu banyak stres dapat membuat orang menjadi tidak produktif bekerja.

Hal tersebut sangatlah tidak baik,dan bisa jadi bukan hanya berdampak pada dirinya saja,melainkan akan berdampak buruk juga bagi orang-orang yang ada disekitarnya.

Maka dari itu,hal tersebut harus di hindari dan di cegah secepat mungkin.Agar tidak terjadi hal-hal yang yang tidak di inginkan terjadi.

Berikut adalah ulasan penyebab stres kerja dan cara mengatasinya

1.Mengatur Pola Makan

Mengatur-Pola-Makan

Cara mengatasi stres kerja yang pertama adalah dengan mengatur pola makan.

Seringkali terjadi,ketika mendadak pekerjaan menumpuk dan juga ditekan oleh atasan untuk segera menyelesaikan pekerjaan tersebut,membuat pekerja menjadi kebingungan hingga depresi memikirkan bagaimana menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Akhirnya,karena ingin mencapai target pekerjaan tersebut dapat selesai dengan cepat,mereka melupakan jam-jam mereka untuk istirahat makan.Padahal,otak dan tubuh kita ini memerlukan nutrisi dan tenaga untuk dapat bekerja dalam jangka lebih lama.

Namun,bukan berarti anda harus makan terlalu banyak atau berlebihan seperti makanan yang mengandung kolestrol yang tinggi.Anda juga harus menyeimbangkan dengan makanan yang bergizi dan yang sehat,agar stamina tubuh dan otak anda dapat berpikir dengan baik.

Baca juga: 10 Tips Ampuh Cara Agar Tetap Produktif Selama Pandemi

2.Mengatur Jam Istirahat

Mengatur-Jam-Istirahat

Cara mengatasi stres kerja yang kedua adalah dengan mengatur jam istirahat.

Sesibuk apapun pekerjaan anda dan deadline yang selalu membuat anda mengejar waktu,sempatkanlah untuk mencari waktu istirahat untuk menenangkan badan dan pikiran anda.

Jika anda bekerja di kantoran atau perusahaan,tentu mereka memiliki aturan waktu istirahat yang berbeda-beda dan tidak mungkin mereka tidak ada meluangkan waktu untuk karyawan istirahat untuk terus bekerja saja tanpa kenal lelah.

Stres seringkali menimpa orang-orang yang selalu sibuk bekerja tanpa kenal lelah atau tanpa istirahat.Bekerja keras memanglah bagus untuk mencapai cita-cita yang anda inginkan,namun bukan berarti anda harus mengorbankan kesehatan anda sendiri,bukanya sukses malah sakit.

Selain itu,ketika waktu istirahat gunakanlah waktu tersebut sebaik mungkin untuk istirahat anda,entah itu untuk makan-makan secukupnya atau hal positif lainnya.

3.Mengetahui Batas Kemampuan Anda

Mengetahui-Batas-Kemampuan

Cara mengatasi stres kerja yang ketiga adalah dengan mengetahui batas kemampuan.

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya,bekerja keras memanglah sangat bagus,namun anda juga harus menguji beberapa hal dalam diri anda terlebih dahulu,dikarenakan setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Ada orang itu yang sanggup menjadi seorang multitasking dan dapat bertahan lama.Kemudian ada juga orang itu yang terkadang di berikan 2 jenis pekerjaan saja sudah terpecah fokus mereka dan akhirnya pekerjaan mereka tidak efisien.Jadi,setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan tidak dapat disamakan.

Begitu juga dengan anda,anda harus tahu terlebih dahulu sampai mana batas kemampuan yang dapat anda kerjakan.Jangan sampai anda melebihi batas kemampuan anda,misalkan saja anda hanya mampu bekerja sehari 8 jam,jika lebih maka anda akan pusing dan depresi.Berarti anda tidak boleh bekerja lebih dari 8 jam,kalo bisa kurang dari waktu itu untuk menghindari stres yang berlebihan.

Selain itu,anda juga harus mengetahui batas-batas kemampuan anda dalam hal lainnya,agar anda tidak merasakan stres yang terlalu berat sehingga menimbulkan penyakit yang menyerang.

4.Berolahraga

Berolahraga-Untuk-Mengurangi-Stres

Cara mengatasi stres kerja yang keempat adalah dengan berolahraga.

Dapat kita lihat yang sering muncul di sekitar kita,bahwa orang yang suka berolahraga tubuh mereka selalu terasa segar dan terasa semangat membara tiap hari.Selain itu,dengan sering berolahraga dapat membuat pikiran lebih rileks dan dapat menghindari pikiran-pikiran negatif.

Namun,seringkali orang-orang malas untuk melakukannya,walaupun terlihat sangat simple.Padahal olahraga memiliki banyak dampak positif terhadap orang-orang yang sering mengamalkannya.

Olahraga tidak perlu yang terlalu berat-berat seperti para binaragawan,seperti mengangkat barbel yang hingga 50kg.Anda dapat melakukan olahraga rumahan yang biasa saja,contohnya adalah lari ditempat,push up,sit up,dan olahraga rumahan lainnya.Dengan begitu,tubuh anda terasa segar setiap saat dan kesehatan tetap terjaga.

Anda juga tidak perlu over dalam melakukan olahraga,misalkan melakukan olahraga,misalkan olahraga 10 jam dalam sehari.Tentu hal tersebut juga sangat tidak bagus.Walaupun sedikit,yang penting anda konsisten melakukannya.Dengan melakukan olahraga ini,stres anda dalam bekerja pun akan berkurang secara perlahan.

Baca juga: 8 Langkah Mudah Cara Mengatur Waktu Agar Lebih Produktif Bekerja

5.Jangan Terlalu Banyak Duduk

Jangan-Terlalu-Banyak-Duduk-Untuk-Mengurangi-Stres-Kerja

Cara mengatasi stres kerja yang kelima adalah jangan terlalu banyak duduk.

Seperti yang telah saya ungkapkan sebelumnya untuk sering berolahraga,maka keseringan duduk adalah salah satu faktor mengapa anda sering merasa stres,terlebih bagi anda yang bekerja di kantoran yang setiap hari duduk di depan laptop.Selain mata sering merasa lelah,tulang belakang anda akan terasa sakit apabila terlalu banyak duduk.

Seringkali terjadi juga ketika terlalu banyak duduk,badan jadi terasa lesu sehingga malas untuk pergi ke mana-mana.Akhirnya,ketika ingin melakukan sesuatu meminta bantuan teman seperti membeli makanan dan lain-lain.

Sebisa mungkin,anda harus menghindari hal ini.Jika memang pekerjaan anda harus di depan laptop setiap hari,maka anda harus mencegahnya untuk mengurangi resiko stres pada diri anda.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi resiko stres walaupun anda banyak duduk setiap hari,yaitu:

  • Memperbanyak minum air putih
  • Setiap 30menit,istirahat sejenak untuk meregangkan tubuh dan mengistirahatkan mata
  • Hiburan sejenak,entah itu dengan tertawa dan lain-lain

Dengan beberapa cara tersebut,setidaknya anda dapat mengurangi resiko terjadinya stres yang berlebihan sehingga membuat pekerjaan anda terbengkalai.

6.Jangan Sering Begadang

Jangan-Sering-Begadang

Cara mengatasi stres kerja yang keenam adalah jangan terlalu sering begadang.

Sekarang ini,begadang merupakan hal yang biasa dan umum dilakukan,baik dari kalangan anak muda maupun yang sudah tua.Padahal ada banyak sekali dampak negatif yang bisa terjadi jika anda sering begadang,apalagi jika begadang tersebut tidak terlalu penting atau bahkan di isi dengan hal-hal yang negatif.

Kalau sekali-kali yang memang tidak apa-apa,namun jika dilakukan berkali-kali tentu akan muncul masalah,seperti penyakit yang mudah berdatangan dan bekerjapun menjadi tidak bersemangat.

Setiap pekerjaan tentu memiliki jam kerja yang berbeda-beda,sebelumnya anda harus memaksimalkan waktu istirahat anda.Sebanyak apapun pekerjaan anda,usahakan semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya pada waktu siang hari,jangan sampai setiap malam begadang walaupun deadline yang selalu mengejar.

Apalagi bagi anda yang bekerja sebagai freelancer,yang memiliki waktu kerja full time 24jam seharian,dan terkadang memiliki waktu istirahat dan tidur yang tidak menentu.Hal tersebut sangatlah tidak bagus,karena bagaimanapun anda harus lebih mengutamakan kesehatan daripada pekerjaan.

Sering begadang membuat anda malas beraktivitas pada pagi hari,sering pusing,dan bahkan stres berat yang bisa menyerang pada diri anda.

Baca juga: 10+ Tips Cara Memilih Teman Bergaul yang Baik

7.Hindari Masalah di Kantor

Hindari-Masalah-di-Kantor

Cara mengatasi stres kerja yang ketujuh adalah dengan menjauhi masalah-masalah yang akan terjadi di kantor.

Hal ini bukanlah hal yang jarang terjadi,bahkan sering terjadi.Biasanya,para karyawan bisa terjadi konflik karena ketidaksesuaian pekerjaan antara karyawan lainnya atau ada permasalahan lain.Sehingga terkadang ada pekerja yang tidak sanggup menahan beban stres yang di alami ketika memiliki masalah di kantor.

Terkadang,ada pekerja lain yang tidak suka dengan anda dan mencoba mengusir anda dari kantor tersebut secara perlahan.Sedikit demi sedikit anda mulai menyadari dan terus berpikiran apa kesalahan yang telah anda lakukan,sampai anda stres memikirkan masalah tersebut.

Menurut saya,yang penting anda sudah melakukan pekerjaan dengan baik dan selalu menghormati antar sesama karyawan lainnya.Jika ada dari mereka yang tetap benci dengan anda hingga membuat anda stres,maka abaikan saja dia.Yang penting anda sudah melakukan hal terbaik dan jauhi orang-orang tersebut.

8.Hindari Masalah di Keluarga

Hindari-Masalah-di-Keluarga

Cara mengatasi stres kerja yang kedelapan adalah dengan menjauhi permasalah yang sering terjadi di keluarga.

Bagi anda yang selalu memiliki permalasahan pada rumah tangga atau dengan kerabat lainnya,ada baiknya jika anda perbincangkan secara baik-baik dengan mereka,entah itu bermusyawarah untuk segera berdamai dan mengakhiri permasalahan yang sering terjadi.

Terjadinya konflik di keluarga tidak hanya membuat anda saja stres,namun bisa juga terjadi pada keluarga yang memiliki masalah pada anda juga.Akhirnya setiap hari selalu ribut saja tanpa ada kedamaian yang nyaman antar keluarga tersebut.

Pada umumnya juga,permasalah dalam suatu keluarga ini bukanlah hal yang awam terjadi,melainkan hal yang biasa dan sering terjadi.Maka dari itu,agar pekerjaan anda tetap terjaga dan anda tidak terlalu stres,anda harus menyelesaikan konflik yang terjadi pada keluarga atau kerabat yang memiliki masalah dengan anda.

9.Memperbanyak Hal Positif

Menghilangkan-Stres-Dengan-Memperbanyak-Hal-Positif

Cara mengatasi stres kerja yang kesembilan adalah dengan memperbanyak melakukan hal positif.

Stres juga sering terjadi karena terlalu banyak melakukan hal negatif.Karena seperti yang kita ketahui,bahwa melakukan banyak hal negatif akan memunculkan banyak permasalahan yang timbul dan membuat orang bisa mengalami stres yang berat.

Ketika bekerja,anda harus fokus saja bekerja tanpa memikirkan hal-hal lain yang ada di luaran sana.Ketika jam kerja anda harus kerja,jangan keluyuran atau hanya tanda tangan saja.Ketika waktu pulang,maka anda harus secepat mungkin pulang ke rumah untuk menemani keluarga anda,jangan sampai nongkrong sampai tengah malam,karena akan banyak hal negatif yang bisa menjerumuskan anda.

Memperbanyak melakukan hal positif juga dapat memperbagus kepribadian anda agar dapat di pandang bagus di masyarakat.Namun bukan berarti disini sombong atau merasa paling baik,akan tetapi itu hanya sebagai jaga-jaga saja,karena tentunya akan sulit bermasyarakat dan akan menjadi perbincangan orang jika kita memiliki kepribadian yang buruk.

Baca juga: 10+ Tips Ampuh yang Dapat di Lakukan Ketika Anda Mengalami Kegagalan

10.Memperbanyak Ibadah

Memperbanyak-Ibadah

Cara mengatasi stres kerja yang terakhir adalah memperbanyak ibadah.

Pernahkan terpikir oleh anda untuk memperbanyak ibadah untuk sejenak mengingat akan nikmat yang sering diberikan.Ketika anda sering mengalami stres,bisa jadi itu adalah cobaan dari yang maha kuasa untuk memberi peringatan kepada anda untuk lebih giat beribadah setiap hari.

Mulai sekarang,cobalah untuk lebih memperbanyak beribadah kepada yang maha kuasa.Salah satunya adalah dengan mengerjakan 5 waktu dalam sehari dan kegiatan ibadah lainnya.Secara perlahan stres anda akan hilang dan kebahagiaan pun akan lebih sering datang kepada anda.

Kesimpulan:

Nah itu tadi adalah beberapa tips ampuh cara mengatasi stres kerja yang kemungkinan besar sedang anda alami sekarang ini.Namun,tidak memungkinkan juga cara tersebut dapat membantu anda,semuanya kembali pada anda masing-masing bagaimana cara melakukan actionya di lapangan.

Pada dasarnya,hampir seluruh orang pernah mengalami stres,entah itu karena pekerjaannya atau hal-hal lainnya.Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang telah membaca sampai tulisan ini.

Jangan lupa untuk membaca artikel menarik kami lainnya di situs ini.Jika anda menemukan link yang rusak atau ada kesalahan penulisan kata,jangan sungkan untuk segera melaporkannya di halaman “hubungi kami

Terima kasih,

Wassalam.

Share:

editor

Seorang Pebisnis Online & Selalu Ingin Sharing Ilmu Melalui Media Internet dengan Tujuan yang Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *