Contact Information

Central Kalimantan,Indonesia

Simflitycom – Sering kali kita menemukan banyaknya kegagalan dalam manajemen marketing.Terlebih lagi jika itu di lakukan tergesa-gesa dan melupakan hal apa yang harus di lakukan dan hal apa yang harus di tinggalkan.Seiring dengan berjalannya waktu,hal-hal yang telah kita lakukan akan sia-sia begitu saja dan tidak membuahkan hasil yang manis.

Berbeda dengan orang yang paham betul tentang strateginya dengan ilmu yang cukup mumpuni,maka akan mendapatkan banyak feedback dari pelanggan dengan ilmunya tersebut.

Pada pembahasan kali ini,kita akan membahas tentang tips-tips sederhana ilmu marketing dalam melayani pelanggan dan hal-hal apa yang harus di perhatikan.Barangkali ini dapat membantu teman-teman yang sedang merasa salah atau gagal dalam menerapkan ilmu tersebut.

Karena pada dasarnya,jika suatu pelayanan buruk entah itu di mana saja,rumah makan,restoran,kantor,rumah sakit,bayangkan saja jika tidak ramah atau pelayanannya buruk,mungkin tidak akan ada yang sanggup untuk makan di sana,kerja,maupun pasien yang berada di rumah sakit.

Untuk itu,mari kita bahas tips penting dalam melayani pelanggan.

1.Sabar

Tentunya ini bukan hal yang biasa lagi untuk kita dengar.Kesabaran merupakan kunci utama dalam melayani pelanggan dan juga mengontrol diri kita sendiri ketika dalam suasana apapun.Dalam melayani pelanggan saja,jika kita tidak sabar mungkin tidak akan ada karyawan yang akan bertahan di suatu perusahaan apapun itu.

Misalkan saja kalian pergi ke kfc ingin membeli paket 1 bucket dengan antrian 10-20 orang,jika karyawan sabar maka 10,20,bahkan 100 orang pun akan siap di layani nya.Akan tetapi,jika karyawan tidak sabar,mungkin hanya 5 orang saja dia sudah tidak sanggup lagi menghadapinya dan bisa jadi langsung berhenti bekerja.Ini merupakan kunci dari ilmu marketing untuk melayani pelanggan.

Baca juga: 7 Tips Simple Cara Memilih Nama Bisnis yang Sempurna

2.Hubungan Komunikasi

Berkomunikasi dengan seorang pelanggan dalam ilmu marketing sangatlah di perlukan.Tetapi yang perlu di perhatikan adalah bagaimana cara kita berkomunikasi dengan baik agar membuat pelanggan nyaman dengan pelayanan kita.

Tidak jarang orang yang kurang memperhatikan hal ini,yang pada akhirnya membuat pelanggan kabur dan tidak ingin kembali lagi.Kalian dapat membuat suatu hal yang menarik dalam berkomunikasi dan yang paling penting sopan dalam berbicara dan santun dalam berbuat.

Cobalah untuk mengajak seorang pelanggan untuk berbicara sambil di jamu dengan minuman ataupun makanan agar bisa berlanjut dengan baik.

3.Disiplin Waktu

Salah satu hal yang dapat membuat pelanggan nyaman adalah dengan menyelesaikan tepat waktu pekerjaan yang di berikan.Seringkali orang mengabaikan ini sehingga untuk mendapatkan feedback kembali itu sangat susah.

Pelanggan tidak suka menunggu terlalu lama sehingga akan terkadang akan membuat mereka jenuh atau bosan.Usahakan untuk mengerjakan sesuatu hal dengan tepat waktu atau bahkan menyelesaikan lebih cepat dari waktu yang di tentukan itu lebih bagus,selain mendapatkan feedback yang bagus,kemungkinan pelanggan akan kembali kepada kita lagi.

4.Keramahan

Seringkali orang-orang melupakan ketenangan dalam melayani pelanggan,sehingga ada ketidaknyamanan antara keduanya.Terlebih dalam menghadapi masalah yang sedang di keluhkan oleh para pelanggan,tentunya sikap ramah sangat di sukai oleh mereka walaupun terkadang ada orang-orang yang kurang sabar.

Dalam segi marketing,hal ini tentunya sangat di perlukan dan harus di jaga oleh semua pekerja ataupun karyawan yang memiliki pelanggan.Selain dapat membuat orang-orang nyaman,hal ini juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan di sebuah kantor ataupun perusahaan.

5.Negoisasi

Bernegoisasi mungkin juga di perlukan oleh para pekerja terhadap pelanggan.Biasanya ada saja yang terjadi suatu masalah sehinggan memunculkan percakapan panjang antara pekerja dan juga pelanggan.

Dalam hal ini,pekerja perlu menyelesaikan dengan benar-benar teliti agar masalah yang di keluhkan segera selesai.Terkadang ada pelanggan yang selalu merasa benar dan cobalah untuk di ajak berdiskusi agar tidak ada keributan dengan percakapan yang cukup panjang.

6.Kerja Tim

Untuk mempercepat suatu pekerjaan ataupun penyelesaian suatu masalah,maka bekerja dengan tim merupakan solusi yang sangat bagus.Karena,semua pelanggan memiliki karakteristik berbeda-beda sehingga membuat kewalahan jika di hadapi dengan sendirian.

Jika memiliki tim,maka akan mudah untuk menghadapi satu atau bahkan banyak pelanggan sekaligus.Carilah tim yang bagus atau yang sudah paham dengan sistem marketing dan arahkan sesuai dengan prosedur agar dapat berproses cepat untuk menghadapi pelanggan.

Cobalah untuk membagi pekerjaan dari setiap tim yang di pilih,untuk penyelesaian yang lebih cepat dan kinerja yang bagus.Berikan fasilitas yang nyaman agar tim dapat bekerja dengan baik juga.

7.Belajar

Ketika mendapatkan suatu permasalahan dalam melayani pelanggan,kita dapat mendapatkan pelajaran penting di situ,yaitu belajar memikirkan solusi.Cobalah untuk sering mendengarkan keluhan mereka dan kalau perlu catat yang penting-penting agar dapat di jawab semua keluhan mereka.

Belajar dari kesalahan juga di perlukan untuk meningkatkan kualitas diri dan mengurangi hal-hal yang dapat membuat ketidaknyamanan.

Kesimpulan:

Marketing atau bahasa indonesianya pemasaran merupakan hal penting dalam sebuah pekerjaan untuk meningkatkan penjualan.Dan ini hampir di lakukan oleh semua pebisnis di jagat raya ini.

Setiap pekerjaan harus di landasi dengan hal-hal yang baik,agar menghasilkan hal baik juga.Begitu juga sebaliknya,jika sikap yang di lakukan buruk,maka buruk juga hasilnya.

Sebagai pekerja maupun pengusaha yang ada sangkutan dengan marketing,hal-hal di atas sangat penting di terapkan untuk menjaga keeratan hubungan dalam pekerjaan.Orang yang pekerjaannya berjalan dengan mulus pasti menerapkan hal-hal di atas,semuanya penting sekali.

Akan tetapi,hal-hal yang telah kita bahas di atas tidak menjamin apa yang kalian inginkan.Semua kembali tergantung diri kita masing-masing bagaimana cara melakukan action di lapangan.

Share:

editor

Seorang Pebisnis Online & Selalu Ingin Sharing Ilmu Melalui Media Internet dengan Tujuan yang Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *