Contact Information

Central Kalimantan,Indonesia


Simflitycom –
Menjadi pemimpin mungkin adalah suatu hal yang sangat di minati oleh setiap orang dan merupakan hal yang sangat penting dalam menaungi sebuah bisnis.

Bahkan,tidak sedikit orang yang rela menghabiskan banyak uang untuk mewujudkan keinginan tersebut.Akan tetapi,tidak semua orang bisa dan sanggup untuk menampung beban yang di tanggung dan resiko untuk menjadi seorang pemimpin.Lalu,bagaimanakah perasaan mereka yang sudah mendapatkan gelar tersebut?

Mungkin ada beberapa di antara kalian yang merasakan betapa indah dan senangnya hati ketika pertama kalinya terpilih untuk memimpin sesuatu.Kemudian lama-kelamaan perasaan itu akan mulai pudar dan tergantikan dengan suasana hati yang resah-gelisah serasa beban itu tak sanggup lagi untuk di lakukan.

Apalagi jika memiliki sebuah pekerjaan lain yang menjadi kewajiban untuk di kerjakan,misalkan saja kalian adalah seorang pengusaha yang memiliki perusahaan dengan 10 cabang.

Tentunya tidak mudah untuk memimpin semua usaha itu tanpa di bantu oleh karyawan dan orang-orang terpercaya.Dari situ kalian mulai merasa terbebani dan kewalahan untuk mengatasi setiap waktunya.

Tetapi,itulah resikonya menjadi seorang pemimpin segala urusan dan permasalahan akan selalu di pertanyakan kepada seorang atasan.Dari situ pula kalian dapat mengukur kemampuan yang kalian miliki,apakah sanggup untuk mempimpin suatu perusahaan entah itu kecil maupun yang sudah besar.

Pada umumnya,sebelum menjadi seorang pemimpin ada bagusnya jika kalian bekerja dahulu di perusahaan orang lain.

Ini bertujuan agar kalian dapat meneliti sebuah sistem bagaimana cara memimpin,bagaimana cara bertindak,mengambil keputusan,memberikan solusi,dan lain-lain.Tentunya itu semua tidak bisa sembarangan,karena akan mengakibatkan fatal.

Pada materi kali ini kita akan membahas tips simpel bagaimana menjadi seorang pemimpin yang bijak.Maksudnya adalah bagaimana cara memimpin suatu usaha,tanpa adanya gangguan pikiran dan hati,dapat mengontrol emosi,dan lain sebagainya.

Pembahasan ini kami dapatkan dari berbagai sumber sehingga kami tidak menjamin keberhasilan 100%,semuanya tergantung diri kita masing-masing dan seberapa giat kita berusaha.Mari kita simak pemabahasannya pada materi berikut.

Berikut adalah tips yang dapat membantu anda bagaimana caranya menjadi pemimpin yang cerdas dan disukai banyak orang.

1.Intropeksi Diri

Sebelum memimpin orang banyak,alangkah baiknya jika kita melihat diri kita masing-masing terlebih dahulu untuk menyesuaikan apakah sudah cocok untuk memimpin orang banyak.Karena terkadang apa yang di suruh maupun di larang oleh seorang atasan tak sesuai perbuatan.

Misalnya seorang atasan melarang anak buahnya untuk tidak merokok di ruang kerja,tapi ia sendiri melakukan hal itu di ruangan nya sendiri,nah itu bisa menimbulkan kebencian oleh anak buah terhadap atasanya dan bisa jadi selanjutnya ketika ada peraturan mereka bisa tidak menaati lagi peraturan tersebut.

Maka dari itu,intropeksi diri sangatlah penting untuk seseorang sebelum dia menjabat sebagai seorang pemimpin,agar nantinya tidak ada terjadi hal-hal yang tidak bagus di dalam suatu pekerjaan dan lain-lain,

2.Bersikap Ramah

Setelah kita sudah dapat menilai bagaimana jika diri kita memimpin banyak orang,maka langkah selanjutnya adalah kita harus bersikap ramah atau saling sapa antara siapa pun walaupun orang tersebut adalah bawahan,tetapi tetap kita harus saling tegur dan sapa.

Akan tetapi,terkadang jika menjadi seorang atasan itu ada sifat buruk yang tersimpan di hati,yaitu gengsi.Ini menjadi suatu permasalahan yang sangat berat jika tidak di jauhkan dari hati kita.

Karena jika sifat gengsi selalu ada di hati kita,maka itu akan membuat kita tidak akan bisa bergaul dengan banyak orang,terutama orang-orang bawahan yang tinggal di kampung.

Maka dari itu,sifat ini harus di buang dan di lawan sebisa mungkin.ada satu tips bagaimana caranya agar kita terlihat sama di pandangan semua orang walaupun sebenarnya kita adalah seorang bos/atasan,yaitu dengan mengenakan pakaian yang sederhana ketika bergaul atau kemana saja.

Tidak perlu yang mewah,cukup yang sederhana tetapi tetap sopan,maka orang bawahan pun tidak merasa rendah ketika bertemu orang yang ada di atasnya(kaya).

Baca juga: 10 Panduan Lengkap Untuk Memulai Bisnis Usaha Anda

3.Membantu

Ketika menjadi seorang atasan,pasti saja ada lagi sifat yang bernama gengsi.Lagi-lagi sifat ini akan merusak hubungan erat antara sesama dan juga merusak nama baik diri sendiri.

Jika kalian merasa kesusahan membuang sifat ini,coba kalian buat prinsip sendiri “Aku gengsi jika melakukan dosa/kesalahan” jadi,kalian akan merasa gengsi jika merasa perbuatan itu salah dan selama perbuatan itu baik tidak merusak tali silaturahim,maka kalian tidak akan gengsi melakukannya.

Membantu merupakan perbuatan yang sangat bagus,terlebih jika di miliki oleh seorang pemimpin.Selain itu,para pekerja akan suka melihat perbuatan tersebut,karena mereka menilai atasan mereka tidak hanya bisa memerintah,tapi juga melakukan action di lapangan.

Akan tetapi membantu sewajarnya saja jangan sampai para pekerja menganggap atasan seperti pekerja juga.

4.Adil & Bijaksana

Menjadi seorang pemimpin pastinya sangat di sukai oleh para pekerjanya jika atasanya memiliki sifat adil dan bijaksana.Karena,mereka bisa mendapatkan ketenangan dalam pekerjaan ketika ada suatu permasalahan,akan di selesaikan dengan adil tanpa memihak kepada siapapun.

Biasanya,jika sifat ini tidak di miliki oleh seorang pemimpin,ia nantinya akan berpihak ataupun melindungi kesalahan.

Misalkan ada seorang sepupu bekerja di suatu perusahaan,kemudian dia melakukan kesalahan yang merugikan,akan tetapi karena atasannya tersebut ada ikatan keluarga dan tidak memiliki sifat yang adil,maka akan terjadi kerusuhan yang mana nantinya para pekerja lain akan merasa bahwa pemimpin mereka berlaku tidak adil dan akan berujung perseteruan antara atasan dan pekerja.

Maka dari itu,sifat adil maupun bijaksana sangatlah penting bagi seorang pemimpin.Agar nantinya akan di sukai dan di percayai oleh orang banyak

5.Amanah

Ketika adil dan bijaksana sudah tertanam di hati seorang pemimpin,maka yang harus di pikirkan selanjutnya adalah amanah,yaitu menjaga suatu kepercayaan orang lain jika di amanahkan sesuatu.

Menjadi seorang pemimpin adalah amanah,yang mana harus bisa dan tidak boleh berpihak ketika ada yang salah.Maka dari itu,di perlukan sifat adil dan bijaksana sebelum bisa berbuat amanah.Jika sifat adil sudah ada,maka menjalankan sebuah amanah akan terasa mudah di lakukan.

6.Sabar & Konsisten

Apabila semua tips di atas sudah bisa di terapkan atau di lakukan dengan baik dan ikhlas,maka langkah terakhir adalah sabar dan konsisten.

Maksudnya adalah setelah kita berhasil melakukan hal-hal di atas,tinggal kita harus sabar melakukannya dengan melewati berbagai rintangan dan cobaan,karena sabar itu tidaklah mudah,tetapi akan mudah jika kita melakukanya dengan ikhlas sepenuh hati.

Kemudian juga konsisten,ketika semua hal di atas telah berhasil di lakukan maka konsisten merupakan suatu langkah yang dapat mempertahankan apa yang telah kita capai sebelumnya.

Maka dari itu konsisten juga merupakan hal yang sangat susah itu di lakukan,tetapi akan membuahkan hasil yang maksimal.

Kesimpulan:

Hallo sobat,udah yakin bisa nerapin hal-hal di atas?Atau kalian masih ragu-ragu dan merasa masih kurang?Kalian bisa komen di bawah ya gimana pendapat kalian atau diskusi tentang kepemimpinan menurut kalian masing-masing.

Pada dasarnya semua yang ingin menjadi pemimpin,pasti menginginkan semua hal-hal yang berkaitan dengan hal-hal di atas seperti yang telah kita bahas tadi,agar mereka bisa di sukai dan tidak di benci oleh bawahan.

Akan tetapi kebanyakan problemnya adalah menerapkan sifat-sifat di atas bukanlah hal yang mudah,melainkan harus berjuang secara pelan-pelan dan tidak perlu tergesa-gesa.

Karena jika ingin langsung melakukan keenam hal di atas itu sangatlah susah.Maka dari itu lakukan step by step agar kalian menikmati juga prosesnya.

Mungkin sampai sini dulu pembahasan kita kali ini,silahkan share artikel ini jika bermanfaat bagi kalian dan agar website ini bisa mengedukasi orang-orang untuk menjadi entrepreneur.

Share:

editor

Seorang Pebisnis Online & Selalu Ingin Sharing Ilmu Melalui Media Internet dengan Tujuan yang Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *