Contact Information

Central Kalimantan,Indonesia

Simflitycom – Pernahkah terpikir oleh kalian untuk memulai sebuah bisnis,walaupun hanya kecil-kecilan.Jika anda memiliki sebuah ide usaha yang bagus untuk memulai sebuah usaha,maka jangan takut untuk memulainnya.

Akan tetapi,masalah yang sering di temukan adalah bagaimana cara memulainya,apalagi jika tidak memiliki pengalaman kerja atau ketika kuliah tidak pernah membahas masalah usaha.

Jangan khawatir,kalau memang kalian memang gaptek atau awam sekali dalam dunia entrepreneur,kalian wajib coba panduan yang kita bahas di materi kali ini.Pembahasan kali ini akan memandu kalian bagaimana caranya memulai ataupun merintis sebuah usaha.

Jadi,keinginan kalian tidak lagi hanya sebuah mimpi,akan tetapi kalian juga dapat mewujudkannya di dunia nyata.

Dalam mewujudkan sebuah keinginan,janganlah setengah-setengah dalam mencari sebuah ilmu baru,maka dari itu kalian juga perlu meneliti lebih dalam lagi bagaimana cara membuat mimpi anda menjadi kenyataan.So,mari kita simak pembahasan berikut sampai habis ya sob.

1.Memunculkan Ide Bisnis

Dalam memulai sebuah usaha,di perlukan yang namanya ide yang bagus dan menarik agar dapat menyesuaikan kebutuhan para konsumen.Jika kalian sudah memiliki sebuah ide yang brilian,maka itu adalah langkah awal untuk menjadi seorang pengusaha.

Akan tetapi,mencari sebuah ide yang bagus dan menarik bukanlah hal yang mudah,karena kita memang harus benar-benar melakukan riset ulang terhadap ide tersebut.

Apalagi tidak semua produk maupun layanan itu di butuhkan atau tidak sesuai peminat yang sedang di cari konsumen.Maka dari itu,kalian perlu memeriksa ulang apakah ide yang di hasilkan tersebut dan menilai apakah ide tersebut dapat menguntungkan bagi kalian sendiri.

Jika kalian sudah merasa yakin sepenuhnya dengan ide yang kalian pikirkan,maka kalian sudah dapat memulai bisnis kalian dengan benar dan dapat melakukan tahap selanjutnya untuk lebih memahami bagaimana cara memulai bisnis dengan benar.

2.Melakukan Riset Pasar

Sebelum kalian melakukan investasi dalam memulai sebuah bisnis,kalian harus mengetahui hal-hal apa yang harus di hadapi untuk ke depannya.Tentunya ini akan berpengaruh terhadap masa depan usaha yang kalian mulai saat ini.

Seberapa mudah atau sulitkah untuk memasuki sebuah pasar,itu kalian harus bisa memilihnya secara tepat agar tidak ada kendala ketika di tengah-tengah perjalanan dalam membangun sebuah usaha,apalagi jika kalian ingin usaha itu menjadi besar nantinya maka ini merupakan hal yang harus di perhatikan.

Kalian bisa melakukan riset ulang secara menyeluruh dan memahami strategi target pasar sebelum memasukinya.

3.Menargetkan Calon Pelanggan

Melakukan target pelanggan dalam memulai sebuah bisnis sangatlah di perlukan.

Kalian harus memahami siapa saja orang yang akan membutuhkan produk atau layanan anda,lalu apa yang sedang mereka cari saat ini yang dapat membantu mereka dan lain-lain.

Buatlah sebuah pertanyaan-pertanyaan sendiri.Dari pertanyaan tersebut,kalian dapat menemukan sebuah jawaban-jawaban yang dapat membantu anda melakukan riset untuk calon pelanggan.Lakukan juga penelitian dari jawaban tersebut dengan baik.

Jika kalian tidak ingin berinvestasi dalam melakukan sebuah penelitian dalam menargetkan calon pelanggan,paling tidak kalian bisa mendefinisikan dengan jelas dan baik yang kalian targetkan.

Satu hal juga yang dapat membantu kalian untuk menargetkan calon pelanggan,yaitu membuat akun media sosial.Dari situ anda dapat mencari tahu hal-hal apa yang sedang di cari dan trending untuk di lakukan saat ini.Kalian juga dapat mencari audiens lebih banyak dengan memiliki akun media sosial.

Baca juga: 5 Tips Jitu Menentukan Target Pasar Bisnis Anda

4.Mendaftarkan Bisnis

Ketika anda sudah menyelesaikan tahap-tahap di atas,maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan usaha anda menjadi resmi.Kalian dapat membuat sebuah nama dan logo untuk menjadi Brand usaha kalian dan sesuaikan dengan produk yang kalian tawarkan.

Usahakan dalam membuat nama yang mudah di ingat dan belum di gunakan orang lain,agar konsumen bisa menemukan dengan mudah.

Kalian bisa membuat Brand usaha kalian dengan menyewa jasa freelance,untuk itu saya menyarankan kalian untuk mencari freelance di situs fiverr,kalian dapat mengklik linknya disini.

Sebelum kalian mendaftarkan usaha ada menjadi resmi,ada baiknya jika kalian memahami terlebih dahulu macam-macam jenis badan usaha.Kalian dapat memahami jenis-jenis tersebut di bawah ini:

  • Kepemilikan Tunggal,yaitu usaha yang hanya di miliki oleh satu orang.
  • Kemitraan,yaitu usaha yang di miliki oleh dua atau lebih mitra.
  • Perusahaan,yaitu sebuah badan usaha resmi,tetapi terpisah dengan pendirinya.
  • Perseroan Terbatas,yaitu sejenis persilangan antara kemitraan dan perusahaan

Dari jenis-jenis badan usaha di atas,semuanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika kalian bingung dalam memilih,kalian dapat meminta bantuan seoarang pengacara untuk membantu dalam memilih dan mendaftarkan bisnis kalian.

5.Membuat Website

Membuat sebuah situs web dalam dunia bisnis,merupakan hal yang sangat penting untuk berkembang nantinya.Maka dari itu kalian perlu membuat sebuah website agar usaha kalian bisa di kenal secara nasional maupun internasional.

Akan tetapi,kalian harus menentukan dulu Brand yang telah kita bahas sebelumnya.Jika kalian telah menemukan nama usaha kalian,makan barulah kalian membuat situs web.

Dalam membuat website,biasanya memerlukan skill coding yang merupakan sebuah program untuk website.

Namun,sekarang itu tidaklah wajib lagi untuk zaman sekarang,karena sudah ada sebuah cms(Content Management System) yaitu sebuah aplikasi website yang dapat membantu orang-orang dalam membuat website tanpa keahlian dan background IT sekalipun.

Jika website sudah selesai di buat,maka langkah selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah membuat tampilan atau user interface(UI) yang menarik untuk website kalian,kemudian pisahkan kategori tiap-tiap produk/layanan yang kalian tawarkan.

Tidak hanya itu saja,dalam mengelola sebuah website di perlukan yang namanya optimasi SEO(Search Engine Optimazation),yaitu sebuah teknik bagaimana website kalian bisa muncul di halaman pertama Google ketika orang mencari kata kunci yang sesuai dengan website kalian.

Dalam teknik ini,kalian bisa melakukannya sendiri jika paham,atau menggunakan jasa SEO yang ahli untuk mendapatkan trafik atau pengunjung yang tinggi.

Itu merupakan hal yang sangat penting dalam dunia website.Karena tanpa adanya teknik SEO,maka webiste kalian tidak akan bisa mendapatkan pengunjung yang banyak dan menampilkan halaman website di page nomor 1 dalam pencarian kata kunci.

Maka dari itu,walaupun harus mengeluarkan sejumlah uang untuk menyewa jasa SEO,tapi kalian akan mendapatkan uang yang lebih nantinya.

6.Mempersiapkan Strategi Pasar

Apabila kalian memiliki sebuah produk fisik untuk di jual,maka kalian akan memerlukan strategi yang bagus untuk masuk ke sebuah pasar/market.Itu akan mencakup semua strategi penjualan dan juga distribusi,strategi yang kalian rencanakan untuk di gunakan,harga produk,dan lain-lain.

Jika kalian telah menyelesaikan tahap-tahap di atas secara tuntas,makan setengah dari pekerjaan kalian telah selesai,dan yang perlu kalian siapkan selanjutnya adalah membuat dan distribusi produk anda.

7.Publish dan Promosi

Pada tahap ini,setelah kalian menyelesaikan tahap di atas berarti kalian telah menyelesaikan tahap dasarnya dan siap untuk mempublisnya secara umum.

Sebelumnya kalian memerlukan seorang praktisi yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis maupun digital,agar kalian tidak kesulitan untuk mempromosikan produk kalian nantinya.

Pada tahap ini,kalian harus berfokus untuk menjangkau sebanyak mungkin orang dan membuat sebuah merek.

Maka dari itu kalian memerlukan sebuah strategi yang jitu untuk mendapatkan hasil yang maksimal,kalian dapat menggunakan seperti peiklanan media sosial,pemasaran influencer,dan lain-lain.

Jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan perkembangan website kalian,pastikan selalu optimal dan terjaga dari segi trafik maupun SEO,karena itu juga akan berpengaruh terhadap kelanjutan bisnis kalian nantinya.

8.Mencari Dana

Ketika kalian melihat ada perkembangan dan kemajuan dalam usaha bisnis kalian,maka langkah selanjutnya yang perlu kalian perhatikan adalah mencari dana untuk lebih meningkatkan kualitas perkembangan usaha kalian.

Menyiapkan sebuah dana di awal itu sangatlah bagus,jadi ketika usaha kalian semakin berkembang setiap waktunya,kalian tidak perlu kebingungan lagi bagaimana mencari dana untuk menciptakan hal yang lebih.

Berbeda jika kalian sudah tidak yakin di awal bahwa bisnis yang kalian usahakan dan tidak memiliki modal dana yang cukup,maka walaupun usaha yang kalian miliki sudah berkembang tidak akan bisa terus berkembang,karena sebuah perkembangan itu pasti memerlukan yang namanya dana uang,jadi kalian tentunya yakin saja bahwa usaha yang kalian kerjakan pasti berhasil.

Selain memiliki dana sendiri,kalian juga dapat mencari alternatif lain untuk mencari dana perkembangan usaha yang kalian miliki.Salah satunya adalah mencari seorang investor yang terpercaya atau mencari sebuah pinjaman kecil-kecilan.

Sebelum itu,lakukan dan pikirkan kembali bagaimana baik menurut kalian sendiri untuk mencari dana,apakah harus memiliki di awal atau harus meminjam,itu adalah sebuah pertanyaan yang jawabannya akan menentukan pilihan kalian.

9.Membangun Tim

Ketika kalian sudah mempunyai dana yang cukup untuk lebih mengembangkan proyek bisnis kalian,maka yang perlu kalian lakukan untuk selanjutnya adalah membangun sebuah tim untuk membantu mengembangkan suatu usaha yang ingin berkembang nantinya.

Karena,jika kalian tidak memiliki tim maka kalian akan kewalahan sendiri nantinya dan itu di jamin tidak akan bisa berkembang jika tidak di bantu oleh banyak orang.

Akan tetapi,masalahnya adalah mencari ataupun merekrut orang-orang yang sesuai dengan keinginan kita bukanlah hal yang mudah,apalagi masalah kejujuran ini sangat penting dan sangat susah di cari.

Dalam hal ini kalian perlu menerapkan sebuah tes yang berguna untuk meninjau bagaimana kualitas dari orang tersebut.Kalian juga dapat melihat atau meminta Ijazah ataupun Sertifikat yang ia raih.Dengan begitu,kalian dapat mengetahui identitas pasti bagaimana pendidikan orang tersebut.

Lalu kalian juga harus bisa meneliti karakteristik seseorang itu bagaimana,apakah dia rajin atau malas,jujur atau suka berbohong,karena itu akan berpengaruh terhadap perkembangan suatu usaha nantinya.

Kalian juga dapat mencari tahu atau bertanya kepada orang-orang yang pernah merekrut banyak karyawan,nah dari situ kalian dapat meminta bantuan atau pendapat bagaimana cara mencari seorang karyawan yang sesuai kalain harapkan.

Ketika kalian sudah mendapatkan karyawan yang bagus dan sesuai harapan,kalian juga dapat mempertimbangkan untuk memperluas usaha kalian hingga memiliki cabang.Tentunya ini merupakan hal yang cukup berat,karena kalian harus memiliki seorang tangan kanan,yang mana orang di percaya untuk mengurus usaha cabang kalian nantinya.

10.Berusaha & Berdo’a

Mungkin langkah terakhir yang perlu kalian terapkan adalah terus berusahan dan tak lupa berdo’a.Karena pada hakikatnya,bagaimanapun kita telah bekerja keras,jika tanpa di iringi dengan usaha dan do’a,maka semuanya akan terasa berat dan sia-sia.

Apalagi jika tidak pernah berdo’a,maka itu akan menjadi salah satu faktor mengapa usaha yang kalian kembangkan tidak pernah maju bahkan bangkrut.

Pada dasarnya rezeki itu sudah di atur oleh yang maha kuasa,akan tetapi kita juga tetap harus berusaha bagaimana caranya agar kita tetap bisa mendapatkan rezeki yang lebih untuk memenuhi kebutuhan hidup masing-masing.

Menjaga kesehatan dan pikiran merupakan hal yang harus di jaga juga.Karena jika kalian sakit,maka tidak ada siapa lagi yang dapat menghandle usaha yang kalian perjuangkan selama ini.

Kesimpulan:

Hello sob,pada akhirnya kita berjuma di penghujung materi nih yang akan mengakhiri pembahasan kali ini.Eitss,tapi bukan berarti pertemuan kita sampai sini saja ya,masih banyak yang dapat kalian temukan tentang artikel lainya yang mungkin dapat menambah wawasan kalian nantinya.

Oh ya gimana,udah bisa nerapin step by step langkah panduan untuk memulai bisnis di atas?Jika kalian bingung bisa komen di bawah ya sobat,biar kita bisa diskusi bareng bagaimana caranya juga agar perkembangan bisnis di Indonesia dari tahun ke tahun.

Share:

Seorang Internet Marketer dan Publisher yang Ingin Belajar Sambil Mengajar Melalui Rangkaian Tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *